Header Ads

  • Berita Terkini

    5 Cara Ampuh Mengatasi Writer's Block




    5 Cara Ampuh Mengatasi Writer's Block

    Beberapa waktu lalu saya ditanya bagaimana cara mengatasi writer's block. Sehingga saya menerbitkan artikel ini.

    Writer's block atau bahasa Indonesia disebut  blok penulis yang artinya kemacetan dalam menulis atau kehilangan ide ketika saat menulis.
    Hal ini terjadi untuk setiap seorang penulis, dan hal itu sebenarnya mudah untuk mengatasinya. Saya pernah berkali-kali di tengah-tengah menulis sebuah cerita pendek ataupun artikel lainnya, kehilangan ide saya, dan tidak merasa seperti menulis. Saya menatap layar komputer dan tidak ada kata-kata datang dari pikiran. Kepalaku terasa pening, dan hal itu bisa membuat saya frustasi.
    Setelah beberapa lama saya hanyut dalan dunia menulis, saya telah belajar bagaimana cara untuk mengatasi writer's block. Berikut adalah lima cara ampuh agar kita bisa kembali ke dalam aliran penulisan:


    1. Menjauh dari Menulis Sementara dan Melakukan Hal yang Kreatif

    Mengambar desain di Photoshop merupakan karya kreatif dan hal ini dapat dilakukan ketika kehilang ide menulis, membuat scrapbook atau kolase. Melakukan projek kreatif lain selama beberapa jam atau hari dan kemudian kembali ke tulisan.

    Ketika saya kelihangan ide menulis untuk bahan bacaan di blog. Saya berhenti menulis dan melakukan melukis dan mengedit gambar, hal ini benar-benar mengaktifkan kreativitas saya. Kuncinya adalah untuk tetap melakukan projek kreatif dari otak saya dan akhirnya saya memanfaatkan kembali ke dalam aliran penulisan.


    2. Bebas Menulis

    Luangkan waktu 15 menit atau lebih sehari, untuk menulis apa pun yang datang dari pemikiran kita. Abaikan tanda baca. Hanya menulis secara bebas. Memungkinkan untuk benar-benar menjadi sebuah tulisan acak.
    Proses ini melatih otak untuk memasukan kata-kata di dalam kepala kita dan memberi mereka tempat di layar komputer atau di ponsel. Lakukan ini selama seminggu dan kemudian akan tercipta ide baru untuk menulis.


    3. Yoga

    Latihan yoga, hal ini mungkin terdengar lucu, tetapi ketika kita mendapatkan tubuh dan pikiran tenang saat melakukan yoga. Dalam pikiran yang rileks lebih terbuka. Pikiran terbuka lebih imajinatif. Kita dapat fokus lebih lama ketika kita berada dalam ketenangan.

    Kadang-kadang saya menjauh dari menulis, melakukan beberapa pose yoga dan pernapasan, kemudian kembali ke menulis dalam keadaan lebih kreatif.


    4. Hilangkan Gangguan

    Matikan ponsel dan tinggalkan internet, 3 sampai 4 jam. Mulailah membersihkan ruang kerja, membersihkan ruang tamu, atau kamar tidur yang berantakan. Karena sebuah meja atau ruangan yang berantakan membuat kebingungan. Ciptakan ruangan yang tenang dan kemudian kita dapat fokus menulis tanpa ada gangguan.


    5. Menulis di Pagi Hari

    Ketika  pertama kali bangun, otak kita masih dalam modus Theta, pola gelombang otak yang masih dalam mimpi mempermudah ide keluar dari pikiran kita.

    Ketika saya bangun jam 04:00 atau 05:00 pagi, saya melakukan menulis, ide mengalir dengan baik sehingga tulisan dengan mudah ditulis, dan saya merasa kagum karena ide mengalir dengan baik pada saat saya masih setengah tidur.
    Nah, itulah lima cara ampuh yang saya lakukan ketika saya menghadapi writer's block. Jika kamu mengalami hal yang sama cobalah menerapkan salah satu atau semua metode ini, kamu akan menemukan writer's block hanyalah sebuah polisi tidur kecil yang dapat kamu atasi dengan mudah dan kamu bisa tinggal di aliran kreatif dan senang untuk menulis.

    Tak lupa saya ucapkan Dirgahayu RI ya ke-71tahun. Merdeka!

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.