Home Top Ad

Rumah Tangga Anda Menjadi Lebih Harmonis: Lakukan 10 Hal ini

Share:
Memiliki keluarga harmonis sudah menjadi idaman semua orang, namun, terkadang keharmonisan bersama keluarga tak seperti yang diharapkan. Banyak hal yang menjadi penyebabnya, sehingga keharmonisan tak pernah didapatkan. Keharmonisan keluarga itu paling utama dan harus dipertahankan, meskipun Anda sibuk dengan pekerjaan Anda.

Sebenarnya, membangun keharmonisan itu mudah jika peduli satu sama lain, saling mendukung, dan menghargai keluarga di atas semuanya. Dengan dukungan, maka akan terciptalah sebuah keluarga harmonis. Selain itu, Anda harus belajar hal-hal yang harus Anda lakukan untuk tetap memiliki keluarga harmonis.



Berikut ini yang perlu Anda lakukan.

1. Bersama-sama mempelajari sesuatu

Belajar suatu hal-hal baru dengan keluarga akan membawa Anda lebih dekat dan memberikan kesempatan untuk menghabiskan waktu yang berkualitas dan produktif bersama keluarga Anda. Misalnya, Anda dapat menghadiri kursus memasak, pengantar sekolah, belajar bagaimana menari, menggambar, merajut bersama keluarga. Hal ini, akan membuat Anda merasa senang karena bisa belajar sambil bersenang-senang dengan orang yang Anda cintai.

2. Bersenang-senang dan tertawa

Memiliki waktu yang baik dengan keluarga Anda tak ternilai harganya. Ada begitu banyak hal yang dapat Anda lakukan bersama dengan keluarga untuk bersenang-senang. Misalnya, sesekali bermain permainan papan, bernyanyi karaoke, menonton film lucu, bercerita satu sama lain, pergi bowling, bermain basket, atau menikmati banyak kegiatan yang menyenangkan bersama anggota keluarga lainnya.

3. Memberi kejutan

Kejutan kecil yang menyenangkan adalah kebiasaan yang besar dari keluarga bahagia. Anak-anak dapat membuatkan ibu mereka secangkir kopi dari waktu ke waktu. Orang tua dapat memberikan kejutan pada anak-anak mereka dengan perjalanan yang tak terduga pergi ke sebuah taman, misalnya. Pasangan bisa melakukan hal-hal kecil yang bagus untuk satu sama lain, seperti memasak untuk makan malam yang romantis, menulis surat cinta, atau membawa pulang makanan favorit untuk pasangan mereka di malam hari.

4. Makan bersama-sama

Ini tidak harus berarti sepanjang waktu. Memaksa semua orang dalam keluarga untuk makan bersama, karena kebanyakan orang sibuk dengan rutinitas kerja. Jika Anda bisa, makan malam bersama keluarga setiap malam itu sangat baik. Jika tidak, Anda dapat melakukannya seminggu dua atau satu kali. Karena makan bersama adalah suatu hal yang sangat menyenangkan, bisa ngobrol sambil menikmati hidangan.

5. Memiliki waktu untuk diri sendiri

Menghabiskan waktu dengan keluarga Anda itu hal penting, tetapi memiliki waktu untuk diri sendiri juga sangat penting. Suami Anda dapat menonton televisi bersama anak-anak saat Anda membaca buku dalam damai dan tenang. Sebaliknya, Istri Anda dapat menemani anak-anak belajar, sedangkan Anda dapat menonton pertandingan sepak bola dengan tenang. Menikmati waktu sendirian tidak membuat Anda sebagai orang tua atau pasangan yang buruk. Setiap orang membutuhkan itu. Mengerti dan menghormati merupakan kunci untuk keluarga bahagia.

6. Saling terbuka

Membahas masalah, prestasi, keprihatinan, kekhawatiran, dan harapan hal ini sangat penting dalam sebuah keluarga. Menganggapnya sebagai sebuah aturan untuk berbicara dengan pasangan Anda dan anak-anak tentang segala sesuatu. Ini akan membuat Anda semua lebih dekat dan lebih harmonis.

