Header Ads

  • Berita Terkini

    Membangun Ketahanan untuk Bertahan Hidup

    Membangun Ketahanan untuk Bertahan Hidup

    Kesulitan adalah bagian dari kehidupan. Seringkali kita merasa seperti menghadapi tantangan tanpa henti dan tak akan berakhir bahagia. Saat kita mengatasi satu tantangan, dan tantangan yang lain menempati kepala kita tanpa dapat di kontrol dengan baik. Ada beberapa orang yang saya kenal dapat menjalankan tantangan lebih kuat, ada juga beberapa dari mereka menjadi lemah dan tidak dapat lagi melihat harapan.

    Juga dari berapa dari mereka dibuat berlebihan dari pekerjaan mereka selama krisis keuangan. Sementara orang merasa terhina, kehilangan kepercayaan diri dan karena itu merasa kesulitan untuk menemukan pekerjaan baru. Sedangkan yang lain menganalisis situasinya, menghabiskan waktu untuk mengidentifikasi kekuatannya, melihatnya sebagai sebuah kesempatan.

    Ini bukan berapa banyak tantangan yang kita hadapi yang membedakan kita, bagaimana kita melihat tantangan yang ada.




    1. Bukan hanya optimisme. Ini adalah ketahanan.

    Sementara optimisme adalah pandangan positif yang didefinisikan sebagai kualitas penuh harapan dan menekankan pada bagian-bagian situasi yang baik, atau keyakinan bahwa sesuatu yang baik akan terjadi, ada perbedaan dalam hal ketahanan.

    Sedangkan ketahanan didefinisikan sebagai kualitas untuk dapat kembali dengan cepat ke kondisi baik sebelumnya setelah masalah. Dengan kata lain, ini tentang pindah dari situasi yang sulit tanpa hanya menekankan bagian positif dan secara membabi buta, percaya bahwa sesuatu yang baik akan terjadi. Sebaliknya, ini tentang melihat kedua sisi, baik dan buruk, menyadari potensi masalah situasi dan mengambil tindakan sesuai sambil mempertahankan harapan hidup di basis yang ada.

    2. Orang yang tangguh tidak pernah berpikir mereka benar-benar gagal.

    Satu-satunya kegagalan adalah ketika seseorang tidak melakukan apapun, tidak mencoba dan hanya berkubang dalam ketidakadilan suatu situasi. Gagal 99 kali, untuk orang yang tangguh, berarti belajar 99 kali pelajaran dan inilah kegagalan yang disebut berkontribusi pada kesuksesan tertinggi.

    Memiliki pola pikir bahwa apa yang disebut kegagalan adalah kemunduran dan bukan waktu untuk pertumbuhan dan pengalihan bisa cukup bagi kita untuk menyerah. Kita semua pernah mengalami hal ini dan mungkin telah menyerah pada mimpi atau jalan positif sebagai hasilnya. Tapi meskipun kegagalan ini bisa membuat kita kuat. Sebenarnya ini hanya sebuah tantangan yang akan membawa kita menuju puncak keberhasilan yang kita semua harapkan.

    3. Kegagalan adalah pelajaran.

    Kegagalan adalah sebuah proses pembelajaran hidup. Orang yang sukses telah melewati kegagalan secara berulang-ulang. Mungkin kegagalan sudah menjadi makanan pokoknya sehari-hari. Jadi, jangan pernah takut akan kata gagal dan jangan pernah takut juga akan kata sukses.

    Dari berbagai macam kegagalan kita banyak belajar tentang tips dan trik langkah-langkah mana yang penting maupun tidak. Jadi, sebenarnya ada banyak pelajaran yang belum kita sadari dari peristiwa kegagalan tersebut. Dan setelah membaca artikel ini semoga anda menyadarinya lebih awal.

    4. Tantangan adalah penyemangat.

    Banyak orang yang melihat sebuah tantangan sebagai sebuah masalah yang harus dihadapi. Padahal pada sisi dan sudut pandang lain kita bisa melihat dan menjadikan sebuah tantangan sebagai penyemangat kita menjalani berbagai aktifitas. Semisal jika ada sebuah tantangan maka otak kita akan bekerja mencari celah untuk menyelesaikan tantangan tersebut, dan ini baik untuk perkembangan otak dan ketahanan tubuh.

    Dan saya rasa 4 prinsip diatas bisa mewakili dan menjadikan anda semakin kuat lagi. Karena pertahanan yang kuat itu berasal dari dalam diri kita. Jadi, selesaikan apa pun yang menjadi permasalahan didalam diri anda, maka dengan begitu akan menjadikan pertahanan diri anda menjadi semakin kuat dan selalu siap menghadapi setiap tantangan hidup sebagai sesuatu yang mengasyikan.

    23 komentar:

    1. Bertahan hidup adalah prinsip yang wajib ada, apabila tidak memiliki strategi maka hidup kita akan mudah berakhir atau bahkan terkatung-katung bah rumput yang tertiup angin, atau seperti sebuah kayu yang terombang ambing ditengah samudera.

      Pertahanan yang kuat akan membuat cara hidup kita semakin kuat..!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Yupz,, betul sekali jadi apapun itu kita harus tetap mempertahankan. Hehe

        Hapus
    2. Seringkali gagal bukanlah hal yang hina jadi tetaplah mencoba

      BalasHapus
    3. sulitnya bangkit dari kegagalan ya mba, bahkan kita sering terjerambab pada kesalahan yang sama..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dan itu yang harus dihindari, mbak.. Hehe

        Hapus
    4. banyak yg bilang bahwa kegagalan itu merupakan kesuksesan yg tertunda ya mbak

      harus tetep optimis

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas orang bilang gitu, pastinya optimis kuncinya.. Hehe

        Hapus
    5. seperti saat kita menyetir tetap menatap kedepan, sesekali melihat kaca spion sebagai masa lalu

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul sekali pak, dengan begitu jalan ke depan yang akan dituju berjalan lancar.. Hehe

        Hapus
    6. Bener juga ya mbak, optimis dan ketahanan sepertinya saling menguatkan, bagi org yg terpuruk dan pesimis tentu saja harus kuat bertahan meraih lagi apa yg dia inginkan, kasus bunuh diri bisa jadi karena dia udah gak tahan ya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mbak, kebanyakan jika dah tak tahan dengan beban hidup mengambil jalan pintas.. Hehe

        Hapus
    7. kalo pesimis akan bikin kita jadi ngedrop gimana gitu.

      BalasHapus
    8. Kalo hidup tanpa menemukan Kesulitan maka kita tidak akan pernah bisa belajar untuk mempertahankan kehidupan ya mbak....

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul mas, sebab itu apapun itu tetap dijalani.. Hehe

        Hapus
    9. keseriusan yang giat bekerja serta bertaqwa kepada tuhan adalah jalannya ya mbak, benarkan

      BalasHapus
      Balasan
      1. Benar sekali, mas dan itu harus di kerjaksn juga.. Hehe

        Hapus
    10. Setuju dengan semua point diatas, dengan adanya kegagalan, membuat diri ini lebih tertantang, dan pecaya akan ada yang di dapat. Allah udah siapkan :)

      Intinya mah, jangan gampang putus asa. Seberat apapun masalah dalam ini hidup ini, kita masih punya Allah yang jauh lebih dari segalanya :)

      BalasHapus
    11. Setuju mbak.. Justru dari kegagalan lah kita banyak belajar terutama belajar dari kesalahan. Intinya, apapun yang terjadi, pasti ada hikmah dibaliknya. Pandai2 lah kita menemukan hikmah.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul sekali mbak dengsn demikian kita akan tetap enjoy

        Hapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.