Header Ads

  • Berita Terkini

    Cara Membuat Kue Untir Untir Renyah

    Berkunjung ketempat teman pasti ada saja yang dihidangkan dan tentunya membuat kita menjadi penasaran untuk melirik hal tersebut. Dan tentunya ingin mencicipi rasa dari yang dihidangkan tersebut.

    Menjelang hari raya kemaren kebetulan saya mampir kebeberapa teman dan dari mereka memiliki berbagai aneka kue lama dan sangat langka. Dan tentu saja ingatan saya kembali ke masa silam, saat mencicipi pertama kali rasa kue tersebut.

    Kue yang saya maksud kali ini adalah kue untir untir atau orang juga menyebutnya kue tambang. Ya, kue tambang atau untir-untir memang memiliki rasa dan ciri khas tersendiri. Makanya ketika teman menghidangkan kue tersebut memori saya seperti kembali kemasa silam.

    Bagi anda yang pernah pula memiliki kenangan bersama kue untir untir yang sudah sangat langka ini pasti ingin sekali membuatnya bukan? Jika anda tertarik untuk membuat kue yang satu ini. Maka ikuti proses pembuatannya dibawah ini.

    Cara Membuat Kue Untir untir atau Kue Tambang




    Bahan:
    300 gr tepung terigu
    100 gr gula pasir (dihaluskan)
    60 gr margarine
    1/2 sendok teh garam
    1/4 sendok teh baking powder
    2 butir telur
    1/4 sendok teh baking soda
    minyak untuk menggoreng secukupnya

    Cara Membuat:

    1. Campurkan tepung terigu, baking powder dan baking soda, aduk rata.

    2. Setelah tercampur rata, ayak dengan saringan dalam satu wadah, masukan margarine dan gula pasir halus kedalam campuran tepung, aduk rata, lalu masukan telur dan garam kemudian aduk lagi hingga merata sambil diuli dengan tangan sampai kalis, diamkan selama 20 menit dalam wadah tertutup rapat.

    3. Selanjutnya ambil adonan kue setiap 1 sendok teh lalu gilis memanjang dan dilipat menjadi dua kemudian dililit dan jepit bagian ujungnya.

    4. Panaskan minyak lalu goreng kue yang sudah dibentuk untir sampai berwarna kecoklatan, matang dan renyah, angkat tiriskan kue untir dan siap untuk dinikmati.

    Cara yang mudah dan dapat dibuat di rumah untuk camilan saat keluarga berkumpul. Selamat mencoba dan semoga resep ini membuat anda tetap semangat berkreasi membuat camilan untuk keluarga tercinta.

    10 komentar:

    1. Disini juga sudah langka juga kue tambang, kalau tahun 2000 kemarin masih banyak yang jual.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sebab itu saya bikin sendiri, mas, kangen dengan kue ini .. Hehe

        Hapus
    2. langka uda makanan ini. dimana sih jualannya . mbak.
      makanan kesukaan masa kecil ni

      BalasHapus
      Balasan
      1. Benar mas, sudah langka, saya bikin sendiri soalnya mau beli nggak tahu di mana.. Hehe

        Hapus
      2. punah, yang bikinnya juga uda nggak ada yang bisa mbak :(

        Hapus
      3. Itu ada resepnya mas..

        Hapus
    3. Nguntirnya harus hati hati ya mBA biar bentuknya bisa rapi,adonan harus kalis banget dong biar bisa dibentuk jangan loyo

      BalasHapus
      Balasan
      1. Benar sekali mas, pokoknya harus telatin.. Hehe

        Hapus
    4. Bener banget, kue ini sudah sangat langka. Padahal dulu, saat saya masih kecil, kue itu jadi camilan favorit. :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehe.. Kok sama ya mas, waktu kecil kue ini jadi favorit.

        Hapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.