Header Ads

  • Berita Terkini

    6 Tanda Ini Menunjukan Kamu adalah Seorang Penulis yang Lebih Baik

    Menjadi seorang penulis bukan perkara mudah. Namun semua orang bisa menjadi penulis handal selama mau belajar secara giat. Sayangnya, banyak dari kita yang merasa tidak memiliki kemampuan menulis, sehingga enggan untuk belajar.



    Kebanyakan orang beranggapan menulis adalah sebuah bakat. Pada kenyataannya menulis adalah sebuah keterampilan. Semakin sering dilakukan, maka ia akan semakin memiliki kemampuan tersebut. Sehingga dapat menulis dengan baik dan bisa menjadi penulis yang produktif.

    Berikut adalah 6 tanda bahwa kamu memiliki kemampuan menulis dan bisa menjadi penulis handal ternama kedepannya. Adapun tanda-tandanya kami jelaskan di bawah ini.

    1. Memiliki Banyak Kata
    Seorang penulis diwajibkan memiliki banyak kata. Semakin banyak kata yang dimiliki, semakin baik pula karya tulis yang akan di hasilkan. Ibarat, sebuah rumah akan indah bila memiliki banyak perabotan di dalamnya.

    Maka dari itu, jika kamu memiliki banyak kata-kata, ini menjadi tanda besar kamu bisa menjadi penulis handal. Kata-kata tersebut bisa kamu temukan dari aktivitas membaca, baik karya sastra maupun non sastra.

    2. Suka Membaca
    Memiliki banyak kata adalah salah satu syarat menjadi seorang penulis. Jika kamu menyukai membaca, kamu memiliki kemungkinan besar menjadi seorang penulis.

    Mengapa? Karena aktivitas membaca adalah aktivitas di mana kamu bisa mengumpulkan banyak kata-kata baru yang bisa dijadikan bahan tulisan. Semakin sering membaca, semakin banyak kamu mengoleksi kata, semakin baik pula untuk menjadi seorang penulis.

    3. Lebih memilih menulis daripada mengatakannya
    Terkadang kita memiliki uneg-uneg. Nah, seorang yang memiliki kemampuan menulis atau berpeluang menjadi penulis, ia lebih memilih menyampaikan uneg-uneg tersebut melalui tulisan.

    Misalnya, kamu ingin menyampaikan aspirasi atau keluhan kamu kepada pemerintah. Kamu lebih memilih menyampaikannya melalui karya tulis dari pada menyampaikan secara langsung, seperti mengajak orang atau ikut gabung berunjuk rasa dan mendatanginya secara langsung.

    4. Tidak Pernah Berhenti Menulis
    Seorang penulis handal ia tidak akan pernah berhenti menulis. Ia akan selalu meluangkan waktu untuk menulis meski hanya satu paragraf.

    Dari penjelasan tersebut, jelas, jika seseorang selalu bisa meluangkan sedikit waktunya untuk menulis, ia berpeluang menjadi penulis handal.

    5. Melihat Setiap Pengalaman Sebagai Bahan Tulisan
    Seorang yang memiliki peluang untuk menjadi penulis handal. Ia bisa menjadikan setiap pengalamannya sebagai bahan tulisan. Bahkan pengalaman kecil sekalipun.

    Di setiap pengalamannya ia bisa mengambil ide sebagai karya tulis fiksi maupun non fiksi. Dari pengalaman itulah akan terlahir karya-karya yang wow.

    6. Menghargai Karya Tulis Orang Lain
    Setiap penulis ingin karya tulisnya dihargai oleh orang lain. Jika kamu bisa menghargai karya tulis orang, ini bertanda kamu bisa menjadi seorang penulis yang lebih baik. Karena kamu tidak akan main ambil karya orang lain. Maka dari itu, hargailah karya orang lain. Jika kamu ingin menjadi penulis yang handal.

    Itulah 6 tanda orang yang memiliki peluang menjadi penulis yang handal dan lebih baik lagi. Apakah kamu memiliki satu atau lebih dari 6 tanda di atas?

