Home Top Ad

Hindari 4 Kebiasaan Tidur Kurang Sehat

Share:
Kebiasaan tidur yang kurang sehat, membuat kehidupan profesional kita dan bahkan kehidupan pribadi kita akan berisiko. Juga, tanda-tanda kelelahan yang paling halus dapat memicu sinyal utama kepada tubuh kita. Dan tubuh kita akan merasa kelelahan, gairah kerja pun menjadi berkurang. Otak kita perlu tidur untuk proses dan bersantai. Jika Anda bingung tentang bagaimana membangun tidur yang sehat, ini adalah beberapa kebiasaan yang harus dihindari.



1. Meletakan ponsel di samping kepala saat tidur

Apakah Anda meletakan ponsel Anda di samping bantal ketika Anda tidur? Apakah Anda mengandalkan ponsel Anda dan menggunakannya sebagai alarm untuk membangunkan Anda di pagi hari?

Jika iya, ini bukan ide yang baik untuk menggunakan ponsel Anda untuk memulai hari Anda. Anda akan memeriksa email atau jejaring sosial lainnya saat alarm Anda berbunyi dan bahkan akan menjadi suasana hati yang kurang baik. Pikirin yang jernih akan membuat tertidur dengan cepat dan mudah tanpa ada elektronik di dekat kita. Dan, Anda akan terbangun dengan perasaan segar.

2. Lampu yang terang

Ruangan yang terang akan menyebabkan gangguan tidur atau membuat Anda ingin melakukan pekerjaan atau hal lain. Hingga akhirnya waktu tidur pun berkurang.

Lain halnya dengan ruangan gelap akan memungkinkan otak untuk memproses melatonin, sebuah neurotransmitter kimia yang membuat Anda lelah dan siap untuk tidur. Lampu biru di layar ponsel Anda, misalnya, sudah cukup membingungkan otak untuk berpikir bahwa itu adalah siang hari.

3. Lingkungan yang berantakan

Ruangan yang berantakan, tumpukan cucian, tumpukan kertas, dan apa pun yang bisa Anda tumpuk setinggi gunung harus dihindari seminimal mungkin. Lingkungan yang berantakan meningkatkan ketegangan yang kurang baik sehingga tekanan stres pada otak kita menimbulkan gangguan tidur. Karena hati terbebani dengan berbagai hal yang kurang nyaman.

4. Melakukan pekerjaan mendekati waktu tidur

Jika Anda memiliki bos atau teman yang menelepon untuk melakukan pekerjaan Anda harus mengatakan tidak, karena Anda harus memiliki waktu bersantai saat menjelang tidur. Lain halnya jika Anda bekerja di bidang yang mengharuskan Anda melakukan panggilan. Anda memiliki hak untuk menggambar batas-batas yang sehat dan menjadwalkan waktu untuk bersantai beberapa jam sebelum tidur.

Kegiatan malam hari setelah makan malam mungkin menjadi jawaban untuk mengakhiri kekacauan. Jika Anda tidak memberi diri Anda jam-jam istirahat, Anda akan kehilangan keseimbangan.

Well, 4 kebiasaan yang diulas diatas perlu dihindari supaya kita dapat melakukan tidur yang sehat, sehingga kita dapat memiliki badan yang sehat dan mampu bekerja dengan penuh gairah.
Advertisement

4 komentar:

  1. Waduh,, kok no 1,2 dan 4 agak mirip saya ya..😀

    BalasHapus
  2. nomor satu istri saya harus baca ne, biar sadar hehhee, terima kasih.. tulisan ini sangat bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. makasih kembali ya, pak. Sudah mampir ke blog sederhana ini

      Hapus