Header Ads

  • Berita Terkini

    Resep : Cara Mudah Membuat Roti Daun Bawang Cincang

    Apakah kamu memiliki hobi memasak ataupun membuat kue? Memasak adalah salah satu hal yang saya sukai apalagi di saat hari minggu, saya selalu mencari resep-resep masakan baru, juga resep kue. Kali ini saya akan share resep membuat roti daun bawang cincang, roti ini adalah roti tradisional negara Taiwan. Konon kabarnya roti ini memiliki sejarah bagi negara tersebut sehingga roti ini dijadikan roti tradisional.

    Sedangkan harga satu roti di sini cukup sederhana mahal kalau di rupiah-kan, namun tak mengurangi rasanya yang lezat. Dengan rasa penasaran pada akhirnya saya pun mencari tahu resepnya kemudian saya membuat. Karena cara membuatnya cukup mudah dan bahannya kebetulan di rumah pun telah tersedia jadi resep tersebut langsung saya buat. Tak butuh waktu lama roti daun bawang cincang pun siap, dan menghasilkan rasa yang sama dengan roti daun bawang cincang yang dijual di toko-toko roti.

    Penasaran bagaimana membuatnya? Di bawah ini caranya mudah untuk diikuti.

    Resep, cara mudah membuat roti daun bawang cincang.



    Bahan Roti:

    280 gram tepung terigu protein tinggi
    26 gram gula pasir
    3 gram ragi instan
    1 butir telur
    50 gram mentega
    150 ml air
    12 gram susu bubuk
    5 gram garam halus

    Bahan Topping:

    Daun bawang
    1 biji telur
    1/2 sdt serbuk merica
    1 sdt garam

    Cara Membuat:

    Campurkan tepung terigu dengan gula pasir, ragi instan, susu bubuk, dan garam. Aduk rata. Masukan telur, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan tidak lengket. Tambahkan mentega, aduk lagi hingga adonan benar-benar tidak lengket. Bulatkan adonan, kemudian tutup dengan kain bersih.

    Diamkan selama 1 jam agar adonan mengembang dua kali lipat dari besar semula. Setelah itu adonan potong menjadi 8 bagian atau 60 g disetiap bagian. Lalu bentuk love dengan cara buat memanjang dan belah menjadi dua sampai tengah adonan, lalu lipat ujung kanan dan kiri hingga berbentuk love, susun adonan yang telah dibentuk love di atas loyang (loyang olesin margarin). Kemudian olesi dengan telur ke bagian atas adunan.

    Topping:

    Potong daun bawang dan campur semua bahan topping, aduk hingga rata, lalu letakan di atas adonan roti sehingga seluruh permukaan adonan tertutupi dengan bahan topping. Selanjutnya panggang di dalam oven dengan api atas bawah (200 derajat celcius) selama 15-20 menit atau hingga roti matang. Setelah itu roti daun bawang cincang siap saji dengan secangkir kopi atau pun teh panas.

    73 komentar:

    1. wah kebetulan banget pagi-pagi buta berkunjung kesini langsung disuguhin roti daun bawang cincang, jadi ada lawuhnya nie buat nemenin ngopi :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. tetep aja di tempat kos mah nggak ada kue roti kecuali beli yang seribu tiga plus kopi 2000 dapet 3

        Hapus
      2. Itu malah yang praktis dan ekonomis, mang :)

        Hapus
    2. kalo ngeliat gambar di atas sepertinya roti nikmat banget tuh mbak, selain itu bahannya juga cukup simpel yah jadi tinggal dipraktekan aja nie resep cara mudah membuat roti daun bawang cincangnya. Nanti ta' bilaingin ibu'e deh biar suruh praktekin bikin kue ini.

      BalasHapus
      Balasan
      1. saya malah mikirnya roti yang terbuat dari daun bawang di cincang pake daging, nggak taunya daun bawangnya mah dikit ya

        Hapus
      2. Itu nggak pakai daging kok, mang

        Hapus
    3. sepertinya saya dapet pertamax ini (lha tumbenan)
      Maaf yah sodara-sodara bapak-bapak, ibu-ibu, encang encing, enyak babeh... pertamaxnya saya gondol duluan nih :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. dus...kudu bilang wow...gituh?

        Hapus
      2. Atau kudu kasih hadiah piring cantik?

        Hapus
    4. udahan ahh... empunya blog sepertinya masih sibuk di dapur atau masih ngorok? :D masa ada tamu kehormatan dianggurin coba, emang saya cowok apakah?? ehh....

