Header Ads

  • Berita Terkini

    Menjalani Hidup dengan Kesederhanaan

    Hidup sederhana menjadi pilihan sebagian orang, karena pilihan kehidupan tergantung pada pilihan tiap individu masing-masing. Hidup sederhana yang saya maksud disini adalah gaya hidup yang sangat wajar apa adanya, walau pun kita bisa membeli barang apa pun sesuka kita, tapi kita lebih memilih menggunakan uang tersebut pada hal yang lebih bermanfaat lagi, daripada menuruti keinginan kita yang tak akan pernah ada habisnya.

    Kebanyakan dari kita masih bingung menentukan arah hidupnya. Seperti terombang-ambing dalam samudera yang luas dan tak terbatas. Hidup memang sangat membingungkan jika kita tidak dapat membaca arahnya dengan jelas. Setiap pribadi manusia pasti memiliki standar hidup yang diinginkannya. Sudah pasti berbeda pada setiap individu itu sendiri. Kebanyakan dari mereka pasti memilih untuk hidup nyaman sesuai dengan yang diinginkannya.



    "Lalu cara apa yang harus dilakukan ?"

    Hal yang pertama yaitu menentukan standar hidup yang diinginkannya sebagai patokan menuju ke arah yang lebih baik. Standar hidup menjadi dasar utama gaya hidup yang akan kita jalani. Karena jika kita terlalu boros maka yang akan rugi kita sendiri.

    Sudah pasti banyak sekali halangan dan rintangan dalam menetapkan standar hidup yang kita mau, akan tetapi selama kita tetap bertahan dan pantang menyerah semua itu pasti bisa terlewati. Lewat berbagai peristiwa dan pengalaman yang kita alami pasti sudah bisa menentukan mana yang cocok atau tidak cocok.

    Jadi, rasakan dan sesuaikan standar hidup anda dengan pilihan anda sendiri. Jangan terpengaruh dengan standar hidup yang serba mewah dan gaya hidup boros menghamburkan uang. Jalani semuanya dengan natural dan wajar saja.

    Lalu yang kedua adalah menjalani proses dengan sabar. Kebanyakan dari kita tidak sabar dalam menjalani proses hidup ini. Ada banyak sekali orang-orang yang gagal dalam menjalani hidup, akan tetapi ada banyak juga yang berhasil dalam menjalani hidup.

    Jadikan pengalaman orang-orang berhasil itu sebagai penyemangat, dan bukan meniru seperti mereka. Tetaplah berada pada standar yang sudah anda tetapkan. Sukses dalam hidup bukanlah diukur dari segi banyaknya materi dan kekayaan. Itu hanya yang tampak terlihat oleh mata. Sukses yang sebenarnya terkadang berbanding terbalik dari apa yang kita lihat. Hidup sederhana ibarat.

    "Mengalir seperti air yang selalu terus bergerak sesuai hukum alam"

    Jadi, hidup yang sederhana itu adalah hidup yang sesuai dengan apa yang kita mampu untuk dijalani dan tidak ada keterpaksaan, bukan terpengaruh dengan gaya hidup yang bervariasi yang sedang trend saat ini.

    Semoga tulisan kali ini bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca semua. Selamat memilih dan menjalani hidup dengan kecocokan jiwa masing -masing.

    17 komentar:

    1. Kalau saya pribadi lebih suka hidup sederhana, senatural mungkin..!

      BalasHapus
    2. Menjalani hidup dengan jadi sendiri dan apa adanya itu sangat mengasikkan., jadi tidak ada paksaan atau tekanan dari faktor lain..., ya kan Lis..,hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas Jen, jadi kita bisa enjoy.. Hehe

        Hapus
    3. Betul banget mba..nel" memang hidup harus ikhlas,,kesederhanaan kita hidup jadi lebih jauh dari iri dengki,,,karena dengan hidup sederhana, kita jadi lebih bisa bersukur..ia..ngga mba"

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul sekali mas dwi, dengan begitu hidup tetap bahagia.. Hehe

        Hapus
      2. Lebih bahagia lagi, kalo sang pasangan juga punya karekter hidup sederhana juga mba nel" kadang kita suka dengan kesederhanaan, tapi pasangan kita susah untuk beradaptasi/ mengikuti kita,,ini masalah yang susah...

        Hapus
      3. Nah, kalau yang itu memang susah, mas, tanpa ada keseimbangan akhirnya jadi pertengkaran.. Hehe

        Hapus
    4. Hidup sederhana bukan berarti kita miskin.. Itu nasihat ayah.. Jd saat kelebihan uang kita ikhlas berbagi, saat bokek kita ikhlas bersabar :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul sekali mbak, malah yang sederhana itu terkadang malah kaya.. Hehe

        Hapus
    5. Hidup sederhana itu lebih baik dan indah jika kita pandai menjalaninya.

      Sore mbak..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul sekali.. Pastinya tetap enjoy.

        Selamat pagi.. Hehe

        Hapus
    6. hidup sederhana itu sulit dijalani, apalagi kalo abis gajian .. pengen beli ini beli itu .. langsung abis uang gajian dlm sehari:D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dan besoknya bingung lagi kan mas? Hehe

        Hapus
    7. Sampai saat inipun saya belum punya patokan standar hidup. Sehingga mudah terombang-ambing keadaan.

      BalasHapus
    8. Hidup sederhana itu menyenangkan, tanpa ada yang di lebih-lebihan ya, Teh, dan indah. Banykin bersyukur aja, in shaa Allah udah cukup :)

      BalasHapus
    9. Standar hidup menjadi dasar utama gaya hidup yang akan kita jalani, saya tergolong boros. Karena ingin meniru gaya artis yang berbusana dan bergadget mewah.

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.