Home Top Ad

Rumah Tangga Bahagia Lakukan 5 Hal Ini

Share:
Rumah tangga bahagia adalah salah satu idaman semua orang. Meskipun terkadang dalam rumah tangga terdapat konflik berkepanjangan, namun bukan arti hubungan rumah tangga akan berakhir begitu saja. Tentu saja tidak. Ada dua modal besar untuk memiliki hubungan yang sehat, yaitu, mencintai dan menghormati pasangan. Untuk mendapatkannya, kita perlu mengetahui 5 hal yang akan membuat kita dan pasangan saling mencintai dan menghormati, sehingga mampu membangun hubungan yang sehat dan membawa kebahagian sampai pada akhirnya.

Berikut adalah ulasan ke 5 hal tersebut, untuk diketahui sehingga hubungan kita mampu membawa hubungan yang sehat.



1. Komunikasi

Kita mungkin terbiasa dengan komunikasi yang konstan dengan pasangan. Berkomunikasi dalam hubungan sangat penting karena untuk memastikan kita berdua berada pada pemahaman dan tujuan yang sama. Komunikasi konstan adalah salah satu hal yang membuat hubungan menjadi sehat.

2. Jadikan menghargai sebagai kebiasaan

Menghargai antara pasangan sangat penting. Hal ini karena ketika kita saling menghargai, akan meminimalisir konflik dalam hubungan. Pasangan yang memahami hal ini, mereka akan memiliki hubungan yang sehat. Syukuri apa yang diberikan dan dilakukan pasangan terhadap kita, bahkan untuk hal-hal terkecil sekalipun sebagai bentuk penghargaan. Dengan demikian, pasangan kita juga akan melakukan hal yang sama.

3. Berargumen secara normal

Setiap orang memiliki hak untuk menyatakan pendapatnya. Namun ketika berargumentasi (berdebat) dengan pasangan terkait suatu hal, kita harus melakukannya secara normal. Karena jika kita melakukannya dengan membabibuta, ini akan membuat hubungan kita dan pasangan menjadi buruk. Nyatakan pendapat dengan baik-baik, jangan sampai menyakiti hatinya, karena akan merusak hubungan yang telah lama dijalin. Seperti kata pepatah; Ketika terjatuh karena kaki terpeleset, maka fisik yang sakit. Namun, ketika seseorang terpukul perkataan, hatilah yang akan sakit.

4. Nikmati kebersamaan

Menikmati kebersamaan bersama pasangan sangat penting. Nikmatilah kehidupan ini bersama pasangan kita, bahkan dalam keadaan terburuk sekalipun. Jangan terlalu banyak mengeluh dengan pasangan, karena kurang baik untuk sebuah hubungan. Jika memungkinkan justru lakukanlah hal yang sebaliknya, namun ini bukan berarti kita tidak boleh mengeluh dengan pasangan.

5. Lakukan apa yang kita sukai

Lakukanlah apa yang menjadi kesukaan kita, namun kita harus tetap memperdulikan pasangan. Jangan sampai kita dan pasangan bertengkar hanya karena hal yang sepele. Nikmati apa yang kita dan pasangan lakukan. Tidak perlu memberikan kritikan berlebih, berikan saja secukupnya itupun jika diperlukan.

Itulah 5 hal yang akan membuat rumah tangga kita menjadi lebih baik, lebih sehat dan lebih romatis dari sebelumnya. Memang terlihat sangat sederhana, namun terbukti mampu membangun hubungan yang sehat dan membawa kebahagiaan bagi mereka yang mengalaminya.
Advertisement

16 komentar:

  1. Ternyata cukup simple ya untuk menjadikan rumah tangga bisa bahagia. NIce share...

    BalasHapus
  2. Komunikasi itu sangatlah penting. Dalam pemahaman dan tujuan yang sama ,agar tetap selaras.

    BalasHapus
  3. Insya Allah saya akan berusaha melakukan kelima Point diatas agar kehidupan rumah tangga yang saya jalani sekarang bisa tambah harmonis lagi...makasih atas tipsya Mba...

    BalasHapus
  4. Wah sebagai calon kepala rumah tangga, wajib baca ini nieh...
    Apalagi yang nomer 02.

    Gmna kabarnya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas wajib dibaca.. hehe

      Alhamdulilah kabar sehat.

      Hapus
  5. komunikasi menjadi kunci utama ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, karena tamnpa komunikasi pastinya nggak bisa bobo.. haha

      Hapus
  6. Kalau boleh nambahin, kata teman-teman gua sih, harus ada yang mau mengalahkan ego masing-masing, kebetulan gua belum berumah tangga, masih berumah keong, jadi banyak belajar aja sama teman-teman yang udah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. ya mas terkadang ego itu susah untuk dikalahkan tapi kalau berusaha pasti bisa..

      Hapus
  7. Wooww!! Sangat menarik!! 😄😄

    Kalau 5 diatas sudah diterapkan tapi masih pengen kawin lagi bagaimana itu mbak.? 😱😱😱🏃🏃🏃🏃🏃🏃🏃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih pingin kawin lagi itu artinya minta hukuman seumur hidup, mas... haha

      Hapus
  8. Komunikasi selalu menjadi point' pertama dalam sebuah hubungan. Karena hubungan yang baik berawal dari komunikasi yang baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, tanpa komunikasi hubungan akan hambar seperti sayur kurang garam ☺

      Hapus