Recents in Beach

Resep Jengkol Balado

 Nelisa17.com - Jengkol yang dikenal dengan baunya tak sedap, namun jengkol mampu membuat lidah kita ketagihan untuk merasakan kenikmatan setiap gigitan. Oleh karena jengkol banyak di gemari oleh masyarakat pada umumnya meskipun baunya tak enak. Bahkan jengkol adalah termasuk makanan kesukaan saya sendiri.


Jengkol pun bisa di masak bervariasi sesuai keinginan kita, seperti di semur, rendang, balado dan masih banyak lagi variasinya. Jika kita bisa memasaknya maka bau jengkol yang kurang enak berubah menjadi masakan yang luar biasa harumnya, sehingga menggugah selera makan kita.

Untuk itu , kali ini saya akan menuliskan resep jengkol balado yang dapat menjadikan teman santap kita dengan sepiring nasi hangat.

Resep Jengkol Balado 



Bahan-bahan: 
 
500 gram jengkol
250 gram cabe merah
15  buah cabe rawit
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah kemiri
2  buah tomat
2 lembar daun salam
Gula merah secukupnya
Garam dan penyedap rasa secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara memasak: 

✓ Rebus jengkol selama 30 menit, setelah empuk tiraskan dan pukul biar jengkol agak memar

✓ Lalu rendam jengkol semalam dan buang airnya dua sampai tiga kali.

✓ Kemudian bilas berkali-kali dan tiraskan. Potong menjadi dua atau tiga bagian. Atau sesuai selera.

✓ Haluskan cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri dan tomat.

✓Setelah bumbu semuanya halus, panaskan minyak , masukan bumbu yang sudah dihaluskan bersama gula merah garam, penyedap rasa dan daun salam aduk-aduk sampai bau harum.

✓ Kemudian masukan jengkol beri sedikit air dan aduk biarkan kurang lebih 5 menit atau sampai bumbu meresap. 

✓ Selanjutnya Jengkol balado siap saji dengan nasi hangat.

Selamat mencoba...

Posting Komentar

16 Komentar

  1. Nyam nyam kelihatannya enak apalagi kalau memasaknya dicampur sedikit wyne atau sake, iya dicampur minuman itu 🤣 gak kok becanda tapi bener lho kemarin aku lihat orang memasak dicampur kopi 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. apa ya rasanya kalau di campur kopi, nanti tak cobanya.🤣

      Hapus
    2. Kopi luwak putih, sedikit sih dimasukinnya 😆

      Hapus
    3. Klau aku sih kopi luwak putih disedu buat tombo ngantuk 🤣

      Hapus
  2. Jengkol, makanan yang kata orang enak tapi....

    BalasHapus
  3. Wah hampir sama dengan masakan istriku, cuma bedanya ngga dipotong-potong jengkolnya.

    Cuma memang jarang sekali masak jengkol, baunya itu lho kalo buang air.🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... bikin aroma kamar mandi wow.. ya pak 🤣

      Hapus
  4. wow, resep jengkol balado, makanan enak nih, salam kenal teh, saya kuanyu, blogger from bangka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya manakan bikin havisin nasi.. hehe
      Salam kenal kembali ya.

      Hapus
    2. Salam kenal juga, saya blogger dari Cikande mbak.😃

      Hapus
  5. Ini nih, menu favorit nomor satu bagi saya, semenjak zaman dahulu kala saya fans berat semur jengkol balado, hahaha..

    Dulu waktu masih tinggal di Bogor malah punya pohonnya, jadi kalau pas kepengen tinggal metik sendiri di belakang rumah 😋😋😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mang.. dulu saya gak suka jengkol tapi sekali nyobain malah jadi makanan kesukaan. 😂

      Hapus
  6. balado jengkol salah satu makanan favorit saya..

    kalo bisa bikin sendiri enak rasanya ga perlu beli yang mateng di warteg

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas masakan sendiri lebih mantap..

      Hapus