Header Ads

  • Berita Terkini

    8 Kiat Menjadi Penulis Produktif


    Menulis kreatif adalah proses yang melelahkan, baik secara fisik maupun emosional. Kamu akan jauh lebih nyaman menulis di atas kursi, daripada menulis di tempat lain di dunia ini. Tapi menulis merupakan sebuah proses yang mengambil sebagian besar dari pemikiran seseorang, dan siapa pun yang telah mengalami kemacetan menulis akan mengerti apa yang saya maksud.




    Meski tidak ada ramuan ajaib yang dapat membantu seseorang menulis dengan lebih efisien (kecuali minum kopi). Namun, ada banyak cara dan trik yang dapat membantu seseorang dalam menulis kreatif. Mencapai batas maksimal menulis adalah kombinasi dari kerja keras, imajinasi, dan keinginan yang benar untuk menulis sesuatu, baik dengan topik lucu, dan menarik. Dalam beberapa tahun terakhir, saya mengumpulkan beberapa trik dan cara menulis kratif yang menjadikan saya penulis paruh waktu. Mungkin trik dan cara ini dapat membantu mereka yang sedang belajar menjadi penulis kreatif.

    1. Membaca Tanpa Henti

    Membaca merupakan hal penting bagi siapa saja untuk menjadi penulis yang lebih baik. Dengan membaca akan membuka pikiran seseorang yang sebelumnya tidak tahu, menjadi tahu dan akan memberikan wawasan baru tentang topik populer. Tidak peduli apa yang kamu baca, baik karya tulis fiksi maupun nonfiksi.

    Hal ini akan membuat kamu mendapat pengalaman hidup yang berharga. Sehingga kamu menjadi seorang penulis yang hebat. Ini dapat terjadi jika kamu rajin membaca dan berlatih menulis. Keduanya akan membuka cakrawala kita, karena belajar dari sebuah kenyamanan. Bukan hanya itu, membaca akan membuat kamu mendapatkan ide-ide segar dengan lebih mudah dan menemukan lebih banyak kosa kata baru.

    2. Menciptakan Lingkungan Tempat Kerja

    Ini tidak berarti bahwa kamu harus menulis di tempat yang sempurna atau ruangan khusus. Karena menulis adalah hal yang rumit, sehingga apa yang mungkin baik untuk orang lain, belum tentu baik untuk diri kita. Beberapa orang mampu menulis di sebuah warkop (warung kopi) yang ramai. Mereka menganggap warkop adalah tempat yang ideal untuk mengamati dan mengumpulkan ide-ide.

    Juga beberapa orang menemukan inspirasi dalam alunan lagu.  Sementara saya merasa tempat terbaik untuk mendapatkan ide saat berada di keheningan dan kenyamanan ruang kerja saya. Saya bahkan tidak suka kebisingan kota yang masuk melalui jendela rumah saya, sementara saya menemukan senandung suara dari kipas pendingin komputer yang menenangkan pikiran.

    Jadi, saran dari saya. Untuk mendapatkan tempat menulis yang ideal adalah dengan melakukan eksperimen (uji coba). Contohnya, hari ini menulis di tempat yang ramai dan besok menulis di tempat yang hening. Lalu temukan tempat terbaik untuk menulis. Lakukan eksperimen hingga menemukan tempat yang pas untuk menulis.

    3. Buat Ringkasan

    Apa pun yang akan kamu tulis, artikel pendek atau bahkan novel,  penting untuk memiliki rancangan atau garis besar dari topik yang akan ditulis. Dimana semua ide yang ada dimasukkan ke dalam sebuah ringkasan yang koheren.  Hal ini bertujuan agar karya tulis lebih mudah ditulis dan tulisan tidak keluar dari topik bahasan. 

    Selain itu, membuat ringkasan sebelum menulis akan memastikan bahwa semua yang ditulis sesuai topik. Hal ini juga untuk menghindari menulis hal-hal tidak penting yang akan membuat pembaca bosan dan hanya menambah jumlah kata. Karena menulis hal tidak penting dapat mengurangi kualitas dari karya tulis yang dibuat.

