Home Top Ad

7 Tips Ampuh untuk Menjadi Seorang Ibu Rumah Tangga yang Baik dan Cerdas

Share:
Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan hal yang mudah untuk dijalani. Sebab banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Dari mengurus anak, suami sampai mengurus rumah. Tidak heran jika banyak ibu rumah tangga yang "gagal" dalam melakukan tugasnya dengan baik. Meski tugasnya terlihat mudah dikerjakan, namun pada kenyataanya tidak semudah yang dilihat.

Pada dasarnya tugas mereka adalah mengurus rumah, memasak, mencuci pakaian, mendidik anak serta mengurus suaminya. Namun tidak sedikit pula dari mereka yang membuka usaha sampingan. Jika Anda ingin menjadi ibu rumah tangga yang baik dan cerdas, sehingga dapat memberikan yang terbaik untuk keluarga. Anda bisa menemukan caranya pada postingan ini.

Setidaknya ada 7 cara yang dapat Anda lakukan. Di bawah ini penjelasan singkat terkait ketujuh cara yang dimaksud.



1. Lakukan Lebih Banyak Aktivitas Membaca

Membaca adalah cara terbaik untuk menambah ilmu pengetahuan serta wawasan. Semakin sering Anda membaca, maka akan semakin banyak pula pengetahuan yang Anda miliki.

Untuk menjadi seorang ibu rumah tangga yang cerdas, sebaiknya Anda melakukan lebih banyak membaca. Anda dapat membaca buku, atau membaca artikel di internet sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.

Dengan demikian wawasan serta pengetahuan yang dimiliki akan semakin banyak. Hal ini tentu akan membantu Anda menjadi istri sekaligus ibu rumah tangga yang cerdas dan baik.

2. Menulis

Jika membaca membuat Anda menemukan banyak hal-hal baru. Maka menulis adalah cara jitu untuk mengingatnya. Sebab, dengan menulis Anda akan menjadi lebih paham, dan mudah mengingatnya karena telah tertanam dalam otak dengan baik.

Jika pun lupa, Anda bisa dengan mudah untuk mengingatnya kembali. Anda tinggal membaca tulisan yang pernah Anda buat sebelumnya.

Untuk menulisnya Anda dapat menggunakan banyak media seperti buku, catatan Facebook, atau blog. Mungkin akan lebih baik jika Anda menulis pengetahuan yang didapat di blog, sebab akan banyak orang yang membacanya. Tentu tulisan Anda akan memiliki manfaat bagi banyak orang.

3. Cari Resep Membuat Masakan Baru

Menjadi ibu rumah tangga pasti tidak lepas dari aktivitas memasak. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil masakan yang lezat sebaiknya Anda mencari resep-resep baru dalam membuat makanan.

Jika Anda mampu memberikan makanan yang enak di rumah. Maka, suami serta anak Anda akan mengurangi membeli makanan di luar. Sebab, di rumah telah tersedia makanan yang jauh lebih enak.

Anda dapat mencari resepnya di media online atau offline seperti majalah, buku dan lain-lain. Media apapun tempat Anda menemukan resep baru, yang terpenting adalah mengaplikasikannya.

4. Belajar untuk Mengelola Kebutuhan Keluarga

Sebagai ibu rumah tangga, Anda juga berkewajiban mengelola kebutuhan keluarga. Maka, belajarlah untuk melakukan hal ini dengan sebaik mungkin.

Anda bisa belajar dengan membaca buku terkait, atau mencarinya di internet. Terlepas cara apa yang Anda pilih, belajar untuk mengelola kebutuhan keluarga adalah sebuah keharusan, jika ingin menjadi Ibu rumah tangga dan istri yang baik.

5. Belajar Berhemat

Kebutuhan hidup makin hari semakin tinggi. Oleh karena itu, agar keuangan keluarga tidak terlalu terbebani. Sebagai Ibu rumah tangga, sebaiknya Anda belajar untuk menghemat.

Caranya dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Biasanya kita cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli hal-hal yang diinginkan meski tidak terlalu penting.

Oleh karena itu, untuk berhemat, sebaiknya Anda belajar membedakan keinginan dan kebutuhan. Penuhi kebutuhan dan menahan diri untuk membeli barang yang tidak terlalu penting, hanya karena keinginan.

6. Memberikan Ilmu Pengetahuan Kepada Anak

Sebagai orang tua, Anda harus bisa memberikan banyak ilmu kepada anak Anda. Terutama sebagai seorang ibu rumah tangga, tentu Anda memiliki lebih banyak waktu berkumpul bersama mereka daripada suami Anda.

Maka tidak ada jeleknya jika Anda mengajarkan ilmu-ilmu pengetahuan yang dibutuhkannya. Dengan demikian, anak akan mempunyai pengetahuan yang luas dan Anda bisa menjadi lebih cerdas. Sebab, ketika Anda mengajarkan, Anda juga ikut belajar.

7. Menanamkan Kebiasan Baik untuk Anak

Bukan hanya memberikan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan. Tetapi Anda juga berkewajiban menanamkan kebiasaan baik kepada anak.

Selain mengajarkannya secara langsung, Anda bisa menanamkan kebiasaan baik dengan menjadi contoh nyata baginya. Biasanya anak cenderung mengikuti kebiasaan dari orang tua mereka.

Menjadi seorang Ibu rumah tangga yang baik dan cerdas adalah sebuah tantangan tersendiri bagi kaum wanita. Oleh karena itu, lakukan satu demi satu cara-cara di atas secara berkesinambungan.
Advertisement

6 komentar:

  1. nah, jadi ibu rumah tangga itu susah menurutku. harus mengurus anak dan suami, kadang sering nyuci dan bikin masakan keluarga. ya, semoga suami juga bisa bikin rumah tangga jadi harmonis, menghargai apa yg telah dilakukan sang ibu rumah tangga.

    BalasHapus
  2. Nah, ke-7 masukan ini bisa menjadikan si ibu bertambah ilmu pengetahuan dan makin cerdas. Tapi, dalam prakteknya sangat jarang, dan malah senang bergosip ria..he..he..🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. justru bergosip itu bumbunya, mas

      Hapus
  3. Postingan ini sangat menarik. Rekomendasi terbaik untuk istri di rumah. Terima kasih admin. artikelnya sangat bermanfaat untuk ibu-ibu zaman now, salam

    BalasHapus