Home Top Ad

Tahukah Kamu? Ternyata Waktu 5 Jam Mampu Membawa Kamu lebih Sukses

Share:
Kerja keras setiap hari, tetapi tidak pernah melihat ada perbaikan dan masih tetap begini-begini saja. Pernahkah kamu mengalami atau merasa terjebak dalam ketidak pastian? Tidak dapat bergerak maju atau mendapat kemajuan. Bahkan kamu melihat teman-teman kamu terus mendapatkan kemajuan yang luar biasa. Tentu, kamu bertanya-tanya apa yang membuat berbeda tentang itu.



Jika kamu mengalaminya, maka kamu perlu untuk mulai menggunakan aturan 5 jam. Aturan sederhana ini terbukti mampu membantu kamu mengubah diri kamu dari biasa untuk menjadi sukses.

Penasaran dengan aturan 5 jam? Lanjutkan membaca untuk mencari tahu apa aturan yang melibatkan dan bagaimana kamu dapat menerapkannya dalam kehidupan kamu sendiri.

Berikut di antaranya.

1. Sengaja menghabiskan 5 jam seminggu untuk belajar.

Aturan 5 jam melibatkan pengeluaran lima jam seminggu, atau satu jam setiap hari kerja, fokus pada pembelajaran yang disengaja. Ini berarti menyisihkan waktu untuk memberikan perhatian penuh untuk belajar dan pengembangan sesuatu yang kamu inginkan, tanpa terganggu oleh pekerjaan lain. pembelajaran ini dapat mengambil bentuk yang berbeda dan akan memberikan pengalaman yang paling baik.

2. Bacaan.

Membaca adalah kebiasaan banyak orang yang sukses dan merupakan cara mudah dan nyaman untuk belajar. Cobalah menempatkan buku di tas kamu setiap saat dan menetapkan diri dengan tujuan membaca setiap minggu. Kamu bisa membaca satu bab dalam sehari atau sejumlah buku setiap bulan. Ketersediaan luas buku membuat peluang membaca hampir di semua topik yang mungkin di manapun kamu berada. Seperti Bill Gates adalah sesosok yang terkenal membaca dan ia mampu membaca sekitar 50 buku setiap tahun, membaca sebagai salah satu cara utama yang ia lakukan untuk belajar.

3. Refleksi.

Refleksi merupakan bagian penting dari pembelajaran. Mencoba untuk mengetahui banyak informasi tanpa merefleksikan dapat menyebabkan kamu merasa kewalahan dan kamu tak dapat mengambil keterampilan baru. Sangat penting bahwa kamu mengambil waktu untuk refleksi, agar kamu tak mendapatkan gangguan. Cobalah menjaga sebuah jurnal, yang akan memungkinkan kamu untuk merefleksikan apa yang telah kamu pelajari melalui membaca. Ini juga akan memberi kamu kesempatan untuk berpikir tentang pelajaran yang baru saja dipelajari dan dapat mengembangkan ide-ide yang kamu miliki untuk masa depan.

4. Percobaan.

Eksperimentasi adalah penting jika kamu ingin maju dalam kehidupan. Sisihkan waktu setiap minggu untuk menguji teori atau ide-ide yang kamu miliki. Seperti halnya, beberapa produk yang paling sukses di dunia telah menjadi sebagai efek dari eksperimen. Inovasi tidak akan pernah didapatkan jika tidak melakukan hal yang sama berulang kali. Bahkan jika percobaan gagal, kamu akan bisa belajar dari kegagalan juga sebagai pelajaran yang berharga.

5. Jangan bingung bekerja dengan belajar.

Sangat mudah bekerja dengan belajar, meski ini membingungkan, namun pada akhirnya kamu akan terbiasa. Kamu mungkin berpikir bahwa bekerja selama 40 jam seminggu cukup untuk mendapat perbaikan, tapi pada kenyataannya itu jarang terjadi. Sementara kamu fokus pada masalah sehari-hari, kamu tidak memberikan diri kamu waktu untuk tumbuh dan berkembang. Aturan 5 jam adalah tentang belajar yang disengaja, bukan tentang akan bekerja sehari-hari dan berharap kamu bisa belajar sesuatu. Tentukan sendiri tujuan pembelajaran yang spesifik dan memberikan diri kamu waktu untuk mencapainya, dan kamu akan melihat sejumlah besar perbaikan yang tak terduga sebelumnya.

6. Fokus pada perbaikan, bukan hanya produktivitas.

Kamu mungkin percaya bahwa kamu lebih produktif, kamu akan semakin sukses. Produktivitas berperan dalam keberhasilan, tapi tidak akan mendapatkan tanpa belajar. Jika kamu terus-menerus fokus pada pekerjaan kamu saat ini, bukan pada perbaikan diri dengan cara belajar, kamu tidak akan pernah melihat banyak perkembangan. Hal ini tak sulit untuk mendapatkan lima jam seminggu untuk belajar yang tidak akan mendatangkan hadiah langsung, tetapi kamu akan berterima kasih untuk diri sendiri dalam waktu jangka panjang. Cobalah untuk melihat dari gaji harian kamu dan mendedikasikan waktu untuk menjadi yang terbaik.

