Home Top Ad

Jadikan Cobaan Sebagai Kenikmatan

Share:
Kehidupan di dunia ini penuh dengan mesteri, terkadang kita dihadapkan dengan kehidupan yang super sulit. Sehingga membuat diri sendiri putus asa dan menyalahkan takdir. Mengutuk diri sendiri sebagai seorang yang tak berguna dan sebagainya.

Roda kehidupan pun selalu berputar, terkadang kita akan merasakan nikmatnya berada di puncak keberhasilan atas semua pencapaian yang telah dihasilkan, namun ada kalanya kita akan ada di posisi terbawah dalam kehidupan.



Dalam hidup, seseorang tidak selalu merasakan indahnya kehidupan. Adakalanya cobaan yang perlu dilalui datang menghampiri agar seorang bisa “naik kelas” ibarat saat belajar di bangku sekolah. Tapi, kita tak perlu khawatir, cobaan hidup tak selamanya buruk karena Allah SWT tidak akan memberi cobaan yang melebihi batas kemampuan seorang hambaNya.

Dan kita harus tetap bersyukur atas nikmatnya, meskipun itu pahit kita rasakan. Selain bersyukur kita juga tentunya harus bersabar dalam mengarungi bahtera kehidupan yang dipenuhi dengan batu yang terjal, dan dedurian.

Sabar datang dari diri kita sendiri, ketika dihadapkan pada masalah hidup yang paling berat dan kita merasa tidak berhasil untuk menghadapinya, cobalah untuk memaafkan diri sendiri terlebih dahulu. Yakinkan diri untuk terus berusaha bangkit dan menghadapi masalah yang ada sampai kita berhasil untuk mencapainya.

Jangan terlalu larut pada kesalahan yang telah dilakukan. Maafkan diri sendiri dan mantapkan hati agar cobaan hidup yang berat bisa dilalui sehingga kita pada akhirnya bisa “naik kelas” menuju level kehidupan yang lebih tinggi lagi.

Dengan begitu, kita dapat merasakan cobaan hidup adalah suatu kenikmatan yang perlu kita nikmati dengan penuh sabar dan iklas, tanpa merasa terbebani. Karena setiap manusia pasti mengalaminya.
Advertisement

8 komentar:

  1. Hidup ini memang sebuah proses, pematangan jiwa dan pikiran. Saat saya masih muda, aduh yang ada itu gejolak amarah dan mengeluh. Tapi semua itu mulai terkikis, manusia hanya bisa menghadapi dan tambah. Selalu permandangan positif terhadap suatu peristiwa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebuah pengalaman yang menginspirasi.. hehe

      Hapus
  2. Emmmh, lama sekali sy tak mampir di mari, good luck mbak lis 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemana saja? Good luck untukmunjuga.. hehe

      Hapus
  3. susah deh... kadang kalau cobaan datang yang ada dipikiran saya cuma kesialan doang. padahal nikmat yang dikasih kan jauh lebih banyak ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. nah itu terkadang susah dinikmati

      Hapus
  4. Lika liku hidup memang diperlukan sebagai sebuah ujian hidup agar kita lebih tangguh lagi.

    BalasHapus