Header Ads

  • Berita Terkini

    10 Tips Jitu Menjalin Hubungan Jarak Jauh

    Tips Jitu Menjalin Hubungan Jarak Jauh

    Long distance relationship atau yang sering disebut LDR, merupakan sebuah hubungan jarak jauh yang mungkin banyak orang lakukan. Begitu pun banyak orang percaya bahwa hubungan jarak jauh tidak akan pernah berhasil. Bahkan keluarga kamu mungkin akan kecewa, dan beberapa teman terbaik kamu mungkin menyarankan untuk tidak terlalu serius menjalin hubungan jarak jauh, karena kamu akan patah hati.



    Tidak sedikit pula orang yang menjalin hubungan jarak jauh dengan berakhir bahagia meski jarak dan waktu memisahkan. Tergantung bagaimana kita menjalaninya, proses ini mudah dan sangat simple. Meski hubungan jarak jauh banyak hal yang tidak dapat diraih.

    Lain halnya dengan hubungan jarak dekat kita bisa memegang tangan pasangan kita, makan bersama di meja yang sama, saling merasakan sentuhan, berjalan-jalan bersama. Itu menjadikan hubungan semakin harmonis.

    Keinginan ini bisa berarti bagi orang yang sedang menjalani hubungan jarak jauh. Mengapa? Karena hubungan jarak jauh mungkin sulit tapi juga memiliki kejutan tersendiri.

    Agar cinta kamu tetap hidup dan kuat, inilah 10 tips untuk membuat hubungan jarak jauh kamu berjalan dengan baik.

    1. Berkomunikasi Secara Teratur, dan Kreatif

    Berkomunikasi secara teratur sangat diperlukan. Sambut satu sama lain ucapan "selamat pagi" dan "selamat malam" setiap hari, ini adalah suatu keharusan. Selain itu, lengkapi dengan saling mengirim foto, audio dan video klip singkat dari waktu ke waktu. Dengan melakukan usaha seperti ini, kamu membuat pasangan merasa dicintai dan diperhatikan.

    2. Hindari Situasi yang Membuat Cemas

    Jika kamu sudah tahu bahwa pergi dengan teman-teman kamu di hari libur akan mengecewakan pasangan kamu, berarti kamu harus tidak melakukannya atau beritahu pasangan kamu terlebih dahulu untuk meyakinkannya. Jangan ceroboh tentang masalah semacam ini karena pasangan kamu hanya akan menjadi ekstra khawatir atau ekstra curiga, dan tentu saja sangat kesal, karena kamu menempatkannya dalam posisi di mana dia merasa tidak berdaya atau kekurangan kendali.

    3. Lakukan Hal yang Sama

    Merekomendasikan buku, acara TV, film, musik, berita dan lain-lain satu sama lain. Saat kamu membaca, melihat dan mendengarkan hal yang sama, kamu bisa memiliki lebih banyak topik yang sama untuk dibicarakan. Ini bagus untuk menciptakan beberapa pengalaman bersama meskipun kamu tinggal terpisah.

    4. Punya Tujuan dalam Pikiran

    Apa yang ingin kita capai di penghujung hari ini? Berapa lama kita akan terpisah? Bagaimana dengan masa depan? Inilah pertanyaan yang kalian berdua ingin tanyakan pada diri sendiri. Sebenarnya, tidak ada pasangan yang bisa menjalin hubungan jarak jauh selamanya. Akhirnya kita semua harus tenang dalam satu rumah.

    Jadi membuat rencana satu sama lain. Lakukan timeline, menandai perkiraan waktu dan waktu bersama, dan menggambarkan tujuan akhir. Adalah penting bahwa kamu berdua berada pada halaman yang sama dan memiliki tujuan yang sama. Bahkan jika kamu tidak tinggal di tempat yang sama dan zona waktu yang sama, kamu berdua masih bekerja sama dalam arah yang sama menuju masa depan yang mencakup satu sama lain.

    5. Tetap Jujur ​​Satu Sama Lain

    Bicara tentang perasaan takut, tidak aman, cemburu, sikap apatis, dan apapun. Jika kamu mencoba menyembunyikan apapun dari pasangan kamu, rahasia itu akan cepat atau lambat menelan kamu dari dalam ke luar. Jangan mencoba untuk menangani semua hal sendirian. Jadilah terbuka dan jujur ​​satu sama lain. Biarkan pasangan kamu membantu kamu dan memberikan dukungan yang kamu butuhkan. Lebih baik melihat masalah ini selama tahap awalnya daripada hanya mengungkapkannya saat semuanya terlambat.

