Home Top Ad

Cara Sederhana untuk Membuat Anak Lebih Percaya Diri

Share:
Setiap orang tua, tentu ingin anaknya mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. Sayangnya hal ini bukan hal yang mudah. Anda perlu melakukan langkah-langkah praktis yang mampu membuat anak lebih percaya diri.

Dengan kepercayaan diri yang tinggi, anak Anda akan memiliki masa depan yang cerah. Sebab itu, untuk menciptakan rasa percaya diri pada anak, silahkan lakukan 5 cara berikut ini.



1. Berkumpul Bersama Keluarga Secara Rutin

Anak membutuhkan banyak dukungan moral dari orang tua mereka. Dengan mendapat dukungan dari orang tuanya secara moral, anak akan merasa ada yang menyayanginya. Salah satu cara memberikan dukungan moral yang baik adalah dengan melakukan kegiatan berkumpul bersama keluarga secara rutin. Aktivitas ini akan membuat si buah hati, merasa bahwa mereka ada yang menyayangi.

Sebagai orang tua, Anda bisa melakukan kegiatan tersebut di pagi dan malam hari. Untuk pagi hari, usahakan untuk dapat selalu sarapan bersama. Meski tidak terlalu banyak perbincangan, acara tersebut akan mendorong anak lebih percaya diri secara tidak langsung. Juga, sangat dianjurkan untuk berkumpul dengan keluarga di malam hari. Malam adalah waktu yang tepat untuk bercengkrama atau berbincang-bincang ringan. Saat berkumpul, sebagai orang tua usahakan untuk mendengarkan apa yang dikatakan oleh anak.

Jika anak Anda diam saja, maka "paksa" ia untuk berbicara. Anda dapat bertanya seputar kegiatannya sepanjang hari atau pertanyaan lainnya untuk memancing si buah hati berbicara. Selain itu, berkumpul bersama dengan keluarga juga sangat baik untuk membangun dan menjaga keluarga bahagia. Dengan demikian, ada dua manfaat yang Anda peroleh sekaligus.

2. Jangan Menakuti Anak Anda

Pernahkan Anda sadar ketika menakut-nakuti anak untuk tidak melakukan sesuatu yang tidak Anda inginkan, bisa berdampak buruk baginya dalam jangka panjang. Hal ini jika dilakukan secara terus-menerus dapat membuat anak Anda menjadi orang yang pesimis. Dengan demikian, anak Anda bisa memiliki kekurangan rasa percaya diri. Anda tentu tidak ingin ini terjadi bukan? Sebab, orang yang tidak percaya diri cenderung sulit bergaul, menunjukan kemampuannya dan menyampaikan pendapat.

Hal ini juga akan berdampak kurang baik untuk masa depannya. Rasa pesimis dan tidak percaya diri akan membuat si buah hati tidak berani memperlihatkan kemampuan yang dimiliki dalam dunia kerja, sehingga karirnya akan sulit berkembang.

3. Ajarkan pada Anak untuk Berpenampilan Rapi

Berpenampilan rapi cenderung membuat orang lebih percaya diri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mengajarkan kepada anak untuk selalu berpenampilan rapi sedini mungkin. Jika diajarkan dengan baik, hal ini akan menjadi kebiasan baiknya hingga dewasa. Dengan demikian, anak Anda akan mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dan berani tampil di depan banyak orang.

Tentu saja, kebiasaan yang dibangun sejak kecil ini dapat membuat karirnya menjadi lebih cemerlang. Juga, ia akan pandai dalam bergaul, sehingga lebih mudah dalam membangun jaringan. Ini akan sangat membantu si buah hati untuk mendapatkan masa depan yang cemerlang.

4. Jangan Terlalu Memanjakan Anak

Sebesar apapun rasa sayang Anda kepada buah hati. Sebaiknya Anda tidak terlalu memanjakannya. Sebab ini dapat membuat anak menjadi orang yang kurang mandiri dan mempunyai sifat ketergantungan pada orang tua. Hal ini tentu akan mempengaruhi rasa percaya dirinya. Ia akan sulit untuk memiliki keberanian bergaul dengan orang lain, karena terlalu mengantungkan diri pada orang tua.

5. Buat Komunikasi Seaktif Mungkin

Setiap orang tentu mempunyai kesibukan tersendiri. Sebagai orang tua, disarankan untuk selalu menyempatkan diri untuk berkomunikasi dengan anak Anda. Buatlah kesempatan sebanyak mungkin, untuk melatih anak menyampaikan pendapatnya. Kegiatan berkumpul dengan keluarga adalah salah satu waktu yang paling tepat untuk melakukan komunikasi dengan anak Anda. Dengan demikian, si buah hati akan mempunyai rasa percaya diri untuk menyampaikan apa yang ingin dikatakannya.

Membangun rasa percaya diri pada anak memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun, dengan usaha yang tanpa henti, tidak ada yang mustahil. Sebab itu, jika Anda ingin menumbuhkan kepercayaan diri pada anak, coba lakukan cara-cara diatas.
Advertisement

2 komentar:

  1. Jangan menakut-nakuti anak itu penting. Karena saya perhatikan banyak orang tua yang selalu menakuti-nakuti anak, jika melakukan kegiatan yang dianggapnya kotor atau apalah.

    BalasHapus