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bukan mandi, tapi baru bangun :)

        Hapus
      2. suwertekewerkewer...saya selalu bingung masuk sini nyari mana artikel yang terbaru, maklum nubi pisan yeuh

        Hapus
      3. Sebelum masuk sini ngopi dulu, mang, biar nggak bingung lagi :)

        Hapus
    5. Roti songko taiwan jelas enak iki.. Opo maneh digandeng kopi jowo.. Top markotopp.. Ambil satu ahhg mumpung orangnya ndak ada.. Kalau orangnya tanya kok hilang satu.. Bilang aja yang ngambil kucing gitu yaaa.. Wkwkwkw

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hahaha, opo meneh maemnya di depan pintu, wis ora tegok belakang, bahkan kuncingnya mea meong nggak kedengaran. Wkwk

        Hapus
    6. Mau dong Mbak Lisa. Ni resepnya aku save ya, tengkyu :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mbak, silahkan save nanti klau sidah di coba kabari saya :)

        Hapus
    7. Busyeet yang paling atas πŸ‘† serem juga ya komentar sampai diborong begitu πŸ˜‚

      Kalau buat teman ngopi boleh juga tuh,,! Tapi kalau admin bersedia kirim ke Tangerang roti bawangnya saya gak' akan nolak kok πŸ˜‚

      Kabuurr ah sebelum dilempar sandal sama admin πŸšΆπŸšΆπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehehe, biasa saja kan anak kost lagi boreng. :)

        Boleh.. Boleh tapi ongkos ditanggung sendiri lho ya. :D

        Hahaha.. Adminnya nggak galak kok.

        Hapus
    8. Dilihat dari tampilannya aja terlihat enak dann bikin gemas, dan saya yakin rasanyapun pasti enaksurenakpisan ini mah... :D Mau dong dikirimin via inbok, hehehe...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Gambar dan rasanya sama-sama enak, mang, baik tak kirim di inbok, tapi inbok mana?

        Hapus
    9. Ntar saya cobain mba resepnya, soalnya lagi males hehehe

      Biasanya kalo ga ada kerjaan suka nimbrung di dapur bantu2 istri bikin masakan, tapi ngga pernah nyoba bikin roti kayak gini sih. Takut gatot juga sih kalo pertama bikin mba hahaha

      BalasHapus
      Balasan
      1. tapi resepnya mba nelisa ini dijamin mantap banget kan? hehehe
        oh iya mba tau cara cikin cuko sama pempeknya ga? Nyari di cookpad jarang banget sih yg bahas cara bikin cuko nya, banyaknya yg bikin pempeknya doang

        Hapus
      2. Iya om, kapan-kapan di coba, dan dijamin mantep deh. :)

        bikin cuko saya nggak tahu malah baru dengar cuko itu jenis kue apa? Atau mungkin beda nama ya, om ?

        Hapus
      3. bumbu cair buat pempek mba, hehehe

        Hapus
      4. Oalah, ternyata beda kalimat :(

        Hapus
    10. roti di atas itu pas dimakan sebagai hidangan penutup, terutama pas malam hari. saat perut rada kenyang dgn makan roti tdk begitu bikin perut tambah kenyang, weeeeenak.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hahaha, kalau perut dah kenyang tambah betah untuk begadang. :)

        Hapus
    11. Enak nih. Lebih enak lagi kalau ga perlu buat. Tinggal makan aja. Moga-moga aja ada yang ngasih kerumah :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Itu pasti enak dunk, tunggu saja nanti juga ssmpai rumah sampean. :)

        Hapus
    12. jadi roti daun bawang cincang ini aslinya dari taiwan ya, wah setelah tau resepnya jadi gak perlu jauh-jauh ke taiwan untuk beli roti ini:D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas, tinggal bikin dan sudah rasa Taiwan, apalagi makannya sambil banyangi berada di Taiwan :)

        Hapus
    13. Soal memasak sih, bukan hobi saya. Tapi memasak itu pekerjaan saya. Haha

      Soal resep roti daun bawang cincang, kayaknya boleh juga nih di buat praktek. Siapa tahu nanti bisa jadi tambahan pemasukan kalau laku di jual. Wkwkwkwk

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hahaha dan masak itu sudah ahlinya, bukan?

