Header Ads

  • Berita Terkini

    Bingung Mengambil Keputusan, Lakukan 5 Hal Ini

    Menghadapi suatu masalah tersulit, setiap orang pasti mengalaminya, tentu merasa bingung mengambil keputusan yang tepat, Anda mungkin merasa kurang yakin dengan apa yang terbaik untuk dilakukan. Ketika Anda stres, atau mencoba untuk berurusan dengan dilema, Anda mungkin mempertanyakan alasan pada diri sendiri, dan khawatir bahwa keputusan akhir yang Anda ambil mungkin tidak bijaksana.

    Ada hal hal tertentu yang dapat Anda pertanya pada diri sendiri ketika membuat keputusan tersulit. Untuk mengetahui apakah alasan yang terbaik, dan jika Anda belum menemukan solusi yang bijaksana untuk masalah Anda, maka Anda wajib bertanya pada diri Anda sendiri.

    Berikut adalah 5 pertanyaan terbaik untuk membimbing Anda ketika Anda harus membuat keputusan tersulit.



    1. Jika saya tidak melakukannya sekarang, saya akan menyesal?

    Hal ini masuk akal untuk mempertimbangkan implikasi jangka panjang dari setiap keputusan yang Anda buat, karena Anda tidak ingin berakhir melakukan sesuatu yang Anda akan menyesal di kemudian hari.

    Tapi itu sama pentingnya untuk mempertimbangkan apa yang mungkin terjadi jika Anda tidak melakukan sesuatu. Jangan biarkan kesempatan penting berlalu karena melibatkan beberapa keputusan besar. Tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat Anda peroleh, dalam jangka panjang dengan membuat pilihan-pilihan tertentu.

    2. Apa kata hati saya?

    Naluri sering mengatakan hal yang tepat, dan Anda tidak harus membuat keputusan yang tidak beresonansi dengan naluri Anda. Mengesampingkan konvensi, saran yang tidak diinginkan dan penilaian dari orang lain, bertanya pada diri sendiri apakah ini adalah sesuatu yang benar-benar diinginkan, hati yang berbicara sebagai keinginan yang tulus.

    3. Siapkah saya melakukan hal ini?

    Jangan biarkan agenda atau saran orang lain membuat Anda 'goyah' dari keputusan yang kamu buat. Sebenarnya itu penting untuk memiliki kepentingan lain di hati ketika membuat keputusan, tetapi Anda tidak harus selalu mengorbankan kebutuhan Anda sendiri dan keinginan untuk menyenangkan orang lain. Lihatlah keseimbang bagaimana pilihan Anda akan menguntungkan untuk Anda dan juga orang lain ketika mengambil keputusan yang sulit dalam kehidupan.

    4. Apakah saya sendiri suka setelah mengambil keputusan ini?

    Siapapun dapat membuat keputusan tersulit, tanpa memperhitungkan bagaimana keputusan yang mungkin membuatnya merasa senang untuk diri sendiri. Jika Anda membuat keputusan yang tak berasal dari perasaan, Anda mungkin tidak akan menyukainya.

    Tapi, jika Anda membuat satu keputusan yang asertif, cenderung Anda akan mengharga keputusan Anda sendiri. Mempertimbangkan bagaimana Anda akan merasakan hal itu, untuk membuat pilihan dari diri sendiri, setiap kali Anda harus membuat keputusan yang tersulit.

    5. Dapatkah saya mengatasinya jika gagal?

    Pilihan adalah seperti dinamo. Ketika kamu membuat satu keputusan, itu membuka jalan bagi situasi lain terjadi, yang kemudian akan berurusan dengan hal lain. Membuat keputusan yang sulit dalam hidup dapat memiliki banyak konsekuensi.

    Mengambil jalan tertentu dapat mempengaruhi kehidupan Anda, hubungan Anda, persahabatan dan karier Anda, bahkan keuangan Anda. Memikirkan segalanya, dan memutuskan apakah Anda akan mampu mengatasi konsekuensi dari keputusan Anda, dan bagaimana Anda akan berurusan dengan kegagalan.

    Nah, dengan demikia Anda dapat mengambil keputusan dengan bijak dan tidak ada penyesalan di kemudian hari. Karena kebahagian, kesuksesan ada di tangan kita sendiri. Juga perlu diingat perpikir dengan tenang ketika akan mengambil suatu keputusan, jika tidak maka keputusan yang akan diambil akan berakhir penyesalan.

    8 komentar:

    1. Terkadang, saya juga sering bingung dalam mengambil keputusan.

      Tapi biasanya segalanya harus dimulai dengan kepala dingin dan pilihan hati nurani.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dan kalau sudah tepat pilihannya, jadilah ya mas?

        Hapus
    2. terkadang mengambil keputusan itu, nggak ada manis manisnya :(.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Campur gula saja biar manis mas. Hehe

        Hapus
    3. kalau ngomongin soal mengambil keputusan, pengalaman pernah mengambil keputusan karena perasaan nggk enak dan perasaan kasihan, belakangan akhirnya menyiksa diri sendiri

      BalasHapus
    4. bahas yg ini: Dapatkah saya mengatasinya jika gagal?

      kalo dilandasi dgn rasa pesimis tentu akan berat utk dilakkan, ya?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul mas, lakukan dengan rasa percaya diri pasti gagal bisa teratasi

        Hapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.