Header Ads

  • Berita Terkini

    Hidup Kaya tanpa Harus Memiliki Banyak Uang, Inilah Caranya

    Pernahkah kamu berpikir rasa menyesal karena tidak memiliki uang banyak yang bisa untuk membeli mobil, motor, juga kehidupan mewah yang selalu kamu inginkan?



    Sering saya melihat orang menjadi depresi karena mereka kekurangan keuangan. Banyak remaja kehilangan awal kehidupan hanya karena orang tua mereka tidak mampu membelikan gadget terbaru seperti teman-teman mereka yang mampu atau memiliki uang banyak.

    Banyak orang mengatakan uang adalah segalanya. Namun, sebenarnya uang bukanlah segalanya. Uang mungkin bisa membeli sesuatu yang membuat kamu merasa bahagia, tapi kebahagiaan yang sebenarnya adalah dari dalam diri kamu bukan karena memiliki uang banyak dan menjadi orang yang kaya.

    Saya mempunyai banyak teman yang memiliki sangat sedikit uang untuk cadangan kebutuhan kehidupannya, namun hidup mereka sangat kaya. Gaya hidup mereka, kepuasan pribadi mereka, dan penerimaan mereka terhadap diri mereka sendiri adalah apa yang membuat mereka tampak kaya. Hal ini dapat kamu jadikan motivasi supaya hidup kamu kaya tanpa harus memiliki uang banyak. Percayalah, segala sesuatu jika kamu barengi rasa bersyukur atas apa yang kamu dapatkan hari ini maka akan membuat kamu bahagia dan menjadi orang kaya.

    Berikut adalah beberapa cara agar kamu dapat menjalani kehidupan yang kaya tanpa harus memiliki banyak uang.

    1. Belajarlah untuk menerima diri sendiri.
    Ini mungkin sulit bagi kamu untuk memahami bahwa uang tidak harus menjadi prioritas utama. Mengapa? untuk menjadi kaya dalam sekejap sangat mudah, namun perlu diingat bahwa uang akan habis dengan waktu singkat dan kemudian akan kehilangan semua apa yang kamu miliki. Keinginan banyak uang itu wajar, tapi jangan kelewatan sehingga kamu perlu mengganti keinginan itu dari pribadi dengan penerimaan dan belajar untuk tetap bahagia dengan apa yang sekarang kamu miliki.

    Mencari ketenangan batin dan belajar untuk mengendalikan keinginan maka hidup kamu akan terkendali. Jika kamu menemukan diri kamu terobsesi dengan hal yang kamu inginkan, tetapi tidak memiliki banyak uang, cobalah untuk mengambil kertas dan menuliskan bahwa kamu tidak apa-apa untuk tidak memiliki hal-hal yang mewah.

    Direkomendasikan untuk Anda:


    2. Menjadi kreatif.
    Kamu perlu menjadi kreatif untuk mengelola keuangan pribadi kamu dan tetap senang bahkan jika kamu tidak memiliki banyak uang. Jika kamu banyak uang, kamu bisa membeli. Jika kamu tidak banyak uang, kamu masih tetap menerima bahwa kamu tidak membelinya. Ya, tidak memiliki banyak uang tetapi kamu kreatif itu kamu sudah menjadi kaya.

    Belajar untuk menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil. Misalnya menggambar, mengambil foto, dan menciptakan sesuatu yang membuat kamu merasa damai. Kebahagiaan dalam diri kamu adalah suatu kekayaan yang abadi.

    3. Tetap otentik.
    Kamu harus tetap jujur pada diri sendiri untuk menjadikan hidup kaya. Jika kamu menemukan kedamaian batin dan melakukan hal yang kamu sukai, kamu mencerminkan ketenangan batin dari diri kamu. Kekayaan tidak lebih besar dari memahami apa yang kamu lakukan dalam hidup.

    Terlepas dari situasi keuangan kamu, cobalah untuk percaya pada diri sendiri sehingga kamu bisa tetap bahagia, menikmati hal-hal kecil dalam hidupmu, dan menjaga diri tetap termotivasi.

    4. Lakukan apa yang kamu cintai.
    Banyak uang adalah apa yang kebanyakan orang sebut menjadi kaya. Namun, jika orang tidak senang dengan pekerjaan mereka, ia mungkin menganggap dirinya orang paling miskin di dunia.

    Seperti contoh, Bill Gates tidak akan menjadi orang terkaya di dunia jika tidak ada Microsoft. Orang-orang yang mengejar apa yang mereka cintai selalu sukses lebih dari orang-orang yang bekerja di luar paksaan. Semakin kamu mulai melakukan apa yang kamu cintai, semakin banyak uang akan terus mengalir ke dalam hidup kamu. Bahkan jika tidak, kamu masih bisa tetap bahagia dari kekayaan dalam diri kamu.

    5. Tetap rendah hati.
    Jika kamu rendah hati, kamu akan mampu mengembangkan kemampuan untuk merasakan lingkungan dan bisa bekerja sesuai hati kamu.

    Misalnya, melihat orang-orang seperti A dan B, dengan membandingkan bagaimana menjalani kehidupan mereka. Mereka lembut, menyadari nilai dari kehidupan mereka, dan selalu kuat dalam pikiran mereka. A meninggalkan kemakmuran yang materialistis untuk menjalani kehidupan biarawan dan menemukan kekayaan dalam dirinya. Sedangkan B adalah orang dari keluarga miskin menjadi kaya, namun mereka tetap memiliki redah hati.

