Header Ads

  • Berita Terkini

    Resep Membuat Manisan Beligo

    Berkunjung kerumah saudara adalah rutinitas yang saya jalani setiap bulan. Terlebih kerumah Tante yang cukup mahir dalam mengolah segala jenis masakan.

    Nah, bagi Anda yang kurang bersilaturahim, sebaiknya Anda merubah kebiasaan Anda dengan merutinkan berkunjung kerumah sanak saudara, karena banyak ilmu masakan yang bisa kita serap dari mereka-mereka yang sudah berpengalaman. Ketimbang Anda kursus masakan, ada baiknya Anda belajar dari Tante atau Bude.

    Bayangkan jika Anda memiliki 5 Tante dan bisa mengajarkan 5 resep masakan yang berbeda, maka sudah pasti banyak resep spesial yang Anda kuasai bukan? Ketimbang harus kursus masakan dan buang biaya saja.

    Minggu kemarin kebetulan saya mampir kerumah Tante dan disuguhi sebuah manisan beligo yang lezat. Saya sempat bingung, karena buah yang satu ini biasanya dibuat sayur, tapi dengan keahlian tangan Tante dapat dibuat manisan. Segera saja saya tanyakan proses pembuatannya.

    Nah bahan yang akan kita gunakan adalah buah beligo yang biasa dibuat sayur. Untuk lebih jelas lagi, siapkan bahan-bahannya dan ikuti proses dibawah ini :

    Resep Membuat Manisan Beligo






    Bahan:

    5 kg Beligo
    1 kg gula merah
    2000 ml air

    Cara membuat.

    1. Kupas beligo, buang bijinya lalu potong dadu atau kecil memanjang.

    2. Lalu isi periuk dengan 2000 ml air, kemudian masukan beligo yang sudah dipotong, lalu masukan gula merah. Kemudian biarkan mendidih. Setelah mendidih aduk-aduk, dan rebus selama 3-4 jam dengan api sederhana kecil.

    3. Setelah mengental matikan api, dan tuang ke wadah yang anti panas, setelah agak dingin potong menjadi beberapa bagian, dsn biarkan dingin.

    4. Setelah dingin Anda bisa menyimpannya ditempat yang tertutup, supaya tak ada semut yang ingin mendekatinya.

    5. Ambil secukupnya manisan beligo, lalu taruh gelas dan tuangi dengan air panas. Setelah dingin beri dengan es batu.

    Nah, minuman segar manisan beligo dingin siap diminum di tengah cuaca terik oleh sengatan matahari. Semoga bermanfaat dan menjadikan Anda lebih kreatif untuk mengelola masakan untuk kebutuhan keluarga tercinta.

    22 komentar:

    1. Mantep resepnya mba nel" nanti istri saya suruh mraktekin deh...kebetulan istri mbawa dari kampung..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Nah itu tinggal dibuat dan untuk hidangan seger pas siang hari.. Hehe

        Hapus
    2. Wow, bisa dibuat manisan ternyata. Jadi penasaran pengen coba.

      Kalau bisa mah paketin ke Tangeran pasti tak akan nolak he..he..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Beres.. Nanti dipaketi satu karung.. Hehe

        Hapus
    3. Mudah dibuat mbak cukup simpel hehe. Cuma membutuhkan buah beligonya saja sama gula merah rasanya pasti enak. Bisa jadi peluang bisnis

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul sekali bisa dijadikan peluang bisnis.. Hehe

        Hapus
    4. Buah kundur atau bligo ini selain enak di buat manisan katanya banyak khasiatnya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas banyak khasiatnya.. Hehe

        Hapus
    5. Nggak tahu bentuk beligo kayak apa, mungkin pernah lihat beda nama aja kalinya hehe

      BalasHapus
    6. Wow.! blonceng ternyata bisa di buat manisan ya Lis.? Kayaknya enak nih.!

      Kalau aku dapat resep manisan blingo/bloncengnya nggak dari tante lho Lis., melainkan dapat hasil BW.! Ya BW dari blog ini., hehehe.

      BalasHapus
    7. Wah mudah keknya cara buatnya, dan lezat kelihatanya... Hmm...

      Itu harus di campur es yo mbak cara ngonsumsinya...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bisa pakai es bisa juga diminum panas mas No.. Hehe

        Hapus
    8. rasanya bakalan manis banget nih. karena pakai gula merah.

      oiya, ada kalimat Berkunjung kerumah saudara adalah rutinitas yang saya jalani setiap bulan.

      mungkin kata kerumah harus dipisah jadi ke rumah. salam.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Terima kasih koreksinya, mas hehe

        Hapus
    9. Lha saya penasaran sama Beligo... pohonnya kayak apa sih?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Pohonya merambat, mas, seperti bush timun juga labu. Hehe

        Hapus
    10. wahhh...enaknya, pengin nyoba eh:)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Silahkan dicoba, gampang kok. :)

        Hapus
    11. Mbak, aku kok malah nggak tahu beligo yg kayak apa sih, hikss... padahl bikinnya mudah, bahannya yg kagak tahu

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.