Header Ads

  • Berita Terkini

    Tips Sederhana untuk Membangun Rasa Percaya Diri


    Memiliki rasa percaya diri bukan perkara mudah. Maka tak heran banyak orang mencari tips meningkatkan rasa percaya diri, mungkin kamu salah satunya? Jika jawaban kamu adalah ya, kamu datang ke tempat yang tepat. Di postingan ini akan kami sampaikan sejumlah tips meningkatkan rasa percaya diri.
                                   

    Bukan hanya itu, tips yang akan kami sampaikan sangat sederhana, namun telah teruji mampu menigkatkan rasa percaya diri. Maksudnya begini, tips ini sangat sederhana, jadi mudah untuk dipraktekkan dan yang terpenting telah teruji.

    Perlu disadari, bahwa rasa percaya diri memainkan peran penting untuk mencapai sebuah keberhasilan dan kebahagiaan. Seperti yang diungkap beberapa penelitian, bahwasanya soft skill memiliki peranan yang besar (mencapai 80%) dalam menentukan keberhasilan seseorang. Sehingga sangat penting untuk memiliki keyakinan pada diri sendiri untuk mencapai sukses. Selain itu, orang yang percaya diri juga tahu bagaimana cara mengambil lebih banyak kenikmatan dari prestasi mereka.

    Berikut adalah tips untuk membangun rasa percaya diri. Kami tidak ingin mengatakan tips ini sangat mudah untuk dipraktekkan, sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu singkat. Namun kami yakin kamu mampu melakukannya, selama memiliki niat dan bersungguh-sungguh. Karena tipsnya sangat sederhana, mudah diaplikasikan dan telah teruji.


    Tips Membangun Kepercayaan Diri


    • Gagal Lebih Sering.
      Semakin sering kamu mengalami kegagalan, maka kamu akan lebih percaya diri. Mengapa? Karena kamu dapat belajar dari pengalaman tersebut untuk meningkatkan rasa percaya diri, sehingga lebih baik lagi dan berhasil kedepannya.
    • Melacak Prestasi.
      Buatlah daftar keberhasilan besar maupun kecil. Hal ini akan membantu kamu untuk melihat kemampuan dan membandingkannya dengan waktu-waktu sebelumnya. Sehingga kamu akan percaya diri karena melihat adanya kemajuan dalam kehidupan.
    • Bandingkan dengan Diri Sendiri. 
      Berhenti untuk terus membandingkan diri terhadap orang lain, karena pasti mereka akan selalu memiliki nilai lebih. Untuk itu jika ingin membandingkan, bandingkanlah dengan diri sendiri. Caranya seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya.
    • Perhatikan Penampilan.
      Terkadang rasa percaya diri muncul disebabkan oleh penampilan. Oleh karena itu, perbaiki penampilan kamu. Tidak perlu menggunakan pakaian yang modis, cukup berpenampilan rapi saja sudah lebih dari cukup. Bangun kebiasaan ini agar kamu bisa lebih percaya diri.
    • Tersenyum.
      Orang dengan kepercayaan diri yang rendah cenderung lebih sulit untuk tersenyum. Oleh karena itu, tersenyumlah ketika bertemu dengan orang lain. Kamu bisa tersenyum saat berdiri, duduk, dan maupun ketika sedang melakukan aktivitas. Ini adalah pendorong rasa percaya diri yang instan.
    • Belajar. 
      Semakin banyak pengetahuan yang kamu miliki, maka kamu akan semakin percaya diri. Pengetahuan adalah modal yang besar untuk meningkatkan rasa percaya diri.
    • Kebugaran.
      Kamu pasti akan lebih percaya diri saat tubuh kamu dalam kondisi bugar. Maka dari itu penting untuk selalu menjaga kebugaran diri kamu. Selain baik untuk kesehatan, ini juga sangat baik untuk menjaga kondisi mental.
    • Memulai Percakapan.
      Mungkin bagi kamu yang kurang percaya diri, berada di lingkungan orang baru terasa kurang nyaman. Maka dari itu, sebaiknya kamu menyapa mereka lebih dahulu, agar rasa tidak nyaman tersebut hilang dan kamu akan lebih percaya diri.
    • Buat Target.
      Buatlah target yang terukur agar lebih mudah dan lebih cepat untuk dicapai. Hal ini akan memberikan dorongan untuk mencapai tujuan yang lebih besar.
    • Lakukan Kerja Sama.
      Jika kamu memiliki tugas yang sulit untuk dikerjakan, kamu bisa meminta bantuan orang lain. Hal ini bertujuan agar kamu tidak merasa terbebani yang akan menurunkan kondisi mental kamu.
    • Berkumpul dengan Orang yang Percaya Diri.
      Menjalin hubungan dengan orang-orang yang memiliki rasa percaya diri akan membuat kamu memiliki hal yang sama. Jadi berkumpulah dengan mereka, agar kamu dapat menjadi sosok yang percaya diri seperti mereka.
    • Menjadi Diri Sendiri.
      Rasa percaya diri hadir dalam diri karena adanya sikap menerima diri sendiri, baik kelebihan maupun kekurangan. Oleh karena itu, jadilah diri sendiri apa adanya, terimalah segala kelebihan dan kekurangan dan syukuri kehidupan kamu.
    • Gunakan Naluri.
      Ketika kamu percaya pada nalurimu dan mendengarkan perasaan hati, kamu akan menjadi lebih percaya diri. Hal ini karena kamu akan tahu apa yang tepat untuk dirimu.
    • Berlatih.
      Berlatih keterampilan yang kamu butuhkan untuk meraih sebuah berhasilan. Semakin banyak berlatih, tentu kamu akan semakin percaya diri. Hal ini berlaku untuk semua jenis keterampilan.


