Home Top Ad

Manfaatkan THR dengan Cerdas

Share:
THR singkatan dari tunjangan hari raya, pada umumnya akan diterima oleh orang-orang yang sudah bekerja, baik pekerja swasta maupun negeri pada menjelang lebaran tiba. Biasanya THR akan dihitung lebih besar dari gaji pokok yang diterima setiap bulan. Jadi jika kamu memiliki gaji yang lumayan banyak pastinya THR pun bisa bikin dompet menebal.

Terkadang kita pun bigung untuk menggunakan THR tersebut, dan bahkan uang THR hanya lewat bagaikan air entah kenana perginya. Agar THR bisa tetap bertahan dalam dompet, maka kita harus cerdas untuk menggunakannya, namun sebagai manusia yang penuh dengan godaan dan biasanya melihat promo diskon, tetangga beli ini dan itu menjelang lebaran kita pun ikut-ikutan.



Tanpa kita sadari THR yang kita terima habis tanpa tujuan pasti. Namun jangan khawatir bagi kamu yang kebetulan membaca artikel ini maka THR kamu dapat digunakan dengan baik. Karena saya akan membagikan 5 cara memanfaatkan THR dengan cerdas dan bijak. Berikut diantaranya.

1. Buat anggaran belanja

Menjelang lebaran biasanya selalu diwarnai godaan diskon di berbagai pusat perbelanjaan online maupun offline. Jika kita tidak bijak berbelanja, uang THR bisa habis begitu saja.

Maka dari itu sebelum berbelanja, pastikan membuat anggaran terlebih dahulu. Barang apa saja yang akan dibeli, dan berapa dana yang bisa kita gunakan. Dengan begitu uang THR akan tetap tenang di dalam dompet.

2. Buat anggaran mudik

Mudik juga perlu membuat anggaran jika tidak maka kita pun tak bisa balik, karena kehabisan uang.

Saat ini membuat anggaran mudik jauh lebih mudah, karena tiket dapat dipesan jauh-jauh hari secara online. Promo pembelian tiket pesawat, bus, dan kereta api dapat kita manfaatkan asal kita harus jeli. Jadi dengan begitu maka kita masih bisa menyisihkan dana untuk membeli oleh-oleh dan bahkan dana untuk jalan-jalan bersama keluarga saat tiba kampung halaman.

3. Buat anggaran menabungan

Daripada membeli baju baru atau gadget baru lagi, lebih baik masukkan uang THR ke tabungan. Tanyakan pada diri sendiri, apakah barang-barang baru benar-benar dibutuhkan saat ini. Kebutuhan atau keinginan? Jangan hanya cuma untuk buat gengsi.

Jika jawabannya tidak butuh, anggaran belanja bisa dialihkan ke tabungan. Sekali-kali biarkan tabungan bertambah dan stabil saldonya. Hal ini juga dapat untuk berjaga-jaga ketika usai liburan kita kehabisan uang pegangan.

4. Buat anggaran bayar tagihan

Bayar tagihan juga harus kita buat anggaran karena pada saat liburan kita masih tetap bisa membayar tagihan, biasanya kita memiliki tagihan listrik, air, kredit motor maupun mobil, dan bahkan sewa rumah. Jadi jika kita membuat anggaran uang THR kita bisa bermanfaat untuk meringankan beban kita tanpa harus menggunakan gaji pokok perbulannya.

5. Buat anggaran membayar Zakat

Kita sebagai umat muslim pada umumnya, diwajibkan untuk membayar zakat saat menjelang lebaran. Dan kewajiban ini kita pun harus menyisihkan uang untuk membayarnya. Jangan sampai kita lupa, dan jika bisa kita dapat lebih sedekah dan berbagi, karena banyak sedekah kita akan mendapatkan pahalanya nanti disana. Untuk itu agar kita bisa membayar zakat dan bisa lebih bersedekah anggaran pun harus kita buat.

Nah, bagi kamu yang sudah membuat anggaran, lanjutkan pada tujuan, dan yang paling penting adalah manfaatkan dana tambahan ini untuk sesuatu yang bermanfaat. Namanya uang, berapapun banyaknya pasti habis. Jadi besar kecilnya THR kita tergantung bagaimana kita mengaturnya. Syukuri, kemudian manfaatkan dengan cerdas dan bijak.
Advertisement

10 komentar:

  1. wah, betul juga sih THR harus di atur agar tidak mudah habis.
    kira-kira dapat THR ga ya dari Admin he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana kalau kita tukaran THR? Mas Indra kasih ke saya dulu THR, kemudian saya kasih mas Indra tapi cuma aplopnya saja. Hehe

      Hapus
  2. Wah, tapi saya ga dapet THR nih. hihihihi. Selamat aja deh bagi yang dapet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas saya juga nggak dapet.. hehe

      Hapus
  3. THR itu anugerah, maka berbahagialah. Karena kita sengsara bila THR tidak turun… *nyanyi

    Mbak Lisa betul, THR itu kadang bikin bingung 😖 mau diapain, nah dengan tips tips bermanfaat di atas kita jadi gak bingung lagi, malah makin mudah mengaturnya.

    Semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih bijak dalam mengelola uang 💰 THR yang datangnya hanya setahun sekali ini.

    BalasHapus
  4. Amin, semoga bisa menjadi pribadi yang bijak untuk memanfaatkan uang THR ya, mang. Hehe

    BalasHapus
  5. Kalau saya lebih milih buat nabung aja dan disisihkan buat zakat. Soalnya sayang banget kalau mesti dibelanjaan yang banyak kalau masih ada barang yang bisa dipakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pilihan yang bijak, mas. Hehe

      Hapus
  6. saya belum dapat THR nel, nunggu ada yang ngasih, btw partneran blog yok sesama mantan mwb. blogku weare dot id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau sudah ada yang ngasih bagi2 ya.. hehe

      Ok..

      Hapus