    6. Kenali Jadwal Masing-masing

    Ini berguna untuk mengetahui kapan pasangan kita sibuk dan kapan pasangan kita bebas, sehingga kamu bisa mengirim pesan atau menelepon pada saat yang tepat. Kamu tidak ingin mengganggu pasangan kamu saat berada di tempat kerja atau pasangan saat pertemuan bisnis. Kenali kejadian kecil dan besar yang sedang berlangsung atau akan berlangsung dalam kehidupan masing-masing misalnya perjalanan bisnis dan pertemuan penting, wawancara kerja dan lain-lain. Hal ini sangat penting saat kamu berdua tinggal di tempat yang berbeda dan zona waktu berbeda.

    7. Dapatkan Aplikasi Chatting yang Bagus

    Ini sangat penting karena kirim pesan adalah cara komunikasi yang paling sering dan umum yang kamu berdua miliki. Kamu memerlukan aplikasi chatting yang bagus di ponsel kamu yang memungkinkan interaksi melampaui hanya kata-kata dan emoticon.

    8. Tetaplah Positif

    Kamu harus selalu menyuntikkan energi positif ke dalam hubungan jarak jauh agar tetap hidup. Ya, yang menunggu bisa menyakitkan dan terkadang kamu merasa kesepian, tapi kamu perlu mengingatkan diri sendiri bahwa buah pada akhirnya akan manis seperti surga.

    Salah satu trik bagus untuk tetap bersikap positif adalah bersyukur setiap saat. Bersyukurlah bahwa kamu memiliki seseorang untuk dicintai, seseorang yang juga mencintai kamu. Bersyukurlah untuk hal-hal kecil sekali pun. Bersyukurlah terhadap kesehatan dan keselamatan masing-masing.

    9. Video-call Sebisa Mungkin

    Lakukan ber-video-call secara teratur, seperti pada waktu malam. Walau hanya sebentar akan tetapi memiliki efek yang sangat baik untuk menguatkan hubungan jarak jauh. Dan usahakan dalam ber-video-call buat moment indah yang seru dan berkesan.

    Ini sangat dianjurkan, karena saling pandang dan saling mendengar suara masing-masing bisa membuat semuanya terasa baik-baik saja. Dan tak terasa jarak jauh sekalipun.

    10. Saling Mempercayai

    Mempercayai antara pasangan sangat penting. Hal ini karena ketika kamu saling mempercayai, akan meminimalisir konflik dalam hubungan. Pasangan yang memahami hal ini, mereka akan memiliki hubungan jarak jauh yang baik. Syukuri apa yang diberikan dan dilakukan pasangan terhadap kamu, bahkan untuk hal-hal terkecil sekalipun sebagai bentuk penghargaan. Dengan demikian, pasangan kamu juga akan melakukan hal yang sama.

    Itulah 10 tips hubungan jarak jauh yang sangat direkomendasikan, agar hubungan kamu tetap terjalin baik dan dapat mengerti satu sama lainnya cobalah untuk melakukan tips di atas. Hingga pada waktunya dapat berkumpul dalam satu rumah.

    43 komentar:

    1. ini mah pengalaman banget mbak. hehe yang paling susah itu karena susah ekspresiin perasaan karena ldr :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehehe.. Tapi klau dibawa enjoy perasaan akan terbiasa, sist.

        Hapus
      2. iya neng admin mah emang pengalaman pribadinya banget, pantesan aja masih saling menunggu, rupanya make 10 tips diatas itu sih...huh
        (jadi jeles)

        Hapus
      3. Hahaha.. Mamang tahu saja

        Hapus
      4. gak kebayang gimana rasanya ngungkapin rindu tuh

        Hapus
      5. Hehe.. Nggak bisa dibayangkan pokoknya, mas. :)

        Hapus
    2. 1-10 uda oke, semua yang mbak tulis. bener ada nya. karena saat ini. ya posisi mas kayak LDR ni :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah, semoga ldr nya tetap terjalin dengan baik, mas.

