Header Ads

  • Berita Terkini

    Pentingnya Motivasi dalam Menggapai Sebuah Impian

    Mulai kebiasaan baru, dengan tujuan dan tekad untuk mewujudkan sebuah impian. Siapa sih yang tidak mau meraih apa yang diinginkan. Namun terkadang impian tersebut gagal diraih. Hal ini tentu akan membuat kamu merasa sakit, kecewa, dan pada akhirnya kehilangan motivasi.



    Jika kita memiliki suatu keinginan, misalnya ingin membuat blog dengan tujuan untuk menghasilkan uang tambahan. Maka langkah awalnya kita menulis dengan penuh semangat, dan antusias yang tinggi. Karena keinginan untuk cepat mendapatkan uang tambahan telah menyatu dalam otak kita. Namun, setelah keinginan kita tidak terwujud maka frustasi dan semangat pun hilang entah kemana, menulis pun tidak dilakukan lagi.

    Memiliki keinginan itu wajar, tapi kita harus ingat bahwa tidak semua hal bisa didapatkan secara instant. Sebab, ada proses dan perjuangan yang harus dilalui. Jangan sampai jika keinginan belum tercapai kita berhenti berusaha. Ini tidak benar, seharusnya jalan yang kita ambil ialah terus menerus menggali kemampuan kita, agar tetap termotivasi.

    Lalu bagaimana kita bisa menjaga agar diri kita lebih termotivasi. Bahkan jika kita berpikir bahwa diri kita bukan orang yang disiplin?

    Jika ingin tetap termotivasi untuk mencapai sebuah tujuan. Maka kita perlu merasakan sakitnya jika keinginan tersebut tidak tercapai. Mungkin terdengar membingungkan? Namun sebenarnya hal ini cukup sederhana.

    Rasa sakit merupakan indikator yang kuat bahwa perilaku kita perlu penyesuaian dan otak kita berubah menjadi lebih reaktif. Sehingga ketika kita mencoba untuk melarikan diri dari rasa sakit, otak memicu proses psikologis yang bertujuan untuk mengubah situasi dan menghindari sumber rasa sakit. Hal ini mengaktifkan proses kreatif dan pengambilan keputusan yang baik. Selain itu rasa sakit memiliki peran dalam motivasi, sebaliknya motivasi juga mempengaruhi persepsi dari sakit.

    Rasa sakit yang diakibatkan oleh kegagalan dalam meraih keinginan, berbeda dengan rasa sakit yang kita rasakan waktu melakukan lari pagi atau olahraga lainnya. Sakit yang ini bisa dengan mudah untuk kita obati, lalu besoknya dapat mengulangi kegiatan itu, rasa sakit hilang dan tubuh terasa lebih sehat.

    Oleh sebab itu, jika memiliki keinginan kita harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan. Pelan tapi pasti keinginan bisa digapai. Perlu diingat, semua membutuhkan proses, perlu kerja keras, dan perjuangan. Tidak ada sesuatu yang bisa didapatkan secara instant (bahkan, mie instant saja perlu proses sebelum bisa kita makan). Dengan demikian kita akan tetap termotivasi oleh apa yang menginspirasi dengan tujuan keinginan kita.

    Jika gagal, kita akan merasakan sakit. Namun kita tidak boleh menyerah dan harus terus menjaga semangat yang ada di dalam jiwa. Hingga sukses meraih keinginan.

    53 komentar:

    1. sekarang berarti impiannya dah tergapai ya mba, tuh dah nongol iklannya, hehehe

      selamat ya mba nel, tetap semangat :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehe. Amin terima kasih dan saya tetap semangat 45, om. :)

        Hapus
      2. impian neng admin yang dilahirkan tahun 45 itu memang patut di gapai dengan memotivasi dirinya sendiri yang sudah tuwa itu

        Hapus
    2. mumpung belum pada masuk master-master yang pada koplak saya mo borongin kolom kometarnya ah, wkwkwk

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hahaha, hati-hati kena kartu kuning nanti, soalnya semua diborong. Wkwk

        Hapus
    3. mbak nel ternyata memiliki motivasi yang sangat tinggi serta ketekunan dan kesabaran dalam menggapai sebuah impian, cewe idaman banget yg kayak gini :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ini muji atau ngegombal, om? Biasanya ini minta di traktir. Haha

