Header Ads

  • Berita Terkini

    Bahagia, Sudahkah Kamu Rasakan Hari ini?

    Kebahagiaan kalimat yang membawa banyak perasaan dan makna yang berbeda, tetapi juga sebuah kalimat yang kebanyakan dari kita ingin berada di dalamnya. Fakta, bahwa kebahagiaan adalah salah satu yang dicari semua orang dalam hidup. Namun, di era yang serba canggih ini kebahagiaan sulit didapatkan, perlu bekerja keras untuk mendapatkannya. Meski demikian terkadang kebahagiaan gagal didapatkan.




    Mengapa kita gagal mendapatkan bahagia? Karena kita hidup di dunia yang serba cepat dan di mana semua kebutuhan tak pernah cukup terjangkau atau cukup menarik. Uang, pekerjaan, orang, item teknologi baru, bahkan masih banyak hal lainnya, yang membuat kita tak merasa sukses untuk menemukan kebahagiaan.

    Namun, jika kita berpikir kembali bahwa kebahagiaan itu sebenarnya ada dalam hati diri kita sendiri, karena ada motif tersembunyi atau faktor eksternal, kita mungkin akan melihat bahwa apa yang benar-benar membawa bahagia adalah sesuatu yang jauh berbeda dari apa yang kita pikirkan dari sekarang ini. Kebahagiaan ada sepanjang waktu dalam diri kita, dan itu hanya mengambil langkah-langkah yang tepat untuk benar-benar menemukannya lagi.

    Lalu bagaimana untuk menemukan kebahagiaan lagi?

    Ada sebuah teori bahwa kebiasaan yang paling abadi dan cara untuk mengajar diri sendiri agar mendapatkan sesuatu yang berharga yang harus dilakukan dengan proses langkah demi langkah. Hal ini telah terbukti kebahagian akan didapatkan secara alami dan mungkin juga kita akan merasakan kebahagiaan yang tidak pernah kita harapkan.

    Baik. Berikut ini langkah demi langkah yang harus dilakukan untuk hidup tetap bahagia.

    1. Membuat jurnal harian, menulis 5 hal yang membuat rasa berterima kasih

    Hal ini menjadi hal kecil, besar, atau apa pun di antaranya. Mungkin itu hal yang sederhana seperti matahari terbit di pagi dengan tenang, berlari yang membuat diri merasa hidup, secangkir kopi dengan aromanya. Apa pun itu, menuliskannya akan membuat diri kamu merasa senang. Menulis atau berpikir hal kecil atau besar, dan menuliskan lima hal yang kamu syukuri setiap hari, tidak peduli seberapa buruk hari itu. Hal ini melatih otak kamu terhadap rasa syukur, stres dan khawatir menjauh dari diri kamu.

    2. Keluar rumah dan berada di bawah sinar matahari

    Vitamin D bertindak seperti hormon dalam tubuh dan secara alami ditemukan dalam sinar matahari, oleh karena itu, sinar matahari alami adalah salah satu alat yang paling kuat yang kita miliki dan yang bisa kita gunakan untuk merasa lebih baik dengan cepat.

    Karena jika kamu bekerja di dalam ruangan sepanjang hari dan tidak terkena sinar matahari (Vitamin D) maka tubuh kamu akan kekurangan gairah, kamu perlu membuat sebuah titik untuk mendapatkan beberapa waktu di luar selama 15 menit setiap hari, guna mendapatkan vitamin D untuk kebugaran tubuh kamu.

    3. Olahraga, setidaknya tiga kali per minggu

    Olahraga sehari-hari yang terbaik untuk merangsang kekuatan otak dan terlibat neurotransmitter di otak yang membantu menghasilkan lebih banyak serotonin dan endorfin alami, bahkan kamu akan mendapat perbedaan di setiap seminggu. Langkah ini secara alami akan membantu kamu merasa lebih bahagia bahkan jika ada hal dalam hidup kamu yang tidak sebaik yang kamu rasakan. Dengan olahraga pikiran menjadi segar dan tubuh menjadi sehat.

    4. Melepas hal-hal yang membuat pikiran tak nyaman

    Hal ini sulit kita lakukan, tapi hal ini penting kita lakukan. Mungkin kita memiliki teman yang memperburuk keadaan, anggota keluarga yang sakit, pacar yang tak memperdulikan, atau mungkin bahkan bos yang mengambil keuntungan dari diri kita. Jelas hal ini membuat pikiran jadi stres.

