Header Ads

  • Berita Terkini

    Cara Mudah Membuat Bakpao, Resep Camilan Keluarga

    Musim hujan yang paling enak adalah ngemil, tapi mau keluar rumah untuk membeli makanan ringan rasanya malas, karena hujan tak ada berhenti, hal ini membuat jenuh. Tapi kita bisa membuat camilan sendiri di rumah, agar rasa jenuh hilang dan kembali bersemangat. Bingung apa yang mau dibuat?  Hemmm, jangan bingung lagi, karena saya kembali dengan membawakan resep masakan keluarga, kali ini akan saya bagikan adalah cara membuat Bakpao. Sudah pada tahu 'kan? Apa itu Bakpao? Tapi Bakpao yang saya buat tidak ada isinya, jika mana sahabat yang baca resep ini mau memberi tambahan isi berupa kacang hijau, kacang merah dll, bisa saja, yang pastinya menurut selera masing-masing dan resep ini dapat di buat berpariasi. Baiklah. Mari kita sediakan bahan dan cara membuatnya yang sangat simple dan mudah.

    Cara mudah membuat Bakpao.




    Bahan:
    500 gram tepung terigu
    50 gram gula pasir
    6 gram yeast atau ragi
    250 ml air 

    Cara membuat:
    Siapkan wadah yang bersih, lalu masukan yeast atau ragi, gula dan air kedalam wadah tersebut, lalu aduk sampai butiran gula larut, kemudian masukan tepung terigu (tepung sisakan sedikit) aduk dan uli hinga menjadi adunan, lalu diamkan selama 5 menit.

    Setelah itu taruh sisa tepung tadi di atas meja atau talanan ratakan, kemudian ambil adunan tadi letakan di atas tepung lalu giling memanjang dan kemudian olesin dengan air, terus lipat dari ujung kanan ketengah dan ujung kiri ketengah.

    Kemudian giling lagi menjadi memanjang dan melebar, setelah itu gulung, setelah digulung rapi potong menjadi 8 bagian, kemudian susun di atas tempat yang rata dan tutup rapat selama 20 menit agar adunan tadi mengembang, setelah itu dikukus selama 20 menit, dan Bakpao siap saji.

    Di bawah ini gambar proses pembuatan silahkan dilihat.




    Begitulah sajian resep masakan keluarga hari ini, semoga bermanfaat dan dapat untuk menghilangkan kejenuhan saat musim penghujan, pastinya ada camilan untuk teman kopi atau teh hangat.

    Selamat mencoba!

    30 komentar:

    1. sepertinya bagus juga nih, kalau malam minggu ini ibue dikasih resep bakpao diatas, pas buat camilan malam minggu sambil nonton UFC deh

      BalasHapus
      Balasan
      1. Nah, itu mah mantep apa lagi di tambah kopi hitam. hehe

        Hapus
      2. sangat makjleb lagi ditambahi lagi dengan UBI CILEMBU Oven yang diambil dari kebun belakang rumah...ehmmm...

        Hapus
      3. Ubi cilembu oven? Ini bikin ngiler saya, mas. haha

        Hapus
    2. hayooo bikin mbak, kirim ke palembang ya mbak :p

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sudah kemarin bikinnya, nanti tak kirim deh via JNE. hehe

        Hapus
      2. hahaha keburu abis donk mbak :p

        Hapus
    3. sepertinya buatnya mudah tapi kalo pas dicoba susah:D, btw aku belum pernah makan bakao jadi penasaran rasanya gimana ..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Rasanya lezat deh, ayo di coba. hehe

        Hapus
    4. Kalau musim hujan gini kayanya emang cocok bakpao jadi teman biar nggak kedinginan.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Benar sist, apalagi di tambah kopi hangat. hehe

        Hapus
    5. yang aku tahu Bakpao itu seperti yang di makan sama "Jackie Chan", iya Jackie Chan yg ada di film action itu loh!, haha

      okey Lis makasih sharenya.., kapan2 kalau pingin biar aku buat di rumah.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hahaha.
        Emang Jackie Chan suka makan bakpao, mas.

        Cobalah mudah sekali kok. hehe

        Hapus
    6. Mantap, apalagi isinya bakpaunya kacang hijau dan segelas kopi susu dihidangkan dikala hujan lebat..!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehe. Itu lengkap dan pasti hujan lebat pun tak terasa lagi.

        Hapus
    7. Ya ampun, sesimpel ini bahan-bahannya?

      Ntar cobain ahh...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas, simpel bisa di coba, klau dah dicoba jangan lupa bagi-bagi dengan saya ya. hehe

        Hapus
      2. Oke, tapi jangan salahin saya ya kalo nanti hasil akhirnya rasanya kaya sepatu.

        Hapus
      3. Hahaha... kalau rasanya seperti sepatu, tapi sepatu hujan itu bisa di pakai ke tetangga.

        Hapus
    8. bakpao memang cemilan sehat, aku suka isi coklat, dinikmati selagi hangat bakpao lebih nikmat

      BalasHapus
      Balasan
      1. Apalagi kalo gratis, itu lebih nikmat lagi mbak, hahaha

        Hapus
      2. @mbk Maya, ya betul apa lagi gratis seperti yang di bilang @mas Riza itu. hehe

        Hapus
    9. bakpao anget, pas banget buat cemilan ngeblog saat musim hujan kayak gini. :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ini lebih cocok lagi, mbak Amel, ngeblog sambil ngemil bakpao, saking asyiknya habis 5 nggak terasa. hehe

        Hapus
    10. Balasan
      1. Kalau pengen ambil, tapi satu saja, ya. hehe

        Hapus
    11. Ehmm... liat gambarnya aja udah enak.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Apalagi bakpao beneran ya, pasti lebih lezat. hehe

        Hapus
    12. sepertinya ada yang kurang nih resepnya..., bikin isian bakpao nya gmn mbak.., hehehe....

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bakpao yang saya buat ini tidak bada isinya, mas. kalau cara membuat isi bakpao, nanti insya allah saya update lagi. hehe

        Hapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.