        Hapus
      2. muji+gombal wkwkwkwk

        kalo cowo minta ditraktir tar disebut idoy dong hahaha
        mending nraktir aja deh harga diri harga diri :D

        Hapus
      3. Nah, kan, betul ngobal..,wkwkwk

        Kalau gitu traktir saya,om. :)

        Hapus
      4. wes nanti aja saya traktir sama anggota KPK yang lain semua, tapi jangan lebih dari 2rebu ya :D

        Hapus
      5. Wah, pelit amat sih, traktir nggak boleh lebih dari 2 ribu padahal saya mau ditraktir harga 5 ribu.. Haha

        Hapus
    4. proses dan kerja keras
      menjadikan kesakitan sebagai penyemangat bukan sebaliknya, terima kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mbak, dengan sakit dulu maka akan terus semangat.

        Hapus
    5. Bicara soal kegagalan, saya rasa hampir semua kita pernah merasakannya. Saya jadi ingat pengalaman saya waktu awal kenal blog dan internet. Ada banyak kegagalan di sana. Namun alhamdulillah.. saya dapat terus jalan.. sukses juga untuk mbak Nel ... :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ya, mas, semua orang merasakan kegagal, dan tanpa kegagalan kita tak bisa berjalan lebih baik lagi. Terima kasih, sukses juga untuk sampean. :)

        Hapus
      2. wes moga kita sukses bersama aja biar adil

        Hapus
      3. Sama-sama natureshop juga, lho ya.. Akan lebih adil.

        Hapus
    6. motivasi itu sangat memberikan semangat baru baik dalam hal apapun, salam kenal ya mbak lisa

      BalasHapus
      Balasan
      1. Benar, mas, dengan motivasi hidup akan tetap terarah tentunya. Salam kenal kembali, mas.

        Hapus
    7. Dari pagi susah banget mau kesini, jadinya lupa tadi mau komen apa. Ya udah saya ikut admin ajalah.. meski gagal hrs tetap semangat, lagian putus asa kan bukan sifatnya lelaki. Kata kang jhonny gtu, haha..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mungkin om, belum ngopi saat mau kesini jadi susah deh. Hehe
        Jangan ikut admin, nanti admin baca cebur kali, gimana coba, om?
        Om Jhonny memamanv luar bisa, seperti om Emde.. Wkwkw

        Hapus
      2. Plis te jangan lagi2 ya bilang saya luar biasa, bisa2 saya jebur kali beneran saking gimananya,haha... ok deh met bobo aja buat tante lis, jgn lupa brdoa dulu biar gk mimpi'in saya

        Hapus
      3. Hahaha, ya sudah terlanjur basah jebur kali sekalian biar basah, asyik, ksn, om? Wkwkwk

        Hapus
    8. ibarat jalan, impian itu jalan yg mendaki ya mbak.
      perlu usaha dan kegigihan dan yg lbh penting lagi semua impian itu nggak ada yg bisa dicapai dengan cara instant kecuali dalam mimpi

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya, seperti mendaki gunung, terkadang banyak rintangan saat akan mencapai puncaknya. Kalau impian dalam mimpi mudah dicapai seperti mendapatkan kopi hitam untuk teman begadang. Hehe

        Hapus
    9. kalua masalah motivasi mendadak keinget mario teguh. pada waktu itu sering muncul di acara mario teguh golden ways. aslinya kata2nyya sulit dipahami, karenaa bahasa yang dipakai juga tinggi. kalau ada seseorang memberi motivasi ya berart di memberi semangat. kita jadi tambah mendapat pelajaran berharga.

      OK, dilanjut.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bicara mario teguh saya jadi ingat dulu ngefans banget di fb, setiap hari pasti kasih like ataupun berkomentar di statunya. Hehe

        Motivasi intinya yang diperlukan. :)

        Hapus
    10. Betul neng, gagal itu sakit, tapi jangan keterusan sakitnya, obatnya adalah bangkit lagi, berjuang lagi maka akan lupa dengan sakit yang pernah ada yang ada hanya semangat untuk menggapai asa dan cita-cita...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya, mang maman, pokoknya tetap semangat deh. Hehe

        Hapus
    11. Terimakasih sudah mengingatkan pentingnya motivasi hihi

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama-sama, terima kasih atas kunjungannya. Hehe

        Hapus
    12. jadi begitu ya harus merasakan sakitny saat tidak dicapai tujuan tersebut.
      dan memang bener juga tidak ada yang instan ya.
      Kalo begitu lanjutkan perjuangan

      BalasHapus
      Balasan
      1. Nggih, tetap dilanjutkan kok perjuangannya. Hehe

        Hapus
    13. Sampai kini saya masih belum move on sama kegagalan saya :(
      Rasanya emang sakit kak

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ayo, bangkit dan mulai berjalan lagi, yakinkan diri pasti rasa sakit itu awal dari sebuah kesuksesan.