    Pikirkan tentang hal dalam hidup kamu yang menyebabkan kamu sakit dan tertekan. Kamu harus melepas agar tak menjadi beban pikiran kamu. Hal ini menyangkut masa depan dan kebahagian kamu.

    Catatan, ini jika kamu perlu dan mengambil tindakan untuk belajar melepaskan hal-hal yang membuat kamu tertekan. Dengan mulai melepaskan apa yang membuat kamu tertekan ini adalah salah satu hal yang paling penting yang harus kamu lakukan ketika belajar bagaimana menjadi bahagia menjalani kehidupan. Ini juga merupakan alat yang berharga yang dapat kamu gunakan untuk sisa hidup kamu yang akan membantu tetap akuntabel hidup kamu dan tidak terlibat dalam hal-hal yang menyakitkan.

    5. Luangkan lebih banyak waktu pada hobi kamu

    Kebanyakan dari kita memiliki waktu yang sulit untuk meluangkan waktu karena sebuah karir menuntutnya, tapi mereka tidak selalu jauh dari jangkauan seperti yang kita bayangkan. Menghabiskan 30 menit setiap hari melakukan sesuatu yang kamu sukai. Jika kamu gemar ngeblog, misalnya, kamu harus bangun 30 menit lebih awal dan menulis atau membaca. Jika kamu menyukai menjahit, menjahitlah selama 30 menit setiap hari. Jika kamu suka bermain musik, menghabiskan 30 menit setiap hari bermain di rumah atau dengan teman-temanmu. Melakukan sesuatu setiap hari atau setidaknya lima kali per minggu bahwa kamu benar-benar mencintai diri sendiri dan hal ini akan menjadi lebih baik dalam gairah kamu dan bahkan bisa membawa kamu menuju jalan kebahagian.

    Mencoba untuk membuat perubahan dan melakukan apa pun untuk menikmati hidup kamu saat ini. Hal ini penting untuk menangani masalah yang sulit, dan dapat membantu membuat kebahagiaan datang lebih mudah dalam jangka panjang. Mengambil langkah dan metindaklanjuti untuk benar-benar fokus menikmati kehidupan sehari-hari, kamu akan lebih bahagia.

    Simpulnya, meskipun kamu telah mengambil langkah-langkah dramatis terhadap pembelajaran bagaimana menjadi bahagia, dan perlu diingat setiap individu bahwa jalan menuju kebahagiaan selalu berbeda opini. Jadi, jika kamu memiliki opini lain, jangan ragu untuk menulis dan berbagi dengan teman-teman lainnya, sehingga mereka bisa belajar cara mendapatkan kebahagiaan sepanjang hidupnya.

    43 komentar:

    1. Kunci utamanya sih cuma satu, yaitu selalu Bersyukur.

      Pewh, maaf jarang kemari kak. Blog ku lupa psswd, hehehhe...

      -inisial A-

      BalasHapus
      Balasan
      1. Benar, mas, dengan bersyukur hidup akan tetap bahagia. Hehe

        Pantesan lama nggak update blognya ternyata luoa sandi.

        Hapus
    2. Bahagia adalah kunci utama sebuah kesuksesan

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya, sukses dan bahagia harus ada diposisi yang sama. Hehe

        Hapus
    3. kalau aku tiap hari selalu berolahraga mbak, biar badan selalu bugar dan pikiran pun jadi bahagia :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Selain itu dapat ide kreatif ya, mas. Hehe

        Hapus
    4. Dari beberapa tips agar tetap bahagia di atas itu, saya suka pada poin 5 yaitu "meluangkan lebih banyak waktu untuk hobi".
      Hmm.. berarti saya harus sering2 ya nggoda'in tante Lis? Asik. haha..
      (aduh ma'af ya Om saya cuma bercanda kok..)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hahaha, aduh om saya mau ngumpet saja deh.
        Ngumpet di mana baiknya? Soalnya tempat ngumpet nggak ada yang aman.

