Header Ads

  • Berita Terkini

    Menulis Memiliki Banyak Manfaat

    Menulis Memiliki Banyak Manfaat

    Pagi yang cerah, secangkir kopi dan pisang goreng menemani. Ketika Smartphone yang saya taruh di meja berbunyi. Pesan singkat dari teman yang sudah lama sekali tak ada kontak masuk. Perbincangan dari pesan singkat beralih ke telpon.

    Banyak hal yang kami obrolkan, mulai dari lingkungan, blog, dan ahkirnya pokok pembahasan adalah tentang menulis. Berbagai pengalaman masing-masing saling bertukar. Dan ternyata dengan menulis memiliki banyak manfaat yang diperoleh.

    Saling bertukar informasi pun kami lakukan, dari yang saya tidak mengetahuinya menjadi tahu. Itulah gunanya kita berkomunikasi, walau hanya lewat telepon kita bisa saling tukar informasi.

    Bersyukurlah kita di era ini memiliki berbagai macam alat komunikasi baik dari telepon, BBM, Whatsapp, Line, Facebook dan lain sebagainya. Dan sangat disayangkan jika kita tidak mau berkomunikasi walau hanya dengan tetangga sebelah.

    Karena berkomunikasi bukan hanya sekedar cuap-cuap saja, melainkan kita bisa mendapatkan banyak manfaat dan informasi penting. Apa sajakah itu, simak beberapa poin penting dibawah ini.

    Diantaranya:



    1. Mendapat Lebih Wawasan

    Menulis adalah prestasi yang sangat menyenangkan. Selain mendapat wawasan dan ilmu baru yang tidak didapat pada waktu sekolah. Dengan menulis juga bisa menambah isi dompet, meski cuma untuk membeli pisang goreng. Namun, itu semua perlu ketekunan dan kesabaran pada saat menulis.

    Menulis perlu proses, seperti mana memasak nasi, dari pergi membeli beras, membawa pulang beras, kemudian diproses menjadi nasi. Tentunya memerlukan waktu dan ketekunan, agar bisa menjadi hidangan nasi yang lezat. Begitu juga dengan menulis supaya menulis dapat menjadi kebiasaan yang luar biasa.

    2. Memperoleh Banyak Teman

    Sadar atau tidak dengan ketekunan kita menulis, kita bisa berkenalan dengan banyak orang bahkan kita bisa berteman dengan penulis hebat sekalipun. Dengan menulis memperoleh banyak manfaat, sehingga diri bisa menjadi lebih percaya diri, meluahkan ide yang dimiliki.

    3. Menjadi Diri Sendiri

    Saat kita menulis kita dapat menjadi diri sendiri. Mengapa? Karena kita bebas untuk dapat berekspresi, mengungkapkan apa yang kita mau, apa yang kita inginkan tanpa harus memperhitungkan pendapat orang lain. Kebanyakan hasil karya tulis seseorang menjadi gambaran bagaimana sifat asli dari penulis tersebut. Apakah mereka seorang yang bekerja keras, apakah mereka seorang yang mudah menyerah atau apapun akan tergambar jelas dari tulisan yang telah mereka buat.

    4. Melatih Otak untuk Berkarya

    Dengan menulis kita dapat membuat suatu karya yang tentu akan membanggakan apabila sesorang dapat mempunyai karyanya sendiri. Terlebih lagi apabila karya yang kita buat dapat menjadi berarti bagi orang yang ada di sekitar kita. Saat kita mempunyai suatu karya dan diminati oleh banyak orang tentu ini akan menaikan harkat dan martabat kita sebagai penulis. Selain itu kita dapat diakui sebagai manusia yang mempunyai kualitas yang baik di mata orang lain.

    5. Menjadikan Diri lebih Produktif

    Menulis berbagai pikiran dan kita dapat membantu mereka menghadapi situasi tertentu dan menjadi pengingat tentang bagaimana kita merasa pada titik tertentu dalam hidup ini. Pada dasarnya, menulis adalah jurnal kita yang membantu menghindari membuat kesalahan yang sama, sementara pada saat yang sama membantu orang lain mengatasi masalah yang sama.

    Kehidupan kita mungkin kacau, dan perencanaan semakin ketat. Saat menulis, posting di blog pun kacau, tapi tanpa kita sadari tulisan kita menjadi artikel terorganisir, dan ini akan melatih otak kita untuk mulai berpikir dengan cara yang lebih produktif dan logis. Juga, hal ini baik untuk pekerjaan dan kehidupan pribadi kita yang akan menguntungkan, karena kita akan memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana kita berkembang sebagai orang yang sibuk dan hal-hal yang telah kita capai sepanjang jalan dan menjadi diri lebih produktif.

    17 komentar:

    1. Bener sangat mba, dengan menulis juga bisa menjadi ladang usaha :D hehe

      BalasHapus
    2. Yang sangat terasa aku dapat dari menulis adalah tata bahasa yang sedikit membaik dan wawasan tentang suatu hal sedikit bertambah
      lumayanlah mengisi waktu luang

      BalasHapus
    3. Iya mbak, dgn menulis sepertinya gak butuh modal besar utk bisa produktif, asal ada kemauan, insyaallah semua bisa :)

      BalasHapus
    4. Juga menjadi harta abadi kelak kita sudah tidak mampu lagi untuk menulis

      BalasHapus
      Balasan
      1. Benar.. saat sudah tak bisa menulis, inilah harta peninggalan kita.. hehe

        Hapus
    5. Juga bisa menghilangkan penat maupun stres kalau di tuangkan ke dalam tulisan

      BalasHapus
    6. Memang banyak yang dapat dihasilkan dari yang namanya menulis, dari melatih tulisan menjadi baik hingga membuat kelenturan jari tangan..

      Meski pada intinya menulis juga tidak harus selalu dengan pena & pinsil mungkin.😂😂

      Dan juga menulis bisa merubah finansial seseorang menjadi luar biasa atau mendunia..😱😱😳😳

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah.. ada sahabat lama yang mampir di gubuk ini.. hehe

        Betul sekali mas, saya bisa kenal mas satria juga karena menulis 😁

        Hapus
    7. Kalau saya menulis untuk iseng sekedar melepas unek2 dan bebah hidup agar lebih ringan..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dan kalau lebih ringan lagi bisa menulis sambil ngopi mas

        Hapus
    8. menulis bisa jadi cermin manusia akan wataknya tak pikir, mbak. entah apa yg ditulis yg jelas tulisan yag tercipta akan bagus kalau bermanfaat untuk banyak kalangan.

      masalah komunikasi, jaman sekarang mmng sdh hadir banyak app yg mendukung utk mengobrol. hehe, tapi jgn disalahgunakan juga sih, nanti bisa jadi kasus kayak di tv tv

      BalasHapus
    9. Setuju lis, menulis memang banyak gunanya. Bisa juga buat menghasilkan duit kalo yang udah terkenal kayak Tere Liye atau asma Nadia.

      BalasHapus
    10. Dengan menulis, akan mengangkat derajat si penulis. Dan tentunya dengan tulisan yang positif dan bermanfaat bagi orang lain.

      Cieee.... Ngobrol sama siapa tuch? Hahaha

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.