        Sip.. Sip.. Pastinyanya tambah penghasilan isi dompet :)

        Hapus
      2. Kang Jek memang biasa di luar, ternyata bukan hanya aksara aja yang bisa di olah dengan jari jemarinya yang lentik dan gemulai.. tapi bisa masak juga, mantap kang! Kapan2 buatin saya roti daun bawang cincangnya ya? Nanti tak bayar pake foto rondo, haha..

        Hapus
      3. Hahaha.. Aja ada ada si om ini :)

        Hapus
      4. Kalau gitu nanti aku masakin foto roti buat sampeyan aja ya, kang. Haha

        Hapus
    14. berarti roti ini rasanya tidak terlal;u manis ya mba, akan tetapi gurih! betul... betul.. betul...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betuk.. Betul, pak rasanya gurih dan lezat. Hehe

        Hapus
    15. roti tradisional negara Taiwan?? wah jadi penasaran kayaknya sedap nih rasanya
      udah visit 2 blog yang menghidangkan resepnya masing2 jadi pengen makan lagi nih jhahah!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Rasanya memang lezat mas, mungkin secara kebetulan ya mas sampean visit dua blog dapat hidangan yang bikin lapar :)

        Hapus
    16. sarapan pagi pakai roti bisa tahan sampai waktu makan siang nih hehe
      tapi sudah malam

      BalasHapus
    17. Kek martabak rotinya.
      Mantapp dah.
      Suka juga masak, tapi kalo roti beberapa kali gagal.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mirip, mas, bikin roti senang lho klau benar cara mengikuti resep, soalnya saya sekali buat sukses. Hehe

        Hapus
    18. Cocok banget disajikan saat buka puasa saat ramadan nanti. Apalagi disajikan bareng es buah. Mantap

      BalasHapus
      Balasan
      1. Cocok banget, untuk hidangan pembuka puasa. :)

        Hapus
    19. sayang nya mba nel bikin rotinya cuma 3 sih,,padahal tamunya banyak tuh di atas..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehehe, saya buat satu adonan 8 roti, mas, tapi yang dihidangkan cuma tiga, oleh karena tamunya banyak di potong kecil-kecil biar merata. :)

        Hapus
    20. Met siang tante...
      Enggak, kali ini saya lagi nggak mau komen.. cuma mau ngajak makan siang bareng tante aja. Gk masalah kan?
      Ya udah yuk kita sama'in jam-nya, biar bareng makan siangnya. Hehe..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Met siang juga, om, ini saya baru makan. :)

        Hapus
    21. saya mau dunks roti daun bawang nya mb, nikmat teuh mana coba ?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Nikmatnya kalau bisa mencoba bikin, mas. :)

        Hapus
    22. sayang mbak aku kurang suka sama roti. jadi kali ini kurang greget ngilernya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah, bsik sist, besok tak buatkan resep yang bikin sampean ngiler :)

        Hapus
    23. ternyata neng admin suka bikin roti ya,,,resep resep yang kaya begini nanti akan laris saat menjelang lebaran neng....

      tapi g usah nunggu lebaran lah kelamaan

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya lah om kelamaan buat sekarang terus dimakan. Hehe

        Hapus
    24. Wah, nikmat nih pastinya. Jadi mau bikin juga. Paling telurnya aku hilangkan dan susunya aku ganti dengan soy milk. Yumm... terima kasih resepnya, ya :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama-sama, silahkan dicoba, mbak.

        Hapus
    25. Ini mantepnya kalau disantap habis pulang kerja :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Apa lagi di barengi teh panas ataupun kopi :)

        Hapus
    26. kalau bikinnya pakai roti jadi bisa enggak ya? ya pakai roti tawar misalny.., habis mau bikin roti sendiri belum punya alatnya.. hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bisa, caranya telur di kocok dulu terus roti tawarnya dicelupkan kemudian taruh di pengorengan (tanpa minyak) dan taburi daun bawang cincang, meski rasa beda tapi tetap juga lezat :)

        Hapus
    27. ini neng admin pasti mempersiapkan segala macem buat nyambut puasa nih , kagak kelihatan...!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Benar sekali om, repot banget.. Hehe

        Hapus
    28. Tuh kan jadi laper kalau lihat yang begian, nanti bisa di coba ya mba... ha,, ha, ha

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya, om, apalagi lihatnya pas pagi hari, perut meronta-ronta. Hehe
        Silahkan dicoba, bikinnya senang kok om!

        Hapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.