Header Ads

  • Berita Terkini

    Festival Kue Bulan

    Festival Kue Bulan



    Festival Zhong Qiu (中秋节) atau di Indonesia sering dipanggil dengan sebutan Festival Kue Bulan dan dalam bahasa Inggris disebut juga dengan Mid Autumn Festival adalah salah satu hari raya penting dalam tradisi Tionghoa yang jatuh pada setiap bulan 8 tanggal 15 penanggalan kalender China atau tahun ini jatuh pada tanggal 4 Oktober 2017.

    Konon menurut cerita yang saya kutip dari beberapa sumber Festival Zhong Qiu ini bermula dari tradisi para Raja China pada zaman dulu yang melakukan Ritual Sembahyang Matahari pada musim semi dan Ritual Sembahyang Bulan pada musim gugur. Hal ini tercatat di buku zaman Dinasti Zhou yang berjudul “Zhou Li (周礼)” atau “Tata Krama Zhou”.

    Kemudian Tradisi tersebut ditiru oleh masyarakat saat itu dan berkembang menjadi suatu hari raya penting dan meriah di masyarakat China sampai pada saat ini.

    Cerita ataupun legenda mengenai Festival Zhong Qiu banyak sekali, diantaranya terdapat 3 cerita dan legenda yang paling umum yaitu legenda mengenai Chang’e (嫦娥) menjadi Dewi Bulan, Wu Gang (吴刚) menebang pohon Osmenthus, dan Zhu Yuan Zhang (朱元璋) melawan Dinasti Yuan.

    Nah, itulah sedikit ulasan singkat tentang Fastival Kue Bulan yang dirayakan pada hari ini di negara China. Tentunya sedikit memberi wawasan bagi yang belum tahu mengapa di negara China ada tradisi Fastival tersebut.

    4 komentar:

    1. Wah tradisi yang bagus untuk menjalin silaturahim. Selama positif harus dilestarikan, dengan satu syarat kue bulannya jangan lupa kirim kerumah ya..he..he..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sudah dikirim, tapi cuma 2 saja.. Hehe

        Hapus
    2. Tradisi unik dibeberapa negara cuma sedikit yg aku tahu termasuk tradisi yg satu ini baru tahu
      kuenya mirip ku moho biasanya aku buat diisi kacang hijau atau coklat kegemaranku

      BalasHapus
    3. Itu bakpao ya. Sering lewat depan rumah....

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.