        Hapus
      2. aamiin yaa robbalallamin :), makasih mbak

        Hapus
    3. cocok nih postnya buat yg lagi ldr ran, seperti yg nulis hhh:D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hahaha.. Yang nulis apa yang komen? :)

        Hapus
    4. Coba ah mumpung ada tips gratis tanpa harus beli buku., hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehehe.. Harus dicoba, klau nggak rugi :)

        Hapus
    5. He..he..
      Saya belum pernah mengalami yang seperti ini, tapi intinya harus memiliki kepercayaan dan kejujuran kedua belah pihak agar hubungan bisa terjalin dengan baik.
      Mungkin 10 tips diatas bisa jadi jurus ampuh

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul sekali karena hubungan jarak jauh kepercayaan satu sama lain sangat dibutuhkan.

        Bisa sampean coba mas Indra biar tahu rasanya ke ampuhan tips diatas. Hehe

        Hapus
    6. sempat mengalami hubungan jarak jauh selama bertahun-tahun, puji Tuhan sekarang sudah didekatkan :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Alhamdulilah, akhirnya berbuah bahagia.

        Hapus
    7. Jadi ingat dia yang jauh
      Oh iya ini jadwalnya chating 😂

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehe, pasti ingat di dia ya mbak?

        Hapus
    8. point yang 3. Lakukan Hal yang Sama agak kurang setuju mbake, soalnya yang ditakutkan kejenuhan yang akan mampir karena membahas hal sama, lambat laun akan ketemu titik dimana perlu pembahasan.

      ntar pas lg pada ngobrol satu sama lain malah tertarik karena ada yang freeesss???

      aku ngomong opo iki hehehe jati bingung sendiri

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehe.. Ngomong apa aku juga nggak tahu, mas.

        Hapus
    9. Jadi inget masalalu nih mba"nel, memang kalo hubungan jarak jauh seringnya berakhir dengan perpisahan mba, pengalamanya saya dulu dengan mantan...heee
      Coba aja ada artikel tips jitu dari mba, mungkin sidia yang jadi pasangan saya sekarang...mba sih telat nulis tips nya....heee

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya ya, mas coba klau dari dulu saya bikin tips ini, pasti tak terlambat.. Hehe

        Hapus
    10. Berhubungan jarak jauh itu perlu kesetiaan ya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kesetian sangat diperlukan, mas

        Hapus
    11. Bermanfaat nih tipsnya, Teh. Dari semua aku rasa yang terpenting itu kepercayaan. Dengan jarak jauh sekalipun pasti akan tetap terjaga dan terhindar dari masalah. Karena saling percaya, dan jangan mudah percaya dengan apa yang dibicarakan oleh orang tentang pasangan kalau gak ada buktinya ya, Teh.. :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Yupz betul sekali itu mas, kepercayaan adalah nomer satu dalam hubungan jarak jauh. Hehe

        Hapus
    12. hubungan jarak jauh itu akit bngit ih.. ngakunya setia pas di intipin eh malah udah berdua.. kyknya lelaki sama semua..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehehe.. Ya begitulah,mbak makanya kita harus jeli.

        Hapus
    13. kamgen ketemunya itu yang bikin gak kuat, mba.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hahaha.. Betul betul itu mbak

        Hapus
    14. harus positif thinking dan rajin komunikasi ia emang ...

      BalasHapus
    15. Pernah LDR, tapi gagal total karena ya itu Mbak, gabisa kayak point2 di atas. Akhirna.. jalan sendiri... berat ternyata ya kalo nggak saling percaya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Begitulah mbak apalagi saling mempertahankan ego masing2

        Hapus
    16. Jujur satu sama lain dan saling percaya serta menanamkan sikap saling pengertian, berfikir positif menhadi modal dasar dalam membina hubungan jarak jauh. Tanpa itu semua jangan harap hubungan sobat bisa baik-baik saja...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul.. Betul sekali mang.. Hehe

        Hapus
    17. Wah tipsnya bagus sekali, kalau bisa menambah, tips terakhir selalu berdoa, agar tidak ada cobaan hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya tambahan tipsnya juga sangat baik mas dengan berdoa semua akan baik2 saja

        Hapus
    18. mbak lisa, kalau saya malah belum pernah LDR, ngebaca tips diatas aja udah bikin sesak nafas. Gakkebayang bagaimana tahannya teman-teman yang memilih LDR.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kalau sudah terbiasa juga biasa mas.. Hehe

        Hapus
    19. tips no 11, sesekali berkunjunglah ketempat pasanganmu. Kadang rindu itu gak bisa dilepaskan dgn maksimal melalui chatting.. aseeeekkk

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.