Header Ads

  • Berita Terkini

    Cara Membuat Asinan Jahe

    Cara Membuat Asinan Jahe

    Sebagaimana Anda ketahui jahe merupakan tumbuhan yang bisa digunakan baik dalam bumbu masakan maupun dalam pengobatan. Berbagai jenis manfaat bisa Anda dapat dari bahan yang satu ini.

    Jahe juga bisa diolah menjadi berbagai jenis minum yang sangat berkhasiat untuk tubuh manusia. Dan tentunya Anda pasti sudah mengenal dari mulai air jahe, wedang jahe, wedang ronde, sekuteng, bandrek dan lain sebagainya.

    Berbagai jenis minuman tersebut merupakan hasil racikan secara turun temurun yang didapat dari para leluhur kita. Dan tentunya saat ini sudah mulai dibuat variasi dan kreasi dari tangan-tangan terampil penduduk di negeri ini.

    Dan secara kebetulan minggu kemarin saya mampir ketempat sahabat lama dan di suguhi sebuah asinan yang sangat asing terdengar di telinga saya. Karena penasaran saya pun langsung mencobanya, dan ternyata asinan tersebut dibuat dari jahe.

    Rasanya yang begitu menggoda dan langsung membuat air liur saya pun menetes ha..ha..! Karena tidak tahan dengan rasa yang begitu kuat, hingga terus mencobanya berulang-ulang. Maklumlah baru pertama kali coba.

    Bagi Anda yang juga sudah mulai meneteskan air liurnya dari tadi dan makin penasaran dengan resep kali ini, segera ikuti saja proses pembuatannya yang sangat mudah dan Anda bisa mencoba di rumah. Cara membuatnya ikuti seperti langkah-langkah dibawah ini :

    Cara Membuat Asinan Jahe



    Bahan:
    1 kg jahe yang masih muda
    500 gram gula batu atau gula pasir
    250 ml cuka
    2 sdm garam
    1 botol kaca sedang besar dan bersih

    Cara membuat:

    1. Cuci bersih jahe, bila masih ada kulitnya yang warna merah bersihkan hingga jahe muda tersebut bersih.

    2. Potong jahe tipis-tipis, taruh di mangkok atau wadah lain.

    3. Jika sudah selesai dipotong masukan garam dan aduk hingga garam merata. Lalu biarkan selama 2 jam, supaya potong jahe keluar air.

    4. Setelah itu peras potongan jahe hingga air tak keluar lagi. Kemudian masukan ke botol kaca yang bersih hingga potongan jahe tersebut habis.

    5. Terakhir masukan gula dan cuka lalu tutup botol. Biarkan selama satu minggu maka asinan jahe siap disajikan di saat Anda makan.

    Note: Asinan ini bisa bertahan selama satu tahun jika di taruh di dalam kulkas dan saat mengambil dengan sendok atau garbu bersih supaya asinan tak keluar jamur.

    Selamat mencoba dan ikuti terus resep-resep masakan yang akan kami sajikan di blog ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

    8 komentar:

    1. Asinan Jahe? kudet saya mah.. seumur-umur belum pernah icip-icip.. Mungkin neng Lisa mau kirim sampelnya buat saya?? hehe..

      BalasHapus
    2. Asinan jahe belum pernah merasakannya, boleh di coba nih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Silahkan dicoba mbak, senang saja bikinnya.

        Hapus
    3. Wah.. Ternyata jahe bisa dibuat asinan ya..
      Jadi kepingin nyicip nih..

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.