    Cobalah untuk menjadi rendah hati dan tersenyum untuk membuat orang lain tersenyum. Jika kamu berhasil membuat orang lain bahagia, kamu benar-benar menjadi orang kaya.

    6. Murah hati.
    Memberikan uang bukan satu-satunya tindakan kebaikan. Bahkan, saya tidak akan menyebutnya menjadi murah hati sama sekali tidak. Kedermawanan adalah apa yang berasal dari dalam hati. Ketika kamu memberi seseorang sesuatu dengan rasa iklas dan kamu merasa bahagia, perasaan itulah yang membuat kamu merasa kaya. Kamu juga perlu menyadari bahwa berbagi apa yang kamu miliki, tanpa berpikir tentang berapa banyak kamu memberi dan membatu, hal itu adalah tindakan kebaikan yang berarti.

    Selain itu, memberikan perhatian penuh kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan dari kamu. Tentunya kamu akan lebih merasa bahagia karena telah membuat orang lain merasa baik dan senang dan kamu pun bisa disebut kaya.

    7. Membangun hubungan.
    Kekayaan yang nyata bahwa kamu bisa membangun melalui hubungan. Orang perlu menghargai hubungan mereka lebih dari apa pun. Berusaha untuk membuat koneksi emosional dengan keluarga kamu, teman kamu, pasangan kamu, dan orang-orang yang bertemu kamu secara teratur.

    Intinya, kaya bukan berarti banyak uang tapi kaya itu adalah datang dari hati kamu. Untuk itu jangan pernah diri merasa miskin tanpa uang.

    Well, apakah kamu ingin menjadi orang kaya tanpa banyak uang? Jika ya, lakukan hal-hal yang telah dipaparkan di atas. Good luck untuk kamu!

    24 komentar:

    1. Hidup bahagia dengan rasa syukur. Karena ukuran bahagia bukan terletak pada uang, tapi rasa syukur, hanya orang yang mampu bersyukurlah yang bisa merasakan kebahagiaan
      semoga Allah tambahkan nikmat-Nya

      BalasHapus
      Balasan
      1. saya juga mengaminkan neng Maya ajah atuh

        Hapus
    2. makasih mbak, masukkannya. masih harus banyak bersyukur ni :D
      semoga rezeki dan berkah sang rabb, meliputi umatnya. dan kita-kita juga. aamiin.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Amin, begitulah yang diharapkan, mas.

        Hapus
    3. Walau makan sederhana, Walau baju sederhana (Asal menutup aurat). Walau makan sederhana. Walau baju sederhana
      Walau serba sederhana. Asal sehat jiwa raga Dan juga hutang tak punya...
      Itulah orang yang kaya (.malah teringat langunya bang haji mbak nel hehehe .)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hahaha, betul-betul, mas, mirip lagu bang hari Rhoma.

        Hapus
    4. Intinya, kita harus tetap bersyukur dan tak mudah mengeluh agar hidup jadi tenang. Hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul sekali, dengan demikian hidup bisa enjoy. Hehe

        Hapus
    5. Alhamdulillah.. Dengan menerima diri sendiri apa adanya rasanya tidak tergiur pada kehidupan yang serba mewah, seperti layaknya orang-orang kaya baru (baru jadi orang kaya) 😂
      Bagi saya pribadi uang adalah sahabat, dan teman dekat, ya terkadang sering curhat sama uang, saling bekerja sama, nongkrong baru di caffe, ngopi bareng di warkopnya Paijo dan lain sebagainya.

      Apalagi jika lihat orang susah, teman saya yang didalam dompet ini selalu gerak minta keluar 😂

      BalasHapus
      Balasan
      1. Juga teman ngeblog ya mas. Hehe

        Hapus
    6. menerima diri sendiri membuat kita lebih banyak bersyukur kemudian dapat menikmati hidup ini

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul mas dengan bersyukur hidup akan tetap bahagia.

        Hapus
    7. Intinya adalah tetap bersyukur, agar kita bisa kaya tanpa harus banyak uang

      BalasHapus
    8. menjadi kreatif, itu intinya ya Mbak. Sepakat banget, keren ide postingannya Mbak :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mbak Wahyu dengan kreatif semua pasti berjalan dengan baik.

        Hapus
    9. uang tidak bisa dijadikan tolak ukur kebahagiaan seseorang., hanya orang yang selalu bisa bersyukurlah yang akan menemukan kebahagiaan dalam hati seseorang tersebut..

      hati dan fikiran juga sangat berpengaruh., kita bisa senang dan kita juga bisa sedih, itu karena faktor hati dan pemikiran kita.

      BalasHapus
    10. Yups benar sekali, walau penghasilan tidak dahsyat tapi "tidak banyak maunya(konsumtif)" terasa kaya deh...

      BalasHapus
    11. tetap rendah hati dan murah hati :D mungkin dalam bahasa jawa "narimo ing pandum" ya mbak :D terimakasih sudah berbagi :D

      BalasHapus
    12. Kalo pingin hidup tenang, hidup lah apa adanya. Jangan ngoyo, ntar setres sendiri.

      BalasHapus
    13. Memang betul!

      Tapi terkadang tidak semua orang bisa untuk melakukannya?

      Suwun mbak wis ngelingke!

      BalasHapus
    14. Meski kadang susah untuk diikuti tapi jika dicoba sedikit demi sedikit akan jadi sempurna

      BalasHapus
    15. pola pikir & hati adalah kuncinya... selalu ingat tujuan hidup akan membantu meringankan beban apapun

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.