Header Ads

  • Berita Terkini

    Apa yang Dibutuhkan untuk Menjadi Sukses saat Bekerja Dari Rumah?

    Bekerja dari rumah adalah hal yang sangat menarik. Karena kita dapat menekan biaya dan jadwal kerja yang fleksibel. Bukan hanya itu, dengan bekerja di rumah kita dapat bekerja sambil berkumpul bersama keluarga.



    Tapi bekerja di rumah juga bisa dikatakan sulit ketika berada di lingkungan rumah yang tidak mendukung. Misalnya di lingkungan yang bising, sehingga kegiatan kerja kurang maksimal. Namun hal itu dapat diatasi dengan mudah apabila kita bisa benar-benar memiliki minat bekerja di rumah dengan hasil yang baik. Berikut ini yang harus kita lakukan agar pekerjaan kita mendapat hasil yang maksimal.

    1. Fokus

    Bekerja dari rumah membutuhkan fokus dan kemampuan untuk mengabaikan gangguan luar dan dalam. Kebisingan di lingkungan tempat tinggal salah satu contohnya. Untuk itu, kita harus bisa menyiasatinya sehingga kita dapat fokus dan berkerja secara maksimal.

    Juga, jangan menjawab panggilan telepon pribadi jika kamu hanya menyinggung penelepon dengan percakapan singkat. Hal ini bertujuan agar mereka tidak merasa tersinggung. Atau, kamu bisa mematikan jaringan telepon kamu, agar tidak ada gangguan yang berasal dari ponsel kamu.

    Tentukan juga waktu bekerja agar kamu bisa disiplin dan fokus. Membuat jadwal kerja adalah salah satu cara untuk meningkatkan fokus kerja. Selama jadwal kerja, jangan melakukan kegiatan lainnya.

    Agar bekerja dapat lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi. Kamu bisa gunakan teknik Pomodoro, ini merupakan teknik pembagian waktu. Terknik ini, pertama kali dikembangkan oleh Francesco Cirillo sekitar tahun 1980-an.

    Setelah pekerjaan selesai atau jadwal kerja selesai. Kamu bisa melakukan kegiatan lainnya, misalnya menonton televisi, atau belanja. Dengan demikian kamu dapat fokus saat berkerja dan akan mendapatkan hasil yang maksimal.

    2. Disiplin

    Disiplin merupakan persyaratan dari telecommuting. Duduk di depan komputer tidak akan membuat pekerjaan kamu selesai jika kamu teralihkan dengan memeriksa akun Facebook dan Twitter. Untuk itu, sebaiknya kamu menyelesaikan pekerjaan kamu. Setelah pekerjaan selesai, kamu dapat memeriksa akun sosial media kamu.

    Kamu juga dapat mengatasi masalah ini dengan membuat pengaturan di komputer. Buat tab komputer pribadi untuk bekerja di komputer kamu. Agar tidak ada pemberitahuan masuk dari akun sosial media yang akan menganggu kamu saat sedang bekerja.

    3. Organisasi

    Keterampilan organisasi membantu untuk memfasilitasi usaha kerja di rumah yang sukses. Kamu bertanggung jawab dari persediaan stok dan memastikan bahwa kamu memiliki alat yang diperlukan dan peralatan untuk menyelesaikan pekerjaan. Kamu juga harus dapat membedakan antara kegiatan pribadi dan tugas pekerjaan.

    4. Ruang Kerja

    Sebuah ruang kerja yang ditunjuk mungkin diperlukan, tergantung pada sifat