    4. Membawa Notebook atau Tablet Dimanapun Kamu Pergi

    Terkadang, beberapa hari bisa lewat tanpa memiliki ide untuk ditulis. Kamu mungkin memiliki inspirasi yang akan memberikan kamu ide sewaktu-waktu. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membawa notebook atau tablet kemanapun kamu pergi. Hal ini bertujuan ketika ada ide, bisa langsung ditulis, karena bila hanya diingat kemungkinan besar akan lupa.

    Ini adalah hal yang baik untuk tidak membebani pikiran agar terhindar dari stres. Saat datang ide-ide baru, kamu bisa langsung menulisnya sehingga tidak lupa. Jika ingin lebih praktis, kamu dapat menulis ide-ide yang muncul menggunakan aplikasi office di ponsel pintar kamu (Smartphone). Sehingga kamu dapat menulis dimanapun kamu mau, atau ketika ide muncul.

    5. Cobalah untuk Lepaskan Diri

    Mungkin kamu dapat menemukan ide baru dengan menyendiri. Cobalah untuk mematikan komputer, ponsel dan cobalah menyendiri untuk melakukan curah ide menggunakan pulpen dan kertas. Terkadang mencari ide online bisa cukup membatu, namun biasanya justru akan teralihkan oleh gambar dan video lucu dari Facebook dan YuoTube. Hal ini tentu akan menghambat kamu menemukan ide baru.

    6. Terima Blok Menulis

    Sebagai penulis, tentu kamu akan kehabisan ide dan akan terjebak dalam blok menulis (kemacetan menulis). Ini adalah fakta untuk semua penulis, yang terbaik adalah menerimanya. Itu semua akan berlalu, jadi tidak perlu panik karena hanya akan menciptakan lebih banyak rasa takut dalam pikiran.

    Hal terbaik yang dapat dilakukan ketika mengalami blok menulis adalah menunggu saja dan menggunakan waktu yang ada untuk membaca sesuatu yang baru atau  melakukan penelitian tambahan  untuk menemukan inspirasi baru. Hal ini penting karena relaksasi akan menyegarkan pikiran dan setelah beberapa hari jauh dari menulis, kamu akan memiliki semangat dan ide baru untuk memulai menulis.

    7. Cari Pengkritik Terpercaya

    Kamu bisa meminta siapa saja untuk mengkritik karya tulis kamu. Ini bisa teman baik, suami atau istri,  atau bahkan orang tua kamu. Dengan menemukan seseorang yang bersedia untuk membaca tulisan kamu dan memberi pendapat yang jujur akan memberikan wawasan yang sebelumnya tidak kamu ketahui. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kamu.

    Mungkin kamu bangga dengan karya tulis mu, namun kita harus belajar untuk menerima kritik dan menggunakannya secara efisien. Jika kamu berpikir bahwa kamu adalah yang terbaik, itu adalah sebuah kesalahan seorang penulis. Karena itu, menemukan seseorang untuk memberikan pendapat yang jujur tanpa motif tersembunyi adalah suatu hal yang bisa dicoba untuk meningkatkan kualitas karya tulis kamu.

    8. Percaya pada Diri Sendiri

    Salah satu aturan yang paling penting saat menulis adalah percaya diri. Kamu harus tahu bahwa kamu dapat berhasil menyelesaikan apa pun yang kamu tulis. Memiliki kepercayaan diri untuk terus menulis adalah hal yang baik. Jangan pedulikan jika ada orang yang mencibir karya tulis kamu, namun kamu juga harus menerima jika ada kritik atau saran dari orang lain yang bersifat membangun.

    Jika kamu terus-menerus meragukan diri sendiri, kamu tidak akan pernah memiliki kemampuan menulis, karena jika tidak percaya diri dalam menulis akan membuat kamu sulit untuk memulai. Menulis adalah sebuah keterampilan bukan bakat, jadi untuk menjadi penulis yang lebih baik harus banyak-banyak praktek. Apa pun yang kamu rasakan dalam hati, entah itu takut, malu atau lainnya. Lupakan itu semua dan mulailah menulis.

    Agar kamu menjadi penulis yang hebat sebaiknya banyak-banyak menulis dan membaca. Selain itu, berkumpul dengan orang-orang yang mendukung aktivitas kamu, dan membantu  mengatasi kendala datang. Berbekal rasa sabar dan tips-tips yang berguna, kamu akan menjadi seorang penulis kreatif yang hebat.

    24 komentar:

    1. untuk suasana, ya aku butuh keheningan jauh dr bising
      untuk ide memang bisa muncul kapan saja aku menyimpannya dlm catatan di ponselku
      sdgkan utk pengkritik aku butuh bantuanmu, bisa ya? Please help me *gaya memohon nih

      makasih utk bantuannya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Tentu saja, selagi saya bisa membantu dan melakukannya pasti dibantu, mbak. Hehe

        Hapus
    2. eeeh... mba lisa
      udah di import semua yah artikelnya ke blogger?
      domainnya juga udah di parkir tuh
      kenapa gak ikut nimbrung di NWB?

      trauma?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya sudah semua, mas. Tinggal terbitkan.

        Nimbrung di NWB nanti saja dulu,sekarang fokus dulu di kontrakan baru ini. Hehe.

        Sampean pindah kemana?

        Hapus
    3. terimakasih tipsnya mba nel.. semoga bermanfaat :)

      BalasHapus
    4. Lucunya kalau mikir nyari ide itu nggak muncul-muncul mbak, tapi kalau lagi nggak mikir tiba-tiba muncul :D

      BalasHapus
    5. wah, kita ketemu lagi di sini mbak. ok, semoga nyaman di rumah barunya. jangan lupa juga mampir. saran dan tulisannya sangat baik dan inspiratif.

      BalasHapus
    6. saya juga di blogger kok cuma karna kita ngga punya pc lebih sering ke NWB
      nanti domain juga mau tak parkirin ke blogger aja
      jadi misah-misah gini yah user MWB hadeh

      BalasHapus
    7. Menurut saya untuk bisa menjadi penulis yang produktif ya harus jadi pengangguran dulu, dengan begitu kan jadi punya banyak waktu untuk menulis :D

      Blog tante lis keren lho, suer.

      BalasHapus
    8. ya mungkin ada benarnya dari 8 tips menulis ini.., kalau aku simpulkan 8 kiat menjadi penulis ini tidak jauh beda sama seorang pelukis.., menurutku hampir sama., sama2 punya imajinasi yg luas dan cukup tinggi untuk membuat sebuah karya..

      Makasih buat infonya.

      BalasHapus
    9. Cieeeee yang baru ngungsi langsung berkarya :-D

      BalasHapus
    10. aku lg nunggu di kritik tulisanku nih, biar hasilnya bagus seperti tulisanmu say

      BalasHapus
    11. Terimakasih kiatnya mba, tapi jangan terlalu produktif juga nanti jari2 bisa pegal dan kesemutan :D

      BalasHapus
    12. kiat nomer 8 yg paling berkesan bagi saya, soalnya selama ini gk PD banget soal tulisan yg saya share :(

      BalasHapus
    13. pertama saya menulis memang agak tidak PD dengan tulisan saya, namun setelah membaca referensi dari berbagai blog ternyata jujur dan menjadi diri sendiri akan jauh lebih baik:D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul sekali, mas, awalnya memang begitu, tapi lama2 pasti akan nyaman dengan tulisan sendiri.

        Hapus
    14. Proses kreatif menulis bisa terjadi di mana saja. 8 tips yg tertulis di atas makin meyakinkan saya, bahwa masih banyak hal yg harus sy pelajari untuk menjadi produktif.
      Makasih share nya mbak Nel..

      BalasHapus
    15. Semua diatas kalau dipaktekkan bisa mejadi tulisan yang menarik dan membuat pembaca nyaman. Saya pribadi masih blm bisa menghasilkan tulisan yang baik.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Percaya diri pasti kamu bisa. Hehe

        Hapus
    16. Buat kk Lisa.. kenalin say Nurhikmah siswa sma bgaimana ya trik menulis buat pemula baaangettt....

      BalasHapus
      Balasan
      1. Salam kenal kembali. Trik menulis buat pemula, yang kamu maksud pemula ngeblog atau menulis yang bagaimana?

        Hapus
    17. Cocok banget nih untuk pemula kaya saya

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.