Header Ads

  • Berita Terkini

    10 Cara Refreshing untuk Menghilangkan Pikiran Stres




    Stres adalah posisi dimana pikiran seseorang sedang kacau. Sayangnya banyak dari mereka justru melawannya, ini bukan pilihan terbaik, karena akan membuat anda tambah stres. Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan melawannya, namun melupakannya dengan cara refreshing.

    Peningkatan denyut jantung, dan nafas terasa berat, adalah salah satu gejala stres. Melawan atau meresponnya justru akan membuat anda tambah stres. Hal ini bisa disebabkan oleh pasangan yang marah, kemacetan lalu lintas, kesulitan di tempat kerja, atau hal-hal lain. Stres kronis dapat menyebabkan masalah yang lebih besar seperti sakit kepala kronis, hipertensi, dan depresi atau gangguan kecemasan, serta dapat membuat kondisi yang ada menjadi lebih buruk.

    Untungnya ada banyak cara refreshing yang akan menurunkan stres anda. Berikut ada 10 cara yang mungkin bisa anda coba. Kesepuluh cara ini sangat efektif untuk mengurangi stres. Dimana 5 dari 7 orang telah berhasil menurunkan stres mereka menggunakan salah satu cara refreshing ini. Berikut adalah kesepuluh cara tersebut.

    1. Bersyukur

    Setiap pengalaman buruk meninggalkan sesuatu hal yang kurang baik pada pola pikir manusia. Namun, perlu anda sadari, bahwa disetiap kejadian, bahkan di kejadian buruk sekalipun. Anda akan menemukan sesuatu yang berharga tentang diri anda atau orang lain yang akan membantu anda di kemudian hari.

    Sadarilah apa yang telah anda pelajari, dan bersyukur untuk semua hal yang anda tahu. Anda kemungkinan akan berada di situasi yang sama di kemudian hari. Dengan mensyukuri, anda akan memiliki perspektif yang baru untuk hal tersebut.

    2. Temukan Tempat yang Ada Banyak Tanaman

    Dengan berada di sebuah tempat yang penuh dengan tanaman, dapat menurunkan tekanan darah  dan membantu anda menenangkan diri. Hal ini sangat baik untuk menurunkan stres. Anda dapat mencari tempat tersebut disekitar rumah anda, taman bisa jadi pilihan yang cukup baik.

    Lakukan hal ini ketika anda mengalami stres. Suasana hijau, indah dan asri akan memanjakan mata anda, sehingga pikiran akan menjadi lebih tenang. Bukan hanya itu, udara segar pun akan membantu anda menghilangkan stres.


    3. Puji Orang Lain

    Saat merasa stres ada baiknya anda memuji orang lain bukan justru menunjukan rasa sentimen anda pada mereka. Karena telah ditemukan bahwa ketika kita meluangkan waktu untuk memberikan orang lain dorongan, mereka akan melepaskan hormon-hormon kedalam otak kita yang akan membuat kita merasa lebih baik. Saat memberikan pujian, sangat dibutuhkan fokus dari diri kita sendiri untuk menunjukkan rasa positif pada orang lain. Trik nyata untuk hal ini adalah dengan memberikan pujian yang tulus. Sehingga apa yang anda katakan begitu berarti.

    4. Hidup di Saat Ini

    Mengingat kesalahan masa lalu atau cemas tentang masa depan merupakan sumber besar yang menyebabkan orang stres. Oleh karena itu, lupakan masa lalu yang kelam dan jangan cemaskan masa depan, hiduplah di saat ini. Fokuskan pikiran anda pada apa yang sedang dilakukan atau pada apa yang sebenarnya terjadi sekarang.


    5. Baca Catatan Inspirational

    Tidak peduli seperti apa situasi anda, tidak perlu ragu tentang kutipan besar yang ada dan telah menghiasi dunia. Silahkan cari kata-kata dari penyair, pemimpin besar, dan filsuf untuk meningkatkan semangat anda. Sehingga anda terhindar dari stres, dan hal ini akan meningkatkan motivasi anda. Anda dapat menemukan banyak catatan inpirasi dari mereka di internet secara gratis.

    6. Minum Kopi

    Kopi memberikan stimulasi feromon, yang menyebabkan perasaan euforia, relaksasi, kebahagiaan, dan kegembiraan. perasaan tersebut akan melawan kecemasan, stres, dan depresi secara tidak langsung. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk minum beberapa porsi kopi pada saat anda merasa sangat tertekan.


