Header Ads

  • Berita Terkini

    3 Resep Spesial Daun Ubi Jalar

    Kamu pasti sudah mengenal tanaman ubi jalar, atau biasa disebut ketela rambat. Tanaman ini sangatlah bermanfaat mulai dari ubinya, batangnya dan juga daunnya.

    Kaum hawa pasti sudah tidak asing dengan daun ubi jalar. Karena biasa melihat di pasar dan dijadikan bahan makanan seperti lalapan, tumisan, ongseng, sayur maupun jenis makanan lainnya.

    Warna daunnya yang hijau menandakan bahwa daun ini mengandung mineral, vitamin, kaya serat dan protein yang sangat baik untuk tubuh kita. Oleh karena itu kaum hawa di pedesaan banyak yang mengkonsumsi daun ini.

    Orang tua dahulu biasanya sering menggunakan daun ini sebagai obat untuk mengobati cacingan pada anak, sakit tenggorokan karena radang, susah buang air besar (BAB), menaikkan trombosit darah dan penyakit lainnya.

    Dan tentunya yang tak kalah heboh adalah daun ubi jalar bisa dijadikan berbagai masakan yang bisa membuat air liur kamu menetes tidak henti-hentinya. Seperti resep masakan yang akan saya bagikan berikut ini :



    1. Bawang Putih Daun Ubi Jalar

    Bahan:
    Daun muda ubi jalar secukupnya
    Bawang putih secukupnya
    Minyak wijen secukupnya
    Garan dan penyedap rasa secukupnya

    Cara memasak:
    Cuci bersih daun ubi jalar, lalu panaskan periuk berisi air, setelah air mendidih masukkan daun ubi jalar, lalu tutup periuk, dan tunggu hingga daun ubi jalar masak, setelah masak angkat dan rendam di dalam air dingin kemudian teraskan.

    Sementara itu, kupas bawang putih dan potong menurut selera, kemudian panaskan wajan/periuk, masukkan minyak wijen, setelah kira-kira minyak panas masukkan irisan bawang putih, kemudian biarkan naik bau dan masukkan daun ubi jalar yang sudah direbus tadi, tambah sedikit air, garam dan penyedap rasa, lalu aduk-aduk sebentar dan angkat.

    2. Saus Tiram Daun Ubi Jalar

    Bahan:
    Daun muda ubi jalar secukupnya
    1/2 sendok makan tepung jagung/maizena
    3 sendok makan air
    3 sendok makan saus tiram
    1 biji cabe merah
    1/3 sendok makan gula putih
    1/2 sendok teh garam
    2 siung bawang putih
    Sedikit minyak masak

    Cara memasak:
    Cuci bersih daun ubi jalar, lalu panaskan periuk berisi air, setelah air mendidih masukkan daun ubi jalar, lalu tutup periuk, dan tunggu hingga daun ubi jalar masak, setelah masak angkat dan rendam di dalam air dingin. Kemudian teraskan dan taruh di atas piring.

    Kemudian panaskan wajan, kupas bawang putih, cuci cabe merah, lalu potong tipis-tipis, kemudian masukkan ke dalam wajan yang sudah di beri minyak masak, aduk pelahan, kemudian masukkan saus tiram, gula, garam, dan tepung jagung/maizena campur air aduk hingga larut, kemudian masukkan dalam wajan tersebut, aduk sampai rata lalu angkat dan siramkan di atas piring yang berisi daun ubi jalar rebus, lalu aduk-aduk hingga rata dan siap disajikan.

    3. Kecap Manis Daun Ubi Jalar

    Bahan:
    Daun muda ubi jalar secukupnya
    2 siung bawang putih
    1 senduk makan kecap manis

    Sedikit garam dan penyedap rasa.

    Cara memasak:
    Cuci bersih daun ubi jalar, kemudian didihkan air dalam periuk setelah mendidih masukan daun tersebut. Setelah masak tiriskan supaya air mengering.

