Salam kuliner, kembali berjumpa dengan resep masakan keluarga. Kali ini saya akan membagikan resep Telur kukus bitan atau telur hitam (tiga warna).  Resep ini sangat sederhana dan bahannya pun mudah didapatkan. Yaitu terdiri dari tiga jenis telur; Telur asin, telur bitan atau telur hitam, dan telur ayam.

Telur asin seperti halnya telur pada umumnya, telur asin ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan protein dari telur asin dapat memperkuat otot, menjaga kebugaran tubuh dan baik untuk kesehatan tubuh kita.

Telur bitan atau telur hitam adalah makanan khas Tionghoa yang dibuat dari telur ayam atau itik yang diawetkan di dalam campuran lempung, abu, garam, kapur tohor dan sekam padi selama beberapa minggu, tergantung metode proses. Telur bitan ini juga dapat dimakan langsung untuk pendaping hidangan, seperti halnya telur kukus, dan masih banyak lagi hidangan lainnya.

Telur ayam yang tak asing lagi bagi kita, telur yang memiliki kandungan protein ini sangat baik untuk kebutuhan tubuh kita. Maka tak heran masyarakat pada umumnya sangat menyukai telur. Karena telur dapat diolah dengan berbagai masakan dan tentunya akan menambah nafsu makan kita.

Baiklah, saya akan membagikan cara memasak ketiga telur tersebut, sehingga menjadi masakan yang sedap selain itu kandungan protein yang cukup untuk membantu kebutuhan tubuh kita dan mudah untuk dikerjakan.




Cara Mudah Membuat Telur Kukus Tiga Warna


Bahan:
2 biji telur bitan atau telur hitam.
2 biji telur asin.
3 biji telur biasa.
Sedikit minyak sayur/masak.

Cara memasak:
Kupas telur bitam dan telur asin, lalu potong kecil-kecil atau potong dadu, kemudian masukan kepiring atau mangkuk, lalu ambil mangkuk kosong dan pecahkan telur biasa, kemudian beri sedikit minyak sayur/masak, aduk-aduk sampai telur warna kuning dan putih bercampur rata, kemudian tuangkan ke atas telur hitam dan asin yang sudah dipotong tadi. Kemudian dikukus kurang lebih 10-15 menit, setelah masak biarkan dingin, setelah dingin potong-potong siap disajikan.

Nah, cara yang sangat mudah dan praktis, selain itu akan menambah selera makan. Selamat mencoba!