Header Ads

  • Berita Terkini

    Rahasia Di Balik Daun Ubi Jalar

    Daun ubi jalar adalah sejenis sayuran yang mudah kita peroleh, bahkan kita pun tidak perlu beli, karena di ladang atau sawah yang kita miliki, terkadang ada tanaman ubi jalar, bahkan di pekarangan rumah kita, untuk menambah penghasilan sayuran. Seperti kita ketahu bagaimana lezatnya sayur daun ubi jalar. Tapi, tahukah apa yang tersembunyi di balik kelezatan sayur tersebut?  Daun ubi jalar, sebenarnya memiliki banyak khasiat, sangat baik untuk tubuh kita (manusia). Nah, di bawah ini beberapa khasiat daun ubi jalar, yang saya kutip dari beberapa sumber. Juga beberapa resep memasak daun ubi jalar, agar tetap berwarna hijau dan tidak mengurangi kelezatannya;

    1. Detox; kaya klorofil, dapat membersihkan darah dalam tubuh kita, dan membantu detoksifikasi.

    2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh; yang mengandung 5 sampai 10 kali lebih tinggi dari sayuran antioksidan biasa, dapat meningkatkan imunitas, pencegahan flu.

    3. Pencegahan anemia; asupan ke seharian, 300 gram daun ubi jalar, kita dapat mengisi kebutuhan tubuh pada zat besi dan vitamin A, C, E, yang diperlukan tubuh kita untuk setiap harinya.

    4. Pencegahan hipertensi; daun ubi jalar yang kaya kalium, membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi.

    5. Mencegah rasa sembelit; daun ubi jalar yang kaya serat makanan, dapat mempromosikan peristaltik gastrointestinal, mencegah sembelit dan wasir.

    6. Anti kanker; daun ubi jalar yang kaya polifenol, dapat mencegah sel-sel kanker.

    7. Mencegah keriput pada kulit; dengan mengkonsumsi daun ubi jalar setiap hari akan mengurangi keriput pada kulit wajah, yang  berdampak penuaan dini.

    8. Mencegah rabun; daun ubi jalar kaya akan vitamin A, dapat memperkuat penglihatan.

    Nah, itu lah beberapa khasiat yang tersembunyi di balik daun ubi jalar!

    ***
    Berikut ini adalah resep memasak daun ubi jalar, yang simpel dan lezat dengan tidak merubah warna hijau dan akan menambah selera makan kita.

    1.  Bawang putih daun ubi jalar:

    - Bahan:
    Daun muda ubi jalar secukupnya.
    Bawang putih secukupnya.
    Minyak wijen secukupnya.
    Garan dan penyedap rasa secukupnya.

    - Cara memasak:
    Cuci bersih daun ubi jalar, lalu panaskan periuk berisi air, setelah air mendidih masukkan daun ubi jalar, lalu tutup periuk, dan tunggu hingga daun ubi jalar masak, setelah masak angkat dan rendam di dalam air dingin kemudian teraskan. Sementara itu, kupas bawang putih dan potong menurut selera, kemudian panaskan wajan/periuk, masukkan minyak wijen, setelah kira-kira minyak panas masukkan irisan bawang putih, kemudian biarkan naik bau dan masukkan daun ubi jalar yang sudah direbus tadi, tambah sedikit air, garam dan penyedap rasa, lalu aduk-aduk sebentar dan angkat.

    2. Saus tiram daun ubi jalar:

    - Bahan:
    Daun muda ubi jalar secukupnya.
    1/2 sendok makan tepung jagung/maizena.
    3 sendok makan air.
    3 sendok makan saus tiram.
    1 biji cabe merah.
    1/3 sendok makan gula putih.
    1/2 sendok teh garam.
    2 siung bawang putih.
    Sedikit minyak masak.

    - Cara memasak:
    Cuci bersih daun ubi jalar, lalu panaskan periuk berisi air, setelah air mendidih masukkan daun ubi jalar, lalu tutup periuk, dan tunggu hingga daun ubi jalar masak, setelah masak angkat dan rendam di dalam air dingin. Kemudian teraskan dan taruh di atas piring. Kemudian panaskan wajan, kupas bawang putih, cuci cabe merah, lalu potong tipis-tipis, kemudian masukkan ke dalam wajan yang sudah di beri minyak masak, aduk pelahan, kemudian masukkan saus tiram, gula, garam, dan tepung jagung/maizena campur air aduk hingga larut, kemudian masukkan dalam wajan tersebut, aduk sampai rata lalu angkat dan siramkan di atas piring yang berisi daun ubi jalar rebus, lalu aduk-aduk hingga rata dan siap disajikan.

    Nah, dengan begitu jangan sia-siakan daun ubi jalar, setelah kita tahu khasiat dan lezatnya, di balik warnanya yang hijau! Semoga bermaanfaat untuk kita semua para pembaca.

    Salam sukses dan Keep writing!


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.