Header Ads

  • Berita Terkini

    Pemasaran: 4 Tips Bisnis Online Agar Lebih Efektif dan Sukses

    Banyak bisnis kecil dan besar mulai melebarkan sayap ke bisnis online. Mereka membuat website untuk pemasaran produk bisnis milik mereka. Sayangnya, pemasaran produk secara online tidak semudah membalikan telapak tangan.



    Terkadang banyak anggaran yang terbuang sia-sia untuk pemasaran online. Tentu ini kurang baik untuk keuangan sebuah bisnis, jika ada sisi dimana pengeluaran jauh lebih besar daripada pemasukan. Dan ini bisa menyebabkan sebuah bisnis gulung tikar.

    Jika kamu seorang pembisnis yang menggunakan pemasaran online untuk promosi dan menjual produk. Kamu tidak perlu khawatir, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar pemasaran online tersebut lebih terarah dan efektif. Sehingga, bisnis kamu dapat berkembang pesat dan keuntungan menjadi berlipat ganda. Berikut adalah tips yang perlu kamu perhatikan untuk pemasaran online suatu bisnis.

    1. Jangan Lupa Audiens
    Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan tidak melupakan audiens atau pelanggan. Ini sangat sederhana, namun ia menjadi sebuah ujung tombak dalam pemasaran online. Banyak penelitian tentang pemasaran online yang menyatakan hal ini.

    Perlu kamu sadari audiens memiliki peranan penting dari sebuah kemajuan bisnis yang menggunakan pemasaran online. Tanpa audiens, pemasaran online yang dilakukan akan sia-sia. Oleh karena itu jangan lupakan audiens kamu. Buat mereka merasa nyaman ada di website kamu, sehingga mereka berlangganan email atau membookmark website bisnis kamu.

    2. Gunakan Pemasaran Konten
    Selain melakukan iklan untuk pemasaran produk tersebut. Pemasaran menggunakan konten sangat-sangat efektif. Konten untuk pemasaran yang dimaksud bisa berupa tulisan, audio, gambar maupun video.

    Konten di sini bukan untuk menjual. Namun lebih ke pemahaman kepada audiens tentang manfaat dari produk bisnis kamu. Misalnya kamu menjual produk kesehatan untuk menurunkan berat badan. Kamu sebaiknya membuat konten tentang manfaat memiliki berat badan yang ideal dan sebagainya.

    Pemasaran menggunakan konten sebenarnya jauh lebih murah untuk jangka panjang bila dibanding dengan iklan. Namun idealnya, pemasaran dengan konten didukung pemasaran menggunakan iklan. Tujuannya tentu agar audiens membeli produk bisnis kamu.

    3. Aktif di Sosial Media
    Dunia online tidak lepas dari sebuah media sosial. Di sana terdapat banyak calon audiens yang kemudian menjadi pembeli potensional produk kamu. Aktif di sebuah media sosial sangat penting bagi kamu yang melakukan pemasaran secara online.

    Di media sosial kita bisa mendapatkan lebih banyak audiens yang sangat potensial. Maka dari itu aktiflah di media sosial untuk mendapatkan lebih banyak audiens. Jika memiliki tim, alangkah lebih baik jika aktif di semua media sosial. Namun, jika sebaliknya, fokuskan untuk mencari di satu media sosial, Facebook misalnya.

    4. Memahami Pentingnya SEO
    Untuk menghemat biaya pemasaran online dalam jangka panjang. Kamu perlu memahami pentingnya SEO dalam pemasaran online. Mesin pencari seperti Google merupakan salah satu alat yang cukup efektif untuk mendapatkan pembeli potensial.

    Untuk itu kamu perlu memahami SEO. Mesin pencari seperti Google dan yang lainnya memberikan peringkat pada suatu website bukan secara acak. Ada faktor yang mempengaruhinya, SEO adalah jawabannya. Jadi jangan melupakan SEO dalam melakukan pemasaran online suatu bisnis. Peranannya sangat besar dalam kemajuan sebuah bisnis.

    Itulah 4 tips melakukan pemasaran online suatu produk. Pemasaran online sangat penting untuk menjangkau lebih banyak audiens. Sehingga produk bisnis kamu akan lebih dikenal oleh masyarakat. Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, kenalkan produk tersebut kepada masyarakat, setelah mereka mengenalanya, maka mereka akan membeli produk tersebut.

    18 komentar:

    1. Bisnis online sepertinya menyenangkan ya, apalagi untuk yang aktif di medsos, sekarang nemang sedang marak bisnis online ini, terima kasih share ilmunya salam

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kelihatannya memang menyenangkan, mbak, tapi belum tentu senang. Hehe

        Hapus
    2. Rahasia bisnis online memang harus ulet dan sabar. Promosi adalah hal yang penting dalam bisnis apa pun

      BalasHapus
      Balasan
      1. Termasuk promosi blog, mas. Hehe

        Hapus
    3. akan sangat bersemangat memang jika bisnis online sudah dan sedang berjalan, tetapi ingat, menuju kesana itu butuh keuletan yang makjleb loch

      BalasHapus
      Balasan
      1. Benar, mang, keuletan yang diperlukan, jika tidak pasti akan terasa hambar. Hehe

        Hapus
    4. dimana mana bisnis online ya.. poin ke empat tuh kayaknya paling sulit ya mba..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Poin ke 4 terlihat sulit, mbak tapi itu sebenarnya mudah kok. Hehe

        Hapus
    5. Aku bener2 nggak ngerti kalol SEO. Biar terindex dengan baik sama gugel... masih harus banyak belajar nih. MAkasih sharingnya ya :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama-sama, mbak, mengenali seo itu pelan-pelan nanti juga ngerti kok. Hehe

        Hapus
    6. 3 point diatas bisa diikuti, point terakhir doang yang masih sulit dilakukan T_T

      BalasHapus
      Balasan
      1. Memang agak sulit, mas tapi jika ada niat pasti baik-baik saja kok. Hehe

        Hapus
    7. Aku sih dulu membangun olshop nggak pake blog mbak. Tapi pusing harus aktif di sosial media.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Memang sist,tapi olsop harus aktif di medsos agar hasilnya banyak pelanggan

        Hapus
    8. Muantappp mbak tipsnya saya juga sebagai pemasar pemula harus bisa nih mempelajari ilmunya agar jago.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Silahkan, mas, semoga sukses usahanya.

        Hapus
    9. aku belum pernah punya pengalaman bisnis online, dan sepertinya juga gak jago main bisnis online, huh:(, tapi mungkin tips diatas bisa membantu orang2 yg ingin sukses berbisnis online:)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kalau ada minat bisa kok mas belajar. Hehe

        Hapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.