Header Ads

  • Berita Terkini

    Cara Sederhana Membuat Telur Kukus Tiga Warna

    Salam kuliner, kembali berjumpa dengan resep masakan keluarga. Kali ini saya akan membagikan resep Telur kukus bitan atau telur hitam (tiga warna).  Resep ini sangat sederhana dan bahannya pun mudah didapatkan. Yaitu terdiri dari tiga jenis telur; Telur asin, telur bitan atau telur hitam, dan telur ayam.

    Telur asin seperti halnya telur pada umumnya, telur asin ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan protein dari telur asin dapat memperkuat otot, menjaga kebugaran tubuh dan baik untuk kesehatan tubuh kita.

    Telur bitan atau telur hitam adalah makanan khas Tionghoa yang dibuat dari telur ayam atau itik yang diawetkan di dalam campuran lempung, abu, garam, kapur tohor dan sekam padi selama beberapa minggu, tergantung metode proses. Telur bitan ini juga dapat dimakan langsung untuk pendaping hidangan, seperti halnya telur kukus, dan masih banyak lagi hidangan lainnya.

    Telur ayam yang tak asing lagi bagi kita, telur yang memiliki kandungan protein ini sangat baik untuk kebutuhan tubuh kita. Maka tak heran masyarakat pada umumnya sangat menyukai telur. Karena telur dapat diolah dengan berbagai masakan dan tentunya akan menambah nafsu makan kita.

    Baiklah, saya akan membagikan cara memasak ketiga telur tersebut, sehingga menjadi masakan yang sedap selain itu kandungan protein yang cukup untuk membantu kebutuhan tubuh kita dan mudah untuk dikerjakan.




    Cara Mudah Membuat Telur Kukus Tiga Warna


    Bahan:
    2 biji telur bitan atau telur hitam.
    2 biji telur asin.
    3 biji telur biasa.
    Sedikit minyak sayur/masak.

    Cara memasak:
    Kupas telur bitam dan telur asin, lalu potong kecil-kecil atau potong dadu, kemudian masukan kepiring atau mangkuk, lalu ambil mangkuk kosong dan pecahkan telur biasa, kemudian beri sedikit minyak sayur/masak, aduk-aduk sampai telur warna kuning dan putih bercampur rata, kemudian tuangkan ke atas telur hitam dan asin yang sudah dipotong tadi. Kemudian dikukus kurang lebih 10-15 menit, setelah masak biarkan dingin, setelah dingin potong-potong siap disajikan.

    Nah, cara yang sangat mudah dan praktis, selain itu akan menambah selera makan. Selamat mencoba!

    25 komentar:

    1. Wahh enak tuh kayanya. Bisa jadi rekomendasi masak besok. Aku suka banget sama telur.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Coba saja, sist, dijamin mantep. hehe

        Hapus
    2. Liat resep masakan mbak lisa jadi Nagih niii perut , aduuuuuh Kayaknya bikin Pecah tu rasanya telur di mulut heheeeeee

      BalasHapus
      Balasan
      1. Pasti bikin kerongcongan ya, mas. hehe

        Btw url blog nya apa, mas?

        Hapus
    3. kembali hadir menyambangi blog Mbak Nelisa...

      apa kabar mbae...
      lama ga basuo...

      semangat ngeblog n BW saya ambrol... jadi luntang lantung gak karuan nih...

      move On terus ya mbak...
      lanjuuuuy.... ;)


      http://4mrana.generasi.net

      BalasHapus
      Balasan
      1. Terima kasih telah datang mengunjungi saya di sini, pak.

        Alhamdulilah kabar saya baik-baik saja, semoga sebaliknya sampean. hehe

        Ya, saya terus menulis dan mnenulis, dan belajar move on. :)

        Ayo, ngopi dan semangat pasti akan kembali. wkwk

        Hapus
    4. Wah saya baru tau telur hitam,yang pasti kalau perut sedang keroncongan pasti disikat habis he..he 😋

      BalasHapus
      Balasan
      1. Benar, mas. Kalau perut sedang keroncongan pasti satu piring ludes. wkwkwk

        Telur hitam kalau dimakan tanpa diolah lagi rasanya adem di perut, dan bikin ketagihan ingin memakannya. Pastinya nyumi deh, mas. hehe

        Hapus
    5. Telur hitam? Unik juga ya wew khas Tionghoa
      Aku paling suka telur kukus atau telur yang ditim biasanya aku menambahkan lada halus hehe sedap
      makasih say, salam kuliner sehat

      BalasHapus
      Balasan
      1. Telur hitam unik, mbak. Tapi rasanya nyumi. hehe
        Cobalah, mbak sekali-kali kukus telur tiga warna, telurbhitam banyak terjual di supermarket.

        Hapus
      2. sip mesti cobain dong, apalg praktis tapi sehat

        Hapus
    6. Balasan
      1. Om Buzz, ketemu lagi di sini 😎

        Hapus
    7. Wah pakai minyak ya mba, saya kurang suka minyak kecuali memang tumisan, tapi saya mau telurnya aja mba buat di maem bulat2 hihii

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya, mas pakai sedikit minyak supaya tak lengket di piring saat dikukus. 😀

        Yang bulat? Suka maem yang bulat, ya. 🤗

        Hapus
    8. Lihat gambarnya aja udah bisa bikin laper.
      Hehe.

      Klu telur 3 warna versi saya (orang yang gak bisa masak) bahannya cukup 1 buah telur ayam saja, caranya di goreng seperti biasa (membuat telur mata sapi) dan buatlah telut itu sedikit agak gosong, nanti kan warna telurnya ada 3, dari bawah item, dari atas putih, dan tengah-tengahnya berwarna kuning.
      Hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bikin perut teriak-teriak, ya mas. 😀

        Wah itu resep yang paling mudah dan lebih praktis lagi.😂

        Hapus
    9. Mantap mbak broww,, maaf telat nich

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kemana saja, bro lama tak kelihatan?

        Hapus
    10. Kak request donk...
      Aku lagi belajar bikin bubur kacang ijo nih... Tapi pengen beda sama yang biasa. Kira-kira ada tidak resep yang berbeda?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kalau bubur kacang ijo bikinan saya pasti beda, mas, soalnya saya tak pakai santan. hehe

        Hapus
    11. Kayaknya boleh dicoba nih masakan dari telur. Tapi ada gak ya telur hitamnya di sini,perasaan baru dengar ada telur bitan.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Silahkan dicoba, mas. Kalau telur bitan banyak terjual di supermarket.

        Hapus
    12. Walahh... pingin nyoba resepnya, tapi di tempat saya susah nyari telur hitamnya, mbak Lis. Hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Di Surabaya kan banyak supermarket kang Djack.. hehe

        Hapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.