    39 komentar:

    1. 2,3,4,5,6 , betul itu mbak. heheheh

      BalasHapus
      Balasan
      1. dari poin itu justru akan muncul poin 1...tauuuu

        Hapus
      2. hahahah seharusnyakan point dua dulu baru satu mang lembu :p

        Hapus
      3. Iya ya.. kok poin satunya ditinggal.. hehe

        Hapus
    2. Jangan pernah berhenti untuk menulis. Tulis apa saja yang ada dipikiranmu maka dengan begitu kita akan menjadi penulis. Rajin membaca tentu penting untuk menambah kosa kata baru dipikiran kita.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dan semua itu akan menjadi sebuah ketrampilan. hehe

        Hapus
    3. Setelah membaca tanda tanda Di atas .yang no. 4 itu yang belum konsisten saya.. Moga aja suatu saat saya juga mnjadi penulis handal
      😂😂😂

      BalasHapus
      Balasan
      1. Semoga kedepannya lebih konsisten, mas, pelan namun pasti. hehe

        Hapus
    4. Tanda-tandanya aq banget, mungkin aku bisa jadi penulis hadal kedepennya amin. Blog ku aja nyampe 2 kali update loh mbk sehari.

      BalasHapus
    5. 7. Baca semua & Komentar di Blog ini... 'LOL' :D
      8. Gak mengutamakan $

      BalasHapus
    6. kayanya dari tanda2 diatas aku gak masuk dh:(

      BalasHapus
    7. sepertinya belum ada semua tanda-tanda ini pada diri saya, tanda-tanda apakah ini... :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Tanda-tanda itu tu.. apa ya tadi lupa.. wkwkwk

        Hapus
      2. tanda lahir mirip panu di leher kanan atas ....*eh

        Hapus
    8. Kalau saya sendiri alhamdulillah udah berhasil menelurkan belasan buku. Berarti terlatih kan menulisnya ?

      BalasHapus
      Balasan
      1. mastah penulis buku banget, beberapa pernah takbaca secara mendalam karya mang M Adam Hussein, SPd, PQHi mah

        Hapus
      2. Itu namanya bukan terlatih lagi, mas Muhammad Adam, tapi sudah lebih dari kreatif dan super sekali, juga patut diteladani. Supaya bisa menulis dan mengemas menjadi buku.

        Hapus
      3. makanya sering maen kerumahnya dong neng

        Hapus
    9. kesepakatan yang kudu dirayakan dengan toss dan peluk cium nih...agar 6 tanda diatas menjadi semakin makjleb dan meyakinkan kalau saya teh setuju pisan

      BalasHapus
    10. Ternyata saya masih jauh ya menjadi penulis yang baik :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehehe. Jangan berkecil hati, semua pasti bisa kok asal ada niat dan tekun menulis.

        Hapus
    11. poin 1 dan 4 kayaknya saya belum masuk deh, perlu belajar lagi biar jadi penulis blog yang baik

      BalasHapus
    12. kalo menulis terus kerjaannya kapan makannya mba? :D tapi soal menulis bukan emang benar. menulis adalah skill

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehe.. saya lebih suka mengatakan bakat, mas daripada skill.

        Hapus
    13. Aku bingung mbak luangin waktu buat nulis...

      BalasHapus
    14. Kalo mau jadi penulis harus hobi baca, biar perbendaharaan katanya banyak..

      BalasHapus
    15. Nah bener banget tuh mbak, aku suk baca semuanya nggak cuma buku aja tp semuanya pokoknya bisa dibaca, aku jg lebih suka menuliskan apa yang aku pikirkan dibanding mengatakannya. Makanya dari SD aku udah punya buku diary. Aku juga menjadikan pengalamanku sebagai inspirasi. Pengalaman sekecil apapun bisa dikembangkan dan aku punya komitmen sama diri sendiri untuk terus nulis.

      Ah intinya semua yg mbak bilang itu bener.

      BalasHapus
    16. Aduh dari 6 yg itu saya hanya punya satu :-D msh 5 lagi berarti yg harus di kejar

      BalasHapus
    17. penulis yang baik tentunya bisa menghargai karya tulis-an org lain, bagaimana pun piawainya seorg penulis dia tetap butuh bacaan, karena dg membaca ia akan tahu kekurangannya sbg penulis

      BalasHapus
    18. Nomer 3 itu keren banget.
      Daripada kita berteriak teriak menyampaikan aspirasi lewat kata, mending kita menyampaikan lewat tulisan yang bisa dibaca oleh banyak orang.

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.