Header Ads

  • Berita Terkini

    Bagaimana Bisa Bekerja Efektif Dengan Meningkatkan Efisiensi


    Bagaimana kita bisa bekerja efektif dengan meningkatkan efisiensi? Tentunya, dengan kerja efisiensi kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, tepat waktu dan dapat menyelesaikan pekerjaan yang berkualitas tinggi. Sekarang di era pembangunan yang serba canggih, kita pun dituntut untuk lebih kreatif, berpikir waktu adalah uang, waktu adalah kehidupan. Seperti mana kita ketahui, bahwa bos pun, tidak suka memiliki staf atau karyawan yang lambat, efisiensi kerja sangat diperlukan oleh kelangsungan hidup perusahaan, dan peran itu ada di tangan karyawan untuk membawa perkembangan perusahaan itu sendiri. Caranya sangat mudah, karena hal itu ada pada diri kita sendiri, bagaimana kita menyikapi agar bisa melakukanya. Nah, berikut ini ada beberapa metode atau prosedur supaya kita bisa bekerja lebih efektif;

    1. Jadwal Kerja:
    Untuk menstabilkan pekerjaan sehari-hari, kita harus menentukan daftar kerja,  sesuai dengan prioritas. Pertama yang harus kita kerjakan; pekerjaan yang paling penting, kemudian yang sederhana, dan kemudian yang paling mudah. Dengan demikian, waktu kita sudah terbagi dengan sendirinya dan tidak terbuang sia-sia.

    2. Fokus:
    Kita harus konsentrasi saat di tempat kerja, karena kita harus mendedikasikan diri untuk bekerja, menghindari gangguan, dan melakukan tanggung jawab kita  sebagai pekerja. Juga mendedikasikan diri untuk tidak pergi meninggalkan tempat kerja hanya untuk mengambil semangkok makanan atau pun segelas minuman.

    3. Memperlancar:
    Yang di maksud memperlancar di sini ialah hal-hal yang rumit, kita jadikan hal yang sederhana, agar pekerjaan kita, yang terasa rumit akan menjadi mudah untuk dilakukan. Kita bisa ibaratkan di depan kita ada sebuah gunung, dan anggaplah sebuah gunung itu hanyalah sebuah bukit kecil yang mudah kita lalui atau kita daki. Dengan demikian, kita tidak terbebani dengan pekerjaan yang rumit.

    4. Belajar:
    Meskipun kita sudah memiliki berbagai pengetahuan, akan tetapi kita masih dituntut  untuk belajar terus menerus, agar lebih efektif menangani masalah saat di tempat kerja yang selalu berubah, menangani masalah yang sulit, agar bisa lebih baik dari sebelumnya, dan meningkatkan kapasitas respon dari pekerjaan agar lebih efisien.

    5. Jangan buang waktu:
    Waktu adalah uang, waktu adalah efisiensi, waktu adalah sumber daya yang paling berharga, dan waktu tidak dapat diperdagangkan. Gunakan waktu sebaik mungkin, agar waktu kerja kita tidak terbuang dengan begitu saja. Dan dengan begitu kita akan dihargai oleh banyak orang.

    6. Istirahat:
    Kerja keras tidak harus membabi buta, seperti mana sapi yang sedang membajak tanah, yang dikendalikan oleh manusia, sapi pun perlu istirahat untuk mengembalikan tenaganya supaya bisa dengan gagahnya melanjutkan tugas. Begitu juga fisik orang pun terbatas, otak juga butuh istirahat, kelebihan beban kerja dapat mengurangi efisiensi, menghasilkan hasil multiplier.  Kita harus mengambil istirahat dalam waktu 30 menit, untuk menikmati secangkir kopi, mendengarkan musik, supaya tubuh dan pikiran kembali bersemangat.

    7. Tubuh yang sehat:
    Tubuh yang sehat untuk mendedikasikan diri untuk bekerja, memiliki energi untuk menghadapi kesulitan pekerjaan. Tidak peduli seberapa ketat siklus kerja, kita harus meluangkan waktu untuk berolahraga, kita dapat menjalankan setengah jam lebih awal di pagi hari, sebelum berangkat bekerja, atau di akhir pekan kita bisa pergi bermain, berenang, dll. Gerakkan adalah untuk bertahan hidup. Tubuh yang sehat adalah insentif untuk bekerja.

    8. Tidur yang cukup:
    Kita harus memiliki tidur yang cukup, karena hal itu tidak hanya untuk mengembalikan fisik kita, tetapi juga memberikan banyak energi untuk hari berikutnya. Tidur, harus menduduki tempat yang penting dalam kehidupan kita, dalam 24 jam, setidaknya 1/3 waktu tidur. Memang ada sebagian orang mengatakan  bahwa tidur tidak dibayar. Namun, tubuh dan otak mendapatkan istirahat yang cukup, dengan demikian kita bisa memiliki usaha yang kuat dalam pekerjaan, juga dalam meningkatkan efisiensi.

    9. Sikap positif:
    Dalam kehidupan, kita harus memiliki sikap untuk mengiringi  apa yang kita lakukan, karena sikap adalah sangat penting. Ketika kita dihadapkan dengan tekanan pekerjaan berat, sikap negatif akan  kita memiliki di dalam kesalahan. Sikap sangat menentukan keberhasilan pekerjaan kita. Sehingga pekerjaan tidak mengalami negatif, pertama  kita perlu mencari terobosan positif, bagaimana membuat diri kita untuk membuka jalan pintas dalam pekerjaan berat. Dengan pemikiran ini, kita bisa berurusan dengan pekerjaan, yang jauh lebih baik.

    Nah, itulah beberapa metode yang dapat saya uraikan di sini, untuk mendapatkan kerja efektif dengan meningkatkan efisiensi. Semoga bermanfaat, untuk kita semua para pembaca!


















    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.