        Hapus
    5. Bener2 Mbak, yg nomor 1 itu aku pernah down banget saat kakiku cidera Mbak. sampai duh hidup tu burem gitu. Trs sama mas bojo disuruh nulis minimal 10 hal kecil yg masih bisa aku lakuin. Biar nambah syukur katanya. Dan memang bener, walau kaki cidera berat, aku masih bisa baca dg mata, nulis dengan tangan, dll yg simpel2 gt Mbak..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Alhamdulilah, saya juga melakukan membuat jurnal, mbak. Hehe

        Hapus
    6. Baru sadar kalo banyak hal sederhana yang lupa saya lakukan untuk bisa bahagia.....tq telah berbagi

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ayo sekarang lakukan, om, dan sama-sana. Hehe

        Hapus
    7. yang paling mudah mbah lakuin no.3 & rasa syukur membuat mbah tenang

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dengan bersyukur akan bahagia sepanjang masa, ya, mbah As. Dan saya setuju itu. Hehe

        Hapus
    8. setelah nulis berasa lebih sadar & tenang

      BalasHapus
      Balasan
      1. Juga mendapat ide yang lebih produktif. Hehe

        Hapus
    9. Sebenernya sederhana, terkadang susah untuk melakukanya.
      Kalo yang no 4, kadang bisa dilakukan namun kadang juga datang sendiri lagi.

      Kalo olahraga aku gak pernah sama sekali. Huhuu.
      Hoby, iya kadang aku nulis tek posting di blog kalo di komen itu rasanya bahagia. Dengerin lagu dari band favorit juga bikin bahagia, itu udah aku rasakan. Kadang ilang kadang sedihnya datang lagi.

      Kalo dalm ruangan terus itu kel narapidana. Bikin stresss.

      Bahagia itu kita yang ciptakan. Gimana hati kita.
      Sipp ini artikelnya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ya setuju, bahagia berasal dari dalam jiwa sebab itu jangan buat hidup ini bersedih. Hehe

        Hapus
    10. Bahagia, sebenarnya bahagia itu milik semua orang yang pandai bersyukur, jadi mereka yang pandai bersyukur-lah yang akan merasakan kebahagiaan

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dan yang tak bersyukur maka tak bahagia, ya, mbak. Hehe

        Hapus
    11. Aku hari ini bahagia banget karena sudah mulai sembuh dari sakit giginya,, hehehehhe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Alhamdulilah, semoga giginya tak sakit lagi. Hehe

        Hapus
    12. sy brusaha bahagia setiap hari mba

      BalasHapus
      Balasan
      1. Nah, itu sangat baik, mas. Hehe

        Hapus
    13. Untuk merasa bahagia, saya harus membuang jauh-jauh perasaan sedih, mbak... jadi berusaha setiap hari untuk selalu ceria, apapun kondisinya...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Setuju, mang, karena dengan membuang perasaan sedih bahagia yang didapatkan. Hehe

        Hapus
    14. Untuk merasa bahagia, saya harus membuang jauh-jauh perasaan sedih, saya setuju dengan Mas Maman Achman dengan kata-kata tsb diatas

      BalasHapus
    15. Owh,, ternyata yg menyebabkan saya kurang bergairah adalh kurang nyasinar matahari,,,, sy ketemu matahri paling jam 10 pagi, mantap mbak brow :-D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Makanya kamu sering-sering berjemur matahari biar tubuh sehat. Hehe

        Hapus
    16. bahagia nggak bahagia saya mah selalu berusaha tetap nyantey kaya dipantey, soalnya selalu memaksimalkan waktu dengan menjalani hobi sih tiap waktunya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Nah, yang nyantai kayak di pantai itu, mang, yang mantep apa lagi ditemani secangkir kopi + ubi cilembu bakar. Hehe

        Hapus
      2. semua itu akan menjadi hambar kalau ngga juga disampingnya ada neng Lisa...*ehh

        Hapus
      3. Agar tak hambar bisa di kasih garam ataupun penyedap rasa, mang. Hehe

        Hapus
    17. Fokus pada poin nomer 6.
      Melepas hal-hal yang membuat pikiran tak nyaman, aku rasa kita akan lebih mudah menemukan kebahagiaan.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Tapi banyak orang sulit melakukan itu, lho, kang Djacka. Hehe

        Hapus
    18. Kalau saya mengartikan kebahagiaan itu simple. Asal bisa ngopi hari ini sudah bahagia.

      Poin no 4 menjadi kunci agar bisa awet muda seperti saya, trust me it work !! 😂

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sip banget itu, mas Bim, setiap saat ngopi dan tambah awet muda apalagi ngopinya dibarengi nambang berlian, hehe

        Hapus
      2. Setiap orang beda2 mengartikan kebahagiaan itu, beda pula caranya

        Hapus
    19. Balasan
      1. Dicoba, mang, siapa tahu tambah bahagia. Hehe

        Hapus
    20. bahagia inginan smua ya mb, slm hangat :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya, salam hangat kembali. Hehe

        Hapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.