Mengambil inspirasi dan menghabiskan 5 jam seminggu pada pelajaran yang disengaja. Kamu akan segera mendapatkan cahaya jalan menuju kesuksesan. Jika kamu ingin mendapatkannya cobalah aturan 5 jam yang dipaparkan di atas.
Advertisement

39 komentar:

  1. Sy jd penasaran ingin mencobanya Mbak Lisa....karena sebelumnya blm prnha mendengar konsep ini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba, insya allah hasilnya sangat baik, karena mode ini sudah saya terapkan. Hehe

      Hapus
  2. That right..
    Saya biasanya mengkhususkan waktu 3 jam sehari untuk belajar, dan terbukti lebih mantap dalam menentukkan sikap.
    Dan 2 jam saya gunakan untuk menambang emas..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat kreatif. Kalau saya nambang emasnya cuma ada waktu 1 jam saja, mas Bim.. Hehe

      Hapus
  3. Keknya aku harus mempraktikanya.
    Nice post.

    BalasHapus
  4. Aku juga kalo Sabtu fokus 5 jam mbak. Fokus tidur siang 5 jam maksudnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalau yang fokus tidur siang saya juga ada tapi di hari minggu.. Hehe

      Hapus
  5. Keknya aku harus mempraktikanya.
    Nice post.

    BalasHapus
  6. Setuju banget dengan poin yang nomor 6. Fokus pada perbaikan, bukan hanya produktivitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, dengan begitu pasti akan bsik-baik saja. Hehe

      Hapus
  7. 5 jam yang pendek bisa menjadi waktu yang sangat berharga bila kita mampu memanfaatkannya dengan baik ya, mbak.... waktu yang panjang akan sia-sia kalau kita melewatkannya begitu saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mang. Sebab itu gunakan dengan bijak waktu 5 jam. Hehe

      Hapus
    2. Yang repot kalau udah kecanduan, belajar ngeblog kadang sampai jam 2 dini hari saya mah, jangan ditiru yah teman-teman... :D

      Hapus
    3. Hehehe, kalau belajar ngeblog sampai jam 2 dini, mamang tak sendiri banyak temannya, termasuk saya. :)

      Hapus
  8. dengan waktu yang singkat akan efekti bila fokus, dalam
    satu minggu cukup lima jam
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyisihkan waktu 5 jam buat belajar, mbak. Hehe

      Hapus
  9. Fokus pada perbaikan, bukan hanya produktivitas. Mungkin nomer 6 ini. Yang harus di tingkatkan dan mencoba melakukan apa yang dipapar di atas ini yang harus saya coba. Trims mbak nel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba dan semoga berhasil.

      Sama-sama, mas. Hehe

      Hapus
  10. Kadang banyak waktu terbuang tanpa fokus ini masalahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu terbuang itu terkadang yang menjadi kelalaiannya, mbak. Hehe

      Hapus
  11. dalam satu hari, dua atau satu jam aku gunakan untuk belajar dan mengolah ide yang muncul di pikiranku dan langsung praktek percobaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip.. Itu memang yang harus dilakukan supaya apa yang dipelajari bisa diterapkan dengan baik. Hehe

      Hapus
  12. Bagus banget Mbak Lisa. KAdang memang nggak terpikirkan ya, produktifitas hasil percobaan. Oh no! sama sekali nggak terlintas. aku harus mencobanya Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu terkadang, mbak Wahyu.
      Silahkan dicoba semoga berhasil. Hehe

      Hapus
  13. Oh begitu ya.

    Pantas saja saja banyak orang bergerak maju, rupanya 5 point di atas adalah kunci sukses. Semoga dengan 5 poin diatas lebih banyak lagi orang-orang tambah maju dan sukses.

    BalasHapus
  14. Saya juga pernah mengalami kegagalan dan sampai sekarang msh belum jelas arah tujuannya. Sebagai cth menjadi Honorer utk diangkat mjd CPNS itu adalah hal yag sangat sulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar dan tetap semangat, jangan menyerah terus berjalan maju. Hehe

      Hapus
  15. Mbah suka membaca dari media apapun & nonton program yang bermutu. secara tidak sadar wawasan mbah jadi lebih luas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, dengan membaca tanpa disadari ilmupun tambah. Hehe

      Hapus
  16. Motivasi yang luar biasa mbak :-)

    BalasHapus
  17. Artikelnya mbak lisa semakin keren aja., templatenya juga semakin megah., namun agak berat sih loadingnya.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, berat ya loadnya, tapi saya suka mbak Amel, hehe

      Hapus
  18. Alhamdulillah, saya dapat informasi menarik nih. Bagus sekali artikelnya, penyemangat bagi yang membaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga tambah semangat, mas. Hehe

      Hapus
  19. konsep yang ciamik untuk di coba :D

    BalasHapus