    7. Ambil 10 Menit untuk Berjalan-jalan

    Melangkah keluar dan berjalan-jalan di ruang hijau akan menjadikan pikiran seseorang menjadi lebih tenang. Hal ini karena suasana yang berbeda akan membuat pikiran manusia cenderung lebih bahagia. Mungkin anda pernah berwisata di suatu tempat yang jarang anda kunjungi atau masih pertama kali, tentu pikiran anda lebih tenang dan cenderung bahagia. Oleh karena itu, saat merasa stres, ada baiknya anda berjalan-jalan untuk menghilangkan stres.

    8. Senyum

    Tersenyum akan melepaskan bahan kimia dalam otak yang disebut serotonin dan dopamin, juga akan mengubah suasana hati seseorang, bahkan ketika anda sedang berpura-pura. Hal Ini sangat baik untuk meningkatkan mood anda. Dan bukan tidak mungkin mereka juga akan tersenyum kembali pada anda, sehingga memberikan efek yang luar biasa.

    9. Miliki Binatang Kesayangan

    Memiliki binatang kesayangan dapat membantu anda menjadi lebih sadar dan memiliki rasa syukur untuk kehidupan saat ini. Persahabatan dengan binatang kesayangan menawarkan sebuah kenyamanan, dan menghilangkan kecemasan bagi mereka yang sedang sendirian. Kucing adalah contoh hewan yang unik, dan bisa dijadikan hewan kesayangan. Ia bisa mengingatkan kita untuk hidup di saat ini, bukan kemarin atau masa depan.

    10. Offline

    Stres, kurang tidur, dan depresi bisa disebabkan oleh  penggunaan komputer atau ponsel hingga larut malam. Hal ini sebisa mungkin untuk dihindari, karena akan mengganggu kesehatan seseorang. Sangat penting untuk mengambil istirahat secara teratur saat menggunakan komputer atau ponsel. Sebaiknya anda telah offline satu jam sebelum anda tidur.

    Sehingga anda akan terhidar dari stres dan gangguan kesehatan lainnya. Bukan hanya itu, offline satu jam sebelum tidur, akan meningkatkan kualitas tidur anda dan akan terbangun dengan keadaan yang prima serta penuh antusias.

    Stres semestinya bukan menjadi hal yang menakutkan lagi. Karena ada banyak cara untuk menghindari dan menghilangkannya beberapa diantaranya telah dijelaskan diatas. Silahkan untuk mencoba satu atau lebih dari cara diatas untuk menghindari atau menurunkan stres anda. Sehingga anda terhindar dari stres yang mengganggu kehidupan anda.

       

    9 komentar:

    1. Jalan-jalan dan minum kopi cocok banget nih, sudah dilakukan alhamdulillah manjur cara itu
      salam

      BalasHapus
    2. Stres dan bagaimana mengendalikannya, saya rasa untuk poin 'Bersyukur' dan 'Hidup saat ini' sangat sulit dilakukan (dalm pengecualian).
      Alasannya manusia lebih banyak ambisius dan panjang angan.Untuk yang lain saya pikir relative mudah, tapi semoga stres lekas lenyap.

      BalasHapus
    3. bersyukur sepertinya yang paling baik dan paling berat untuk dilakukan.
      salam dan kalau bisa vollo ya.

      BalasHapus
    4. Kalau misalnya aku lebih suka jalan jalan mbak. Naik motor keliling sepanjang jalan. Melihat warna-warna. Warna dunia dan manusia. melihat orang di jalanan, ada yang jualan sambil jalan kaki padahal sudah tua, ada yang masih semangat kerja. Di saat itulah aku kembali teringat bahwa semua orang punya masalah bukan hanya aku saja. Karena inilah hidup.

      BalasHapus
    5. Selamat malam Mbak Lisa.....
      Masih ingat sama saya? Dulu di blog MWB kita saling berkunjung. ��

      BalasHapus
      Balasan
      1. Masih dunk, blog sampean di sini apa?

        Hapus
      2. dhe-aquarius.blogspot.com
        Tapi masih kaku nih ngeblog di sini 😟 blognya masih belum serius diurus, tolong ajarin dong Mba Lisa 😀

        Hapus
    6. Ternyata cara yang biasa saya gunakan untuk hilang stres juga ada di atas....

      Menurut saya minum kopi adalah cara tepat hilangkan stres.... dengan catatan bagi mereka yang sudah biasa melakukannya.....

      Kalau belum biasa sih jangan di biasakan.... nanti malah kecanduan kopi lagi.....

      Salam.

      BalasHapus
    7. Ternyata cara yang biasa saya gunakan untuk hilang stres juga ada di atas....

      Menurut saya minum kopi adalah cara tepat hilangkan stres.... dengan catatan bagi mereka yang sudah biasa melakukannya.....

      Kalau belum biasa sih jangan di biasakan.... nanti malah kecanduan kopi lagi.....

      Salam.

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.