    Keyakinan atau rasa percaya diri akan membantu kamu untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, dari sisi personal maupun profesional. Hal ini juga mendorong kamu untuk menjadi lebih berani dalam mengambil lebih banyak tantangan, dan meningkatkan keterampilan. Sebagai manfaat tambahan, kamu akan menarik perhatian dari orang-orang di sekitar kamu dan akan mendapat kesan yang positif.

    8 komentar:

    1. Dari beberapa yg diterakan ada dua yg sangat dominan utkku, Penampilan dan Bergabung dg mereka yg memiliki rasa percaya diri, ini sangat membantuku dan sdh aku buktikan dlm keseharian aktifitasku
      top deh hehe

      BalasHapus
    2. Saya setuju sama yang pertama. Kegagalan justru malah membuat semangat dan rasa percaya diri makin greget :)

      BalasHapus
    3. Pengetahuan yg cukup ditambah keberanian yang cukup pula,

      Terimakasih atas tipsnya,sangat bermanfaat.

      BalasHapus
    4. Kelihatannya memang cukup sederhana dan mudah untuk diterapkan tapi untuk memulainya mungkin itu yg sulit, hehe! terimakasih tipsnya mba doakan aku ya biar pede.

      BalasHapus
    5. tp yang g kalah pntingnya yaitu berdoa, apalagi sperti doanya nabi musa saat mengemban tugas yang sangat berat untuk berda'wah pada fir'aun saat itu beliau kurang percaya diri dan beliau berdoa "ROBBISROHLI SHODRI WAYASSIRLI AMRI WAHLUL UQDATAN MIN LISANI YAFQOHU QOULI"

      BalasHapus
    6. Agak banyak ya yang harus dilakukan, jujur ya saya tipe orang yang kurang percaya diri. Mungkin itu karena sifat saya yang lumayan tertutup dan pendiam.

      BalasHapus
    7. Biasanya kalau saya lebih sering menggunakan naluri untuk hal yang satu ini.
      Jika berkumpul dengan teman yang memiliki kepeecayaan diri tinggi maka otomatis kepercayaan diri kita juga jadi tinggi, seperti tersambung walau tanpa kabel 😸 👍

      BalasHapus
    8. Wah.. Ini nih yang perlu aku pelajari dan terapkan. Soalnya aku terlalu nggak percaya diri kalau sedang berhadapan dengan orang lain. Hehe
      Apa mungkin karena sifatku yg seperti sifat Non Anggi, ya. Wkwkwk

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.