    Kemudian potong dadu bawang putih taruh di atas piring, masukan kecap manis, garam, penyedap rasa. Lalu aduk hingga merata, kemudian masukan daun ubi yang sudah masak tadi, setelah itu aduk merata agar bumbu tercampur dengan sempurna. Kecap manis ubi jalar siap saji.

    Nah, begitulah cara mudah memasak daun ubi jalar, cara mudah dan tak mengurangi kandungan vitamin yang tersimpan di dalamnya. Selain itu memasaknya cukup praktis sehingga dapat menghemat kompor gas. Selamat mencoba.

    26 komentar:

    1. Wew, ternyata ubi jalar bisa dimanfaatkan menjadi masakan toh,,

      Wah,, jadi penasaran pingin tau rasanya, pasti lezat banget..!

      Ya, kalau tidak keberatan kirim ke Tangerang ya, buat buka puasa nanti sore he..he.. 😎😂

      BalasHapus
      Balasan
      1. minta....minta....dan selalu minta doang kerjaannya...beli

        Hapus
      2. Hayoo.. Puasa gak boleh marah..marah.. Nanti batal loh puasanya.. 😂

        Nanti saya bilangin mang maman loh kalo nakal he..he.. 😂

        Hapus
      3. Bsik, tunggu saja dan siapkan ongkirnya, mas Indra :)

        Hapus
    2. Daun ubi jalar denger-denger selain enak di konsumsi buat sayur, juga banyak khasiatnya, ya neng.. pernah baca sekilas di media massa.

      BalasHapus
      Balasan
      1. baru dengernya ajah udah enak dan lezat, coba kalau udah ngerasain...ehmmm...ehmmm. deh

        Hapus
      2. Benar sekali mang maman, selain lezat juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama bikin kulit tetap segar seperti kata mang Lembu :)

        Hapus
    3. oh ya daun ubi jalar sdh tak asing lagi dimanfaatkan utk bahan sayuran, juga bisa untuk mengobati bisul konon katanya demikian

      BalasHapus
    4. NYAM NYAM , Makanan kesukaan mas, setelah kangkung ni

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ternyata bukan saya saja yang suka :)

        Hapus
    5. Hahaha... Godong telo sawerane cakjun. 😂😂

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ranyono saweranku wingi nanane kae jadi masakkan seng mantab jaya hahahaaha

        Hapus
      2. Benar kang djacka saweran dari cakjun dari pada mubazir baik tak masak kan bisa di bagikan. Betul gitu kan cak jun? :)

        Hapus
    6. ayo nang sawah lis jupok godong telo, mengko masakno aku, soale masakane sampean sing nang dukur wis entek di gawe royokan mas djacka sama mas indra.., hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Aku yora keduman, Ndang masak maneh Lisss wkwkw

        Hapus
      2. Hahaha.. Sik sik tak nang sawah dulu, nsnti tak masakne buat sampean berdua mas Jeni sama cak jun. Tunggu ya? Tapi jangan lupa siapanka aplopnya :)

        Hapus
      3. Malah royokan oseng2 godong telo. Hahaha

        Hapus
      4. Wk..wk..wk..
        Tenang kang jeni saya sisain..

        Hapus
    7. Kayaknya..enak juga nih mba nel" masakan tumis ubi jalarnya,,,boleh di coba nih..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Setelah lebara bisa langsung dicoba, mas dwi

        Hapus
    8. Di Taiwan ada juga ya tanaman ubi rambat?

      BalasHapus
    9. Wahhhh enak bangett nihhh kesukaan saya, kalo tempat saya namanya daun singkong gitu e

      BalasHapus
    10. Uda lama kpikiran mau masak daur ubi jalar, tpi masih ragu rasanya. Tpi kliatan digambar kayaknya emang enak..

      BalasHapus
    11. wah, ternyata bisa jadi macam2 rebusan ya.. biasanya mama cuma di rebus ajaa

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.