Home Top Ad

Hubungan Yang Baik Berawal Dari Komunikasi Yang Baik

Share:
Dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam rumah tangga maupun dalam kehidupan bermasyarakat, sudah pasti diperlukan komunikasi antar satu individu ke individu lain atau kelompok agar terjalin hubungan yang harmonis.

Secara garis besar, komunikasi adalah penyampaian suatu gagasan (ide), pesan, atau memberikan (saling tukar) informasi sesama manusia. Komunikasi juga merupakan proses di mana seseorang saling memberikan pengertian. Komunikasi merupakan kontak antar manusia, baik secara lisan maupun lewat tulisan dan atau cara lain yang dapat dimengerti oleh komunikan (penerima pesan).



Hubungan yang baik berawal dari komunikasi yang baik.

Nah, dalam kehidupan berumah tangga, dalam hubungan keluarga, agar terjalin suatu hubungan yang baik perlu dilakukannya sebuah komunikasi antar semua anggota keluarga. Meski kadang ada yang bilang 'diam itu emas', tetapi kalau kita hanya diam saja ketika ada masalah, maka masalah itu tak akan terselesaikan tanpa adanya komunikasi.

'Diam itu emas. Tetapi suaramu adalah berlian'. Mungkin dengan diam, sebuah masalah tidak akan berlarut panjang. Tetapi kalau kita hanya diam saja ketika ada masalah dalam keluarga, maka masalah itu tidak akan terselesaikan, dan yang pasti akan terus berlarut-larut entah sampai kapan. Oleh karena itu, perlu adanya komunikasi untuk menyelesaikan semua masalah yang terjadi.

Boleh saja kita diam sejenak untuk meredam suasana yang panas. Tetapi kita tidak harus selalu diam. Komunikasikan, diskusikan secara lisan bersama keluarga, bagaimana cara menyelesaikan masalah yang terjadi itu dengan komunikasi yang baik agar hubungan keluarga tetap terjalin dengan harmonis.

Lalu bagaimana jika mereka (anggota keluarga kita) ada yang tidak mau berbicara atau berkomunikasi dengan kita? Lakukan pendekatan, berikan ia pengertian, baik dengan komunikasi secara lisan maupun dengan tindakan, dan atau berikan pengertian lewat tulisan dengan kata-kata yang baik dan kalau perlu jangan gengsi untuk meminta maaf walaupun kesalahan bukan ada di pihak kita. Dan dengan kita yang lebih dulu meminta maaf, mungkin mereka akan terbuka hatinya dan bersedia kembali berkomunikasi atau berdiskusi dengan kita untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi.

Jika komunikasi dalam rumah tangga itu baik, maka hubungan keluarga pun akan baik-baik saja
Advertisement

17 komentar:

  1. memecahkan masalah keluarga itu tak bisa dengan diam , selesainya ya mbak. harus berkoordinasi sesama :)

    BalasHapus
  2. Ya wajib berkomunikasi biar bisa saling memahami satu dengan yang lainnya.

    BalasHapus
  3. Maka diperlukan saling terbuka, jangan ada rahasia-rahasiaan ya soalnya bakal bikin saling curiga. Ini biasanya menghantui Pasangan muda :)
    Saya follow blognya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu biasanya para pasangan muda .. hehe

      Terimakasih, saya juga sudah ngikuti blog mas Jery dari dulu.. hehe

      Hapus
  4. intinya komunikasi itu sangat penting terutama dalam keluarga,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sangat betul, tanpa komunikasi hubungan jadi hambar.. hehe

      Hapus
  5. Selain komunikasi mungkin juga adanya salin memahami perasaan antara kedua belah pihak atau mungkin lingkup keluarga yang menyeluruh..

    Meski pada intinya didasari dari komunikasi dan jiwa yang ikhlas..😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. iklas dan penyanyang juga, mas

      Hapus
  6. komunikasi kalo diibaratkan seperti main bola itu pas ngoper bola, tapi dia malah egois cetak gol gitu. malah gagal. padahal dia gak dikawal lawan. he he.

    kalo di keluarga pasti kalo komunikasi baik akan bikin hubungan harmonis. saling terbuka juga kadang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, mas tapi terkadang hubungan keluarga kurang harmonis karena pada diam satu sama lain,

      Hapus
  7. oiya, salamat hari blogger nasional, mbak. semangat ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas, maaf lambat nich balasnya.. hehe

      Hapus