        Hapus
    14. Gini nih kalo udah baca mau koment baca koment koment diatas jadi bingung mau koment udah ada yang koment.

      Tetep semangat biarpun sakit gak boleh nyerah.
      Bagus ini buat nambah pengetahuan motivasi diri, soalnya tujuanku belum tercapai dan sakit itu ada kurasakan.
      *nyambung gak ini komentarku.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Nyambung kok, dan semangat ya, jangan putus asa. Hehe

        Hapus
    15. Mba nel,,,motifasinya top cer'...kayaknya bentar lagi bakalan nongol sang motifator baru nihh..makasih mba nel' tetap sukses.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Top cer, seperti kopi hitam ya, mas. Hehe

        Sama-sama dan terima kasih, sukses juga untukmu.

        Hapus
    16. numpang nimbrung, kalau dilihat dari definisinya, motivasi memang sebuah daya penggerak, sehingga sebuah impian, keinginan, tujuan, akan sulit tercapai jika tidak ada penggerak

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul kang, tanpa motivasi pasti semangat pun memudar. Hehe

        Hapus
    17. mohon maaf bmak..
      sekuat apapun motivasi yg dimiliki, tidak akan bisa kalau belum terbiasa dengan jalan yg dilalui atau proses itu sendiri. Terkadang yg harus kita lakukan adalah memaksakan diri melawan apapun yg menghalangi jalan, baik dari luar maupun dari diri sendiri.

      Dari pengalaman orang malas seperti saya, motivasi saja tidaklah cukup, harus dilakukan dan terbiasa dengan proses untuk mencapai impian.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Itu semua tergantung individu sendiri bagaimana menyikapinya, apakah mereka senang mendapat motivasi atau bahkan sebaliknya, karena lain orang lain juga pendapat bahkan ada juga yang mempertahankan ego- nya. Hehe

        Hapus
      2. Justru ego ga' bisa berdampingan sama prosesnya. ego akan membuat seorang berhenti berusaha. ego itulah yg membuat saya memaksakan diri.

        Hapus
    18. Mohon maaf mbak, tapi saya yakin teman-teman yg lain sudah sering nonton pak mario ataupun baca artikel motivasi, tapi tergantung kitanya sendiri sanggup atau tidak. yg saya rasakan,, motivasi itu cepat hilang, hanya kembali disaat tujuan hampir tercapai.. sorry buat komentar kaya gini

      BalasHapus
      Balasan
      1. Tidak perlu minta, maaf mas nyantai saja. :)

        Hapus
    19. Ulasannya bagus mba, terimakasih sudah diingatkan untuk hal memberikan motvasi dalam diri kita dalam hal menggapai sebuah harapan dan cita-cita. Semoga selalu sukses ya mba.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama-sana, mungkin dengan motivasi semua akan menjadi lebih bersemangat. Amin.

        Hapus
    20. Kadang impian itu susah untuk di capai, butuh perjaunagan yang panjang dan kerja keras

      BalasHapus
      Balasan
      1. Benar, mas, bahkan sudah kerja keras pun masih tetap gagal hehe

        Hapus
    21. Amin, iya banget Mbak. Ini kayak senin kamis ya. Kadang naik kadang turun. Motivasi ini yg bikin goal dan proses terjaga meraih impian

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya, mbak seperti itulah, karena saya kalau tanpa motivasi hidup mudah down. Hehe

        Hapus
    22. pernah juga mbak aku sakit karena gagal. seringnya saat ikut lomba ngeblog, pas baca pengumuman gak ada namanku di daftar juara kadang rasanya agak sakit hehe

      tapi sekarang aku sudah terbiasa dan mencoba yang terbaik mbak, semangat.

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.