Salam kreasi dan berimajinasi, bertemu lagi dengan resep masakan keluarga di blog ini. Namun sebelumnya saya akan mengulas tentang bahan-bahan masakan ini. Yang terdiri dari sayur, buah dan daging.

Brokoli di Indonesia merupakan sayuran yang sangat terkenal, terutama bagi orang orang yang tinggal di perkotaan. Waktu pertama kali muncul, brokoli menjadi sayuran yang cukup langka dengan harga mahal dan dianggap sebagai sayuran kelas atas. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan, brokoli berhasil dibudayakan di Indonesia, terutama di daerah-daerah dingin seperti Bandung dan Malang. Meskipun sekarang lebih mudah didapatkan, namun predikatnya sebagai sayuran kelas atas tetap terjaga. Hal ini karena kandungan nutrisi dalam brokoli yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Daging sapi sangat disukai karena mempunyai gizi tinggi dan rasanya enak serta gurih. Masyarakat Indonesia biasa memasak daging sapi dengan berbagai ragam masakan yang dapat merangsang selera makan. Daging sapi bergizi tinggi, bermanfaat bagi tubuh kita dan mempunyai rasa yang lezat.

Bawang bombay dan bawang-bawang lainnya memiliki karakteristik yaitu kaya akan kandungan thiosulfinat, sulfida, sulfur oksida dan campuran sulfur lain yang berbau. Custeine Sulfur Oksida yang sangat berperan pada rasa bawang dan menghasilkan zat yang membuat pedih di mata. Thiosulfinates menghasilkan zat anti bakteri. Bawang bombay efektif melawan banyak bakteri termasuk di antaranya: Bacillus subtilis, Salmonella, dan E. coli. Bawang bombay tidak sekeras bawang putih karena kandungan belera.

Buah Mangga atau yang sering juga kita sebut mempelam ini termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Dan memiliki nama latin Mangifera Indica Mangga. selain banyak disukai oleh banyak orang karna mempunyai rasa yang sangat lezat dan manis juga harganya sangat terjangkau, karena buah mangga ini hampir disetiap rumah menanamnya. Karna tidak membutuh kan banyak perawatan khusus. Buah mangga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh kita.

Cabe manis mendengar kata cabe, semua orang pasti langsung membayangkan sensasi rasa pedas di mulut. Namun, pernahkah membayangkan cabe yang rasanya manis? Tentu terasa aneh, bukan? Cabe yang dimaksud adalah paprika, si manis pedas. Paprika memiliki nama latin Capsicum annuum L adalah tumbuhan penghasil buah yang berasa manis dan sedikit pedas. Paprika berasal dari famili Solanaceae. Bentuknya unik, yaitu besar dan gendut ada juga yang lonjong serta permukaan kulit mengkilap. Buahnya berwarna hijau, kuning, merah, orange dan ungu. Cabe ini sering digunakan sebagai bumbu masakan atau bahan sayuran dan campuran salad. Berbeda dengan cabe biasa, biji paprika biasanya tidak dimakan. Selain bentuk, warna dan rasanya yang unik, paprika pun memiliki banyak khasiat kesehatan yang menakjubkan.

Buah Apel merupakan buah yang identik dengan warna kulit buah yang berwarna merah dan hijau. Hampir semua orang tentu sudah tidak asing lagi dengan bentuknya yang bulat dan rasa apel itu sendiri manis. Karena apel digolongkan ke dalam jenis buah-buahan, maka apel mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

Baiklah, selanjutnya mari kita rangkum menjadi satu piring hidangan yang sangat lezat, juga menambah selera makan, selain itu menyehatkan untuk tubuh kita.



Brokoli Daging Sapi Mangga dan Apel

Bahan:
500 gram Daging sapi.
2 biji Mangga.
1 bjij bawang bombay.
3 biji cabe manis ( pilih 3 warna jika ada).
1 biji apel.
1 sendok makan mentega.
Saos lada hitam secukupnya.
Brokoli secukupnya.

Cara memasak:
Potong daging sapi sesuai selera, Kupas mangga, bawang bombai, brokoli, apel dan cabe manis lalu potong sesuai selera juga, kemudia rebus brokoli sampai matang, kemudian angkat dan masukkan/rendam dengan air dingin, agar tetap menghasilkan warna aslinya. Kemudian panaskan periuk masukkan mentega dan di ikuti daging sapi. Aduk pelahan lahan kurang lebih 5 menit masukkan bawang bombay dan cabe manis, aduk lagi beri sedikit air dan tutup periuk, biarkan kurang lebih 5 menit, jika sudah naik bau buka tutup periuk masukkan saos lada hitam dan masukkan potongan mangga dan apel, aduk pelahan lahan dan matikan api. Kemudian siapkan piring susun rapi brokoli yang sudah direbus tadi lalu taruh masakkan diatas susunan brokoli dan siap saji dengan nasi hangat hangat tentunya.

Nah, begitulah cara yang sangat mudah, simple dan lezat rasanya. Selamat mencoba dan semoga bermaanfaat untuk kita semua, khususnya untuk ibu-ibu rumah tangga.