7. Memiliki tradisi

Menciptakan tradisi keluarga Anda sendiri adalah hal yang menakjubkan untuk dilakukan. Misalnya makan pancake setiap hari minggu pagi, merayakan ulang tahun Anda di beberapa tempat khusus, atau membawa souvenir dari setiap perjalanan. Salah satu tradisi keluarga terbesar adalah untuk merayakan liburan besar bersama-sama, mengumpulkan semua kerabat dan berpesta.

8. Katakan hal-hal baik

Merasa dihargai adalah salah satu hal yang paling penting dalam keluarga bahagia. Semua anggota keluarga harus mengatakan berapa banyak saling menghargai satu sama lain, kebersamaan adalah keharmonisan yang dimiliki keluarga bahagia, betapa Anda saling mencintai, dan bagaimana bersyukur untuk segala sesuatu yang Anda lakukan untuk keluarga Anda. Dengan kata-kata penghargaan bisa membuat keluarga lebih kuat. Pelukan dan ciuman juga merupakan pekerjaan yang sangat baik untuk keluarga harmonis.

9. Wisata

Bepergian dengan keluarga Anda adalah kebiasaan besar yang harus dimiliki. Melihat hal-hal baru, mengunjungi tempat-tempat baru, pergi ke pantai, belanja, hal ini akan membuat kedekat bersama-sama. Cobalah untuk pergi traveling setidaknya sekali setahun. Jika Anda bisa, sesekali melakukan bepergi perjalanan sederhana. Mengunjungi kerabat di kota, pergi ke danau yang dekat dengan rumah Anda disetiap akhir pekan, atau pergi berkemah selama beberapa hari. Hal ini akan menciptakan keluarga bahagia.

10. Mencintai satu sama lain

Ini mungkin terdengar unik, namun cinta dari keluarga juga Anda butuhkan untuk mengembangkan diri Anda. Pelajari cara untuk bersabar ketika Anda mendapat teguran dari keluarga Anda. Misalnya, suami Anda tidak memperbolehkan Anda memotong rambut, istri Anda tidak ingin menonton film dengan Anda, atau orang tua Anda melarang Anda untuk pergi keluar rumah saat malam hari. Ini karena mereka sangat mencintai Anda, dan Anda harus bersyukur memiliki mereka.

Itulah 10 hal yang perlu Anda lakukan untuk menciptakan keluarga harmonis. Sulit untuk melakukan ke 10 hal tersebut? Anda dapat mencoba 3 atau 4 di antar 10 poin yang dipaparkan di atas agar keluarga Anda tetap harmonis.
Advertisement

14 komentar:

  1. Intinya, kebersamaan, keterbukaan, saling pengertian dan menghargai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya intinya begitulah, mas.. hehe

      Hapus
  2. Siapapun mau mempunyai keluarga yang harmonis, termasuk saya, namun kenyataan selalu dihadapkan pada situasi yang rumit.

    Ya, sebagai manusia kita harus terus berusaha membangun keluarga yang harmonis dan terus berdoa agar keharmonisan keluarga menjadi sakinah, mawadah, dan warohmah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, meskipun situasi rumit hadir dalam keluarga, pastinya tetap berusahan dan mempertahankan.. hehe

      Hapus
  3. Betul sekali... Tapi kalau masih bisa lirik sana sono + dilirik juga itu berkah kebersamaan ...😱😂😂🏃🏃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. yang lirik sana sono, saya nggak tanggungjawab klau nyonya Satria ngamuk.. hehe

      Hapus
  4. Kalau saya lebih suka saling terbuka. Jangan ada rahasia diantara kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, om, kalau ada rahasia itu bakal jadi momok rumahtangga.. hehe

      Hapus
  5. Maaf gak baca saya blm bekeluarga soalnya hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyimak saja ya mas, nanti dapat kunbal.. hehe

      Hapus
  6. walaupun sya blm berkeluarga tapi kayaknya bener yg dijelaskan di atas. kalo dipikir pake logika gitu, he he. kalo bisa juga jangan saling diem2an gitu ya. saling terbuka berrti masuknya.

    BalasHapus
  7. oiya mbak lis. banner blog mu ijin aku pasang di footer. boleh ya? :)

    BalasHapus