Home Top Ad

Rambut beruban? Lakukan Hal ini

Share:
Rambut merupakan mahkota manusia yang sangat berharga. Jika rambut mulai beruban, hal ini menjadi masalah bagi banyak orang. Dan ternyata rambut beruban tak cuma dialami orang berusia lanjut, rambut beruban juga dialami oleh mereka yang masih muda. Jika sudah begitu, segala hal dilakukan demi menutupi warna putih pada beberapa helai rambut. 

Namun, jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki permasalahan seperti itu, Anda tak perlu khawatir, dan juga tidak perlu dicabut. Sebenarnya, rambut uban muncul ketika tubuh berhenti memproduksi sel-sel pigmen yang disebut melanin.

Jika dilihat secara detail, rambut uban terlihat berwarna kuning alami. Uban bermunculan ketika rambut kehilangan melanin. Rambut uban juga disebabkan oleh faktor genetik. Jika orangtua Anda memiliki uban sejak muda, maka bukan tak mungkin Anda pun akan cepat beruban.



Selain itu, stres atau masalah emosional disebut berperan penting dalam proses kehilangan melanin pada rambut. Tapi, jika Anda terlanjur memiliki rambut beruban, Anda dapat mengatasi dengan cara sebagai berikut.

1. Mewarnai rambut

Biasanya seseorang akan merasa 'gemas' untuk mencabuti rambut ubannya. Namun, kebiasaan itu akan merusak bagian folikel rambut. Cara terbaik untuk menutupi uban adalah dengan mewarnai rambut Anda. Namun, perhatikan juga perawatannya agar rambut cukup lembab.

2. Gunakan sampo dan kondisioner

Setelah pewarnaan, rambut menjadi kering. Perawatan rambut dari akar hingga ujung rambut menjadi penting. Cuci rambut Anda dengan menggunakan sampo dan kondisioner untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Jika lebih dari 50 persen rambut Anda tidak berpigmen, itu lebih rentan terhadap kerusakan dari panas sinar matahari. Selain itu, satu hal yang perlu diingat, rambut tanpa nutrisi tentunya akan cepat rapuh dan mengalami berbagai kerusakan seperti rontok dan juga bercabang.

Nah, dengan demikian Anda tak perlu resah lagi, tak perlu mengeluh lagi, cukup pergi ke toko terdekat yang menjual pewarna rambut, agar rambut Anda akan terlihat tetap indah, uban pun tak kelihatan lagi.
Advertisement

23 komentar:

  1. Saya akan mencoba yang pakai kondisioner, karena memang belum pernah nyoba.
    gak apa-apa gitu ya? Takutnya dibilang centil. Tapi cowok metroseksual pasti sudah banyak dong ya, yang lakukan hal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di zaman now ini pasti sudah nggak ada yang bilang centil... hehe

      Hapus
    2. tapi....lebay...ya
      emang lebay sih dia mah

      Hapus
    3. sebelum pamit....kecup basah neng adminnya ah...sakedik wungkul da, nyak...

      Hapus
    4. Hehe... lama tak jumpa mang

      Hapus
  2. Ya, terkadang sebagian orang stress lihat rambut beruban, apalagi ditambah dompet yang semakin menipis..🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, soalnya dompetnya semakin tipis dan pewarna rambut nggak terbeli... hehe

      Hapus
  3. untung aku belum beruban mbak heheheh mbak lisa udah beruban kali ya *ups sorry hehehe becanda mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. sepertinya sudah ada dua helai rambut yang memutih... haha

      Hapus
  4. Ada kok vitamin rambut utk menunda uban. Bukan menghilangkan, tapi hanya menunda aja. Harganya sejetong... ._. Dih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... tapi harganya itu yang bikin dompet menjerit.. hehe

      Hapus
  5. aku punya temen masih 24 tahunan, tapi dia sdh beruban. tak pikir ada juga ygangggap kalo dia semir rambut gitu, ternyata memang beruban, mbak lis.

    kalo sampe meramban ke semua malah kayak org eropa nanti. keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang betul, saya juga pernah menjumpai remaja 18 tahun, rambutnya juga dah banyak ubannya..

      Hahaha... iya masih muda rambut putih semua.. keren dipanggil bule..

      Hapus
  6. alhamdulillah saya belum beruban hehehe, tapi teman saya yang seumuran saya sudah mulai beruban, alhasil dia cukkur pendek.

    BalasHapus
  7. untungnya rambut mamang mah ngga beruban...tetap hitam kelam nan indah deh pokoknya mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang enak
      komentar ku dicuekin....boro-boro dijawab...di lirik ge heunte...tah

      Hapus
    2. Hehe.. wah baru buka blog mang, maaf kalau lambat lirikannya, eee balasannya maksud saya

      Hapus
  8. informatif dan bermanfaat…
    akan dicoba sarannya

    BalasHapus
  9. Saya malah tak biarin mba, soalnya memang sudah berumur dan keturunan. Kecuali kalo rontok baru panik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... putih semua malah bagus seperti toris.

      Hapus
  10. saya masih muda udah ada uban, katanya uban karena jaga adik waktu kecil.

    BalasHapus