Header Ads

  • Berita Terkini

    6 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kebahagiaan




    Menjaga pikiran yang bahagia sangat sulit dilakukan. Hubungan, dunia kerja, lingkungan sosial dan lain-lain adalah alasan mengapa kamu sulit bahagia. Kamu seolah-olah berada pada suatu ruangan yang sulit, sehingga membuatmu selalu murung. Bahkan mungkin, kamu sulit untuk merasakan kebahagiaan.


    Perasaan tidak bahagia sebenarnya disebabkan oleh diri sendiri. Dimana kita tidak memiliki waktu untuk diri kita, dan terus berfokus pada hal-hal yang membunuh rasa bahagia itu sendiri. Ini artinya, kebahagiaan bisa kita rasakan dengan cara yang cukup sederhana. Setidaknya ada 6 cara untuk menenangkan pikiran, agar dapat hidup lebih bahagia.


    1. Tidur

    Siapa yang tidak suka dengan tidur siang, baik dua puluh menit atau dua jam? Ketika kamu terbangun dari tidur, pikiran akan terasa segar, meski hanya tidur yang relatif tidak lama. Bahkan, ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara suasana hati kamu dengan berapa banyak tidur yang kamu dapatkan.

    Jadi, sangat masuk akal jika tidur yang sempurna meningkatkan kebahagiaan seseorang. Saat kamu merasa jenuh, bosan dan tidak bahagia, kamu bisa mencoba untuk tidur sejenak. Lupakan semua, pikiran yang membelenggu dan mulailah untuk menutup mata kemudian tidur. Sehingga ketika terbangun, semua pikiran kamu menjadi lebih segar.


    2. Berjalan Menjelajahi Alam

    Coba pikirkan kembali saat-saat kamu menjelajahi alam yang indah. Bisa saat kamu jalan-jalan menelusuri hutan atau berjalan-jalan melihat indahnya suasana pantai. Suasana alam yang indah mampu menenangkan jiwa. Banyak ilmuan yang setuju tentang lingkungan yang mempengaruhi suasana hati seseorang. Berada di bawah terik matahari, kicauan burung, dan semilir angin lembut dari pohon dapat menenangkan suasana hati yang lelah.

    Hanya dengan berada di tempat yang indah akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan menikmati hidup yang sesungguhnya. Hidup bukan tentang masa lalu yang kelam dan masa depan yang muram. Tapi hidup adalah tentang kita di saat ini. Orang-orang yang hidup saat ini, umumnya cukup bahagia.


    3. Tertawa

    Tertawa sampai menangis adalah sebuah gambaran dimana orang sangat bahagia. Ini bisa karena melihat sesuatu yang lucu, hingga seseorang berada pada posisi sangat bahagia dalam hidupnya. Fakta tentang tertawa adalah ketika kamu tertawa, itu merangsang bagian otak yang mengontrol kebahagiaan. Tertawa solid dengan sekelompok teman-teman selalu terasa begitu baik ketika itu terjadi.

    Tertawa akan membawa seseorang menjadi lebih bahagia. Jadi, untuk hidup yang lebih bahagia, kamu bisa mencoba hal ini. Namun jangan tertawa sendiri tanpa sebab. Kamu bisa mencoba tertawa ketika melihat acara komedi di televisi atau video di YouTube. Selain itu, kamu juga dapat berkumpul dengan orang-orang humoris.


    4. Menikmati segarnya Air Laut

    Bayangkan ketika kamu berada di tepi laut. Merasakan angin yang menerpa wajah, gemuruh ombak yang menghilangkan pikiran stres dan luasnya lautan yang memanjakan mata. Pemandangan disekitar laut yang indah akan menghilangkan penat dalam pikiran seseorang. Sehingga lebih bahagia ketika itu, dari saat-saat lainnya.

    Jadi untuk menikmati hidup yang lebih baik. Kamu bisa menyempatkan waktu untuk pergi ke pantai paling tidak sebulan sekali. Atau bisa juga menggunakan akhir pekan sebagai sarana memanjakan jiwa yang lelah setelah bekerja dalam sepekan.


    5. Pernapasan

    Melakukan pernapasan (relaksasi) dapat menekan pikiran seseorang. Jika kamu sedang marah dan stres,  segera tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Saat mengeluarkan napas, nikmati semua yang ada. Pernapasan sederhana ini telah terbukti mampu menekan pikirkan stres di kehidupan modern.


    6. Mandi

    Berapa kali kamu menarik napas dalam-dalam ketika sedang mandi? Saat air mengalir di punggung, ketika itulah semua penat di pikiran hilang. Air juga menghasilkan efek mengejutkan pada suasana hati. Selain itu juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

    Dengan melakukan satu atau lebih dari 6 cara diatas dapat mengurangi tingkat stres pada pikiran dan menyenangkan suasana hati. Oleh karena itu, gunakan satu atau lebih dari 6 cara di atas untuk meningkatkan kebahagiaan. Lakukan secara bertahap, hingga kamu benar-benar bahagia dan menikmati hidup yang berliku-liku ini.

    10 komentar:

    1. Yaa!! Memang Bahagia itu tak meski dengan suatu kemewahan ya non & mungkin 6 kiat diatas bisa dijadikan sesuatu yang menarik untuk Bahagia heehee!!!

      Bahagia itu sederhana. sederhana sekali jika kita mau menerimanya...jiwa-jiwa yang rendah hati senantiasa melahirkan derai-derai
      kebahagiaan.

      Sederhana itu ketika kita hidup apa adanya. Tidak berpura-pura: kaya, pintar, bahagia, bijaksana, & kepura-puraan lainnya.

      Heehee Lebay amat gw yee!!

      BalasHapus
    2. nah jadi jelaslah bahagia itu ada pada diri kita sendiri, kadang kita melupakan ini. Sibuk pada hal yang membunuh kebahagiaan sangat menyedihkan sekali

      lakukan hal sederhana dan dapatkan kebahagiaanmu!

      BalasHapus
    3. Fantastic ! I’m very happy today, Nona.

      Ya, mungkin ada beberapa hal yang jarang saya terapkan. Taruh saja, mandi, hehe...saya melakukannya seminggu sekali.

      BalasHapus
    4. Dari ke enam point untuk meningkatkan kebahagiaan di atas, point nomor 2 & 4 yang aku suka.
      Entah kenapa, aku suka dan bahagia banget ketika menikmati pemandangan alam.

      BalasHapus
    5. dari semua 6 poin yang di atas aku suka., seperti tidur siang.., aku selalu membiasakan tidur siang., walau gak sampai 1 jam, 30 menit saja sudah membuatku fres.

      BalasHapus
    6. seperti nasehat dari orang dulu..

      Dunia mu adalah dunia alam pikiranmu....
      Jadi berpikir dan mengingat yang baik2 sajalah...
      Maka dunia mu menjadi menyenangkan. ...


      Begitu katanya lho mbak.... :)

      BalasHapus
    7. Nikmati hidup dan bikin enjoy aja.

      BalasHapus
    8. Cukup sederhana ya karena memang itu kebiasaan kita sehari2, tapi untuk cara 2 & 4 mungkin jarang tapi demi kesehatan ga ada salahnya lebih sering2 lagi :D

      BalasHapus
    9. Tidur ama mandi yg paling sering saya lakukan buat recharge emosi. cukup berhasil karena udah biasa. tapi mandi kayaknya boleh dicoba, selain bikin kembali senang, sekalian bikin wangi..

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.