Home Top Ad

Jiwa Hampa Menanti Harapan

Share:

Jiwa Hampa Menanti Harapan


Bagai gurun yang gersang
menanti hujan
gelapnya angan kian jauh
menanti harapan sang mentari
ceria hingga
senja memejam surya bahagia

Begitu pun harapan
angan kian jauh tenggelam
di antara sisa-sisa malam
kelam tanpa bintang

Dengan penuh harap
akan datang keceriaan
yang kian urung datang
meski tak tahu kapan

Hanya do'a...
yang mampu membuat bertahan
ketika sang mentari
memancarkan sinar hangatnya
mampu teteskan keringat
awan berkabut kelam

Rintik hujan
mewakili derasnya air mata
agar dapat dilalui
untuk
mencapai harapan
angan dan cinta

Derasnya air mata
semakin terasa begitu perihnya
sesaat batin jiwa teringat
akan canda dan tawa

Kini hanya...
bayang-bayang kelam
yang selalu datang
menghantui pikiran
jiwa hampa
menanti sebuah harapan



(tw.07.04.17)
Lisa Nel
Advertisement

85 komentar:

  1. menanti sebuah penantian salah satu cara bersabar semoga harapan dalam penantian terwujud, asik mah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau penantiannya terlalu lama mana asik lagi, mas, nyesek yang ada. Wkwkwk

      Hapus
    2. kalo udah nyesek berarti penyakit asmanya lagi kumat tuh mbak :D

      Hapus
    3. Hahaha,kalau asmanya kumat perlu seger minum obat, om

      Hapus
    4. atau pergi ke tukang urut, hahaha...

      Hapus
  2. Bagaimana kalau harapannya jangan hanya dinanti, tapi di kejar, ditangkap terus di peluk? Karena kalau cuma dinanti ya entah kapan? Bukankah berdo'a saja tidak cukup jika kita tidak melakukan ikhtiar lainnya?

    Komen saya keknya nggak nyambung deh, sori ya te.. abisnya saya nggak paham sastra sih, kata kang Jek gitu, hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pinginnya dikejar dan ditangkap terus dipeluk, om, tapi sayangnya terus menjauh dan menjauh, saya kan capek.. Hahaha

      Kalau nggak nyambung bisa disambung kok, om, tali rapih masih banyak, kata kang Jek juga gitu.. Wkwkwk

      Hapus
    2. Jelas aja rasanya makin menjauh, soalnya tante kan cuma sekedar 'pingin'? Berarti gk melakukan pengejaran yang sesungguhnya kan?

      Btw yang dikejar apa'an sih? Ngebahasnya kayak lagi ngomongin em ama el iling aja, haha..

      Hapus
    3. Hahaha.. Yang dikejar itu lho, om, penjual es lilin, bukan ngejar anu kok. Anu apa? Ya mikir dulu takut salah ketik, kalau salahkan jadinya lain.. :)

      Hapus
    4. Padahal saya lebih suka kalau tante ngetiknya salah2, soalnya kalau pake mikir dulu biasanya banyak bo'ongnya, hehe..

      Hapus
    5. Ya taulah, gue geto looh..! haha..

      Hapus
    6. Tahu dari ngintip paling. Hehe

      Hapus
    7. Yeee... Kenapa kang emde nyalahin saya?

      Tapi bener juga kok. Tak kan lari gunung dikejar. Tetapi jika kita hanya menanti dan tidak ada ikhtiar untuk mendekati itu gunung, pasti gunungnya tidak akan mendekat sendiri. Hehe

      Hapus
    8. Tapi tahukah kamu? Kalau gunung bisa datang mendekati? Tetangga saya biasanya malaj kerumah.. Haha

      Hapus
  3. kalau sedang hampa mending curahkan pada artikel aja sebanyak-banyaknya mbak

    kalau kebanyakan ya kirim kesaya jg gak papa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, ketik reg spasi kebanyakan kirim ke cungkup, ongkos kirim ditanggung sendiri dong?

      Hapus
    2. enak aja...emang mamang siapanya neng Lisa, coba?

      Hapus
    3. Boleh boleh saja dikirim ke mas Yanto, tapi harus ingat kata om Hedri ongkos ditanggung sendiri, tapi kabar baiknya resiko ditanggung mang Lembu.. Haha

      Hapus
    4. mamang jangan ngganggu ya,balik sana

      ini lagi asyik jeh

      Hapus
    5. Itu kebiasaan mamang menggaggu. :)

      Hapus
    6. abisnya terpesona dengan sorot mata Jiwa Hampa menanti harapannya sih...liat noh...liat gih

      Hapus
  4. lah, kena virus puisi ya mbak pagi pagi gini , hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Hati-hati virus menular jika berlanjut segera hubungi Dokter.. :)

      Hapus
  5. ini puisi galau ya, pasti deh mba nelisa belum ngopi nih sampe galau-galauan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh di bilang galau tapi sepertinya bukan karena belum minum kopi tapi karena lagi kanker (kantung kering) hahaha

      Hapus
    2. duitnya dimasukin dompet sih,makanya besok dimasukin kantong aja ya :D

      Hapus
    3. Oh iya ya saya salah masukan ternyata :)

      Hapus
    4. nah kan besok lagi masukinnya ke kantong aja :D

      Hapus
    5. Supaya nggak kanker lagi :)

      Hapus
  6. ceumungut cemungut masih pagi ini loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sudah malam, om, rupanya saya telat balas komentar.. Hehe

      Hapus
    2. sekarang udah dini hari menjelang pagi jeh...

      Hapus
    3. Ini malah sudah pagi :)

      Hapus
    4. Masa? Kirain masih pagi :)

      Hapus
  7. Tenang mba"Nel, jangan hampa' karena sebuah harapan, mending kalo lagi hampa, nyiramin tanaman aja mba' nel,..semprot' sambil ngelus ngelus daunya..pasti ke hampaan mba'Nel' langsung hikang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, nyirami tanaman terus dipupuk sekalian, ya, mas, pupuknya gratis ambil di tetangga sebelah pasti tambah asyik, hampa pun hilang seketika. :)

      Hapus
  8. Puisi pagi ini mengingatkan akan masa lalu ketika masih muda dahulu.. 😅

    Harapan pasti akan datang ketika sang waktu dan rindu bertemu dalam celah-celah yang tak menentu 😂

    Sebaiknya ngopi dulu, agar virus rindu tidak menyebar kehatiku 😂 ☕

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sekarang dah terasa tua ya, mas Bim. Hehe

      Bertemu di waktu yang tak menentu ketika rasa jenuh berkecamuk dalam secangkir kopiku. Wkwk

      Betul, betul, segera ngopi agar virusnya tak menjangkit, dan harus ingit kopi tanpa gula lho ya. Hehe

      Hapus
  9. Kini ku datang padamu, senyumlah... Sambutlah kedatanganku... Asik hehe... (lagune pak RHOMA)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kedatanganmu ku sambut dengan senyuman rasa bahagia tapi kok ada yang aneh. Sepertinya belum? Belum traktir saya.. Hahaha

      Hapus
  10. jika dalam jangka waktu 2 X 24 jam galaumu belum hilang...sinih...sinih...deket...sinih ke aa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya doa yang menjadi penguat jiwa.
      Takut ah !

      Hapus
    2. Hahaha, takut ah dekat mamang, ngikut om DB. Hehe

      Hapus
  11. Hebatnya blogger disitu...galau aja bisa buat karya...gimana kalau lagi bahagia ya......, nulis buku tu si neng Lisa.....hehehe...,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah hebatnya kalau lagi sendu, bisa menjadi pujangga hebat.

      Hapus
    2. Ya begitulah om John kalau sedang galau bisa mendadak jadi pujangga hebat seperti kata om DB.

      Tapi kalau sedang seneng bukan nulis buku tapi malah ketiduran. Hehe

      Hapus
  12. Kesedihan yang mendalam, membuat hati dan raga merana.
    Hujan, turunlah biar rumput tumbuh didalam hatiku. Tanah subur, pikiranku pun akan segar bugar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segar bagai semilir angin senja, yang memberi kesejukan jiwa, untuk meniti masa depan yang bahagia, tanpa ada rasa sendu di dada, yang membuat mati rasa. Hehe

      Hapus
  13. Never stop believing, ---and praying :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes. With prayer life becomes beautiful :)

      Hapus
  14. Aduu galau ...
    Bawa ke trans studio biar sembuh mbak (pake pacar baru).

    Rencana Pemindahan Ibukota ke Palangkaraya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit kok mas galaunya, coba kalau belum sembuh besok tak bawa ke trans studio.. Haha

      Aduh, mas Putra tak denda lho klau komen nyertakan link hidup. :)

      Hapus
    2. Biar nanti saya omelin mas putranya sekalian mau saya setrap plus lari keling lapangan senayan 7x putaran :D

      Hapus
    3. Setuju setuju.. Om Marnes. Hehe

      Hapus
  15. Penantian yg sempurna. Menanti sopo ki Mbak Lisa? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Menanti sampean kapan bisa kopdar dan ngopi bareng, mbak. :)

      Hapus
  16. do'a, harapan, dan Tuhan membuatku juga mampu bertahan :)

    bagus puisinya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mbak, harapan dalam penantian :)

      Hapus
  17. Isi kekosongan dan kehampaan dalam dirimu dengan mengingat KEPADANYA.. .

    hanya dengan mengingat RaabMu diserta rindu dendam niscaya ke alfaan jiwa kegersangan hati akan dialiri Nur ILLAHI RABBI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, om, terima kasih sudah mengingatkannya. :)

      Hapus
  18. Jangan kau habiskan waktumu hanya untuk aktifitas ngeblog (ma'af) , tetapi warnailah rutinitas ngeblogMu yang bermakna ibadah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngeblog hanya sebagai hiburan, om, supaya nggak cepat tua. Hehe

      Hapus
  19. Jangan sedih2an kayak gini lah mbak. Kan saya jadi pengen mewek...

    Tapi syukurlah, saya nggak ngerti soal puisi-puisian. Jadi yaa....nggak jadi nangis deh. Week...

    Kalau masih ada harapan berarti jiwanya nggak hampa dong mbak. Kecuali itu cuma andai-andai. Ah, jadi inget lagu ini....

    "Andai a.. a.. a...ku jadi pacarnya mbak Lisa.

    udah cantik, baik hati, pinter nulis, emm... Apa lagi ya?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen mewek apa pingin tersenyum nich.

      Oh tertawa ternyata. Ini cuma berandai andai kok.

      Itu lagunya kok mirip ngegobal gitu, ya? Jangan-jangan malah sedang berusaha. Haha

      Hapus
    2. Lagunya siapa ya bang? Kayak pernah denger.. Si andaresta bukan?

      #usahanya bagus bang, tetep semangat ya!

      Hapus
    3. Owh berandai andai. berarti sama dong...

      bukan ngegobal, tapi usaha. mumpung ada yg mendukung. Trims masbro...

      Hapus
    4. Sama2 bang..
      Oya transfer nya ditunggu lho..

      Hapus
    5. Jangan lupa juga ke saya :)

      Hapus
  20. Hadeuh ini temanya bikin saya makin tambah galau and gundah gulana nie bawaannya pengen pulang deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Ini kan akhir pekan om, bisa pulang sebentar untuk menghilangkan galau. Hehe

      Hapus
    2. Kata-katanya dahsyat banget tapi indah Mba...Saya juga dulu pernah bikin puisi saat galau. Kenapa kalau galau tingkat tinggi mendadak jadi puitis ya. "Diri ini terasa berada di persimpangan. Jiwa seakan melayang tak tentu arah. Tidak ada tempat berpijak. Tidak mampu memilih tujuan. Tidak tahu apa yang pantas diharap."

      Kira-kira kayak gitu deh sebagian puisinya, duluuuuuu. Kata-katanya tak seindah puisi Mba Lisa. Bisa bikin frustasi yang baca, hahaha.

      Hapus
    3. Hahaha, entahlah, mbak nulisnya ikut gerak jari saja, memang benar terkadang kalau lagi galau bisa menulis puitis banget. Hehe

      Nh, itu juga bagus puisi yang sampean tulis.

      Hapus
  21. Puisinya sederhana namun dalam menyentuh jiwa nih mba. Lumayanlah sebagai obat dan penghibur lara yang sedang koma. ha,, ha, ha,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahkirnya yang sedang koma tersadar lagi, ya, om? Hehehe

      Hapus
  22. Ketika hampa
    Kurangkum doa
    Persembahan rasa
    Semoga datang pelipur lara

    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lara dalam getar rasa
      Yang selalu datang tiba-tiba
      Menghantui jiwa
      Sesak di dada
      Seakan mati rasa
      Hidup tanpa raga
      Hanya bayangan semu belaka
      Yang menghampiri kita

      :)

      Hapus
  23. kalau jiwa lagi hampa.., jangan nyesek ah.., yakin pasti ada petunjuk yang akan membimbing kita..., hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak nyesek kok, mas, cuma dirundung duka.. Haha

      Hapus
  24. Saya belum mampir sini yah...
    mampir ahh.. jiwa yang lagi hampa bisa di isi dengan sesuatu yang mengairahkan, misalnya menonton acara hiburan di tv atau membaca artikel bergenre humor, jiwa hampa jangan dibiarkan tapi harus diusir jauh-jauh, buang aja ke laut, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah nggak hampa lagi kok, mang, makanya baru balas komen sampean. Haha

      Hapus
  25. Sedih boleh.. asalkan jangan larut..
    oh ya kalau emang perlu nangis. nangis aja, biar ploong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air matanya sudah terkuras habis, mas. Hehe

      Hapus