Home Top Ad

Cara Membuat Bakpao Panggang Isi Uwi Ungu

Share:
Membuat sesuatu memang butuh keahlian, selain itu juga butuh sentuhan rasa, agar apa yang kita buat benar-benar sesuai dengan apa yang kita harapkan. Minggu pagi adalah waktu yang tepat bagi seorang ibu untuk mengasah kembali resep-resep lama yang sudah terkubur jauh kebelakang agar bisa dibangkitkan kembali.

Sayang bukan, apabila resep masakan ataupun kue hilang begitu saja. Padahal butuh waktu lama dan keuletan untuk mempelajarinya. Nah, untuk mengasah kembali resep yang satu ini, sebaiknya kita langsung saja. Hari ini saya akan berbagi resep membuat bakpao panggang isi uwi ungu dengan konsep yang saya pelajari warisan dari nenek secara turun-temurun. Apa sajakah bahannya ayo simak beberapa bahan-bahan yang diperlukan diantaranya :

Cara Membuat Bakpao Panggang Isi Uwi Ungu



1. Bahan:

500 gram tepung terigu
50 gram gula pasir
6 gram yeast atau ragi
250 ml susu cair
100 gram susu bubuk
50 gram wijen

2. Bahan Isi:

1 kg uwi ungu
1 kg gula pasir
25 gram garam

Cara membuat isi:

Kupas dan cuci bersih uwi ungu, lalu kukus. Setelah masak giling bersama gula dan garam, jika sudah bercampur rata, biarkan sampai adonan dingin. Setelah dingin bagi menjadi berapa bagian dan siap untuk isi bakpao.

Cara membuat bakpao:

Siapkan wadah yang bersih, lalu masukan yeast atau ragi, gula, susu cair, dan susu bubuk kedalam wadah tersebut, lalu aduk sampai butiran gula larut, kemudian masukan tepung terigu (tepung sisakan sedikit) aduk dan uli hinga menjadi adunan, lalu diamkan selama 5 menit.

» Setelah itu taruh sisa tepung tadi di atas meja atau talanan ratakan, kemudian ambil adunan tadi letakan di atas tepung lalu giling memanjang dan kemudian olesin dengan air, terus lipat dari ujung kanan ketengah dan ujung kiri ketengah.

»Kemudian giling lagi menjadi memanjang dan melebar, setelah itu gulung, setelah digulung rapi potong menjadi 16 bagian, lalu ambil satu persatu masukan isi uwi ungu yang sudah dibuat tadi, kemudian bulatkan dan taburi wijen, kemudian susun di atas loyang tutup biarkan selama kurang lebih 10 menit agar adunan tadi mengembang, setelah itu panggang di oven selama 20 menit, dengan api atas bawah 175 derajat. Selamat mencoba
Advertisement

2 komentar:

  1. Yang seperti ini cocok untuk dibaca oleh istri. Terima kasih banyak mbak sudah membagikan resep membuat Bakpao Panggang Isi Uwi Ungu. Sangat bermanfaat bagi siapapun yang hidup di wilayah urban... menarik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, pak. Ini sangat cocok untuk bahan bacaan ibu ibu supaya bisa bikin camilan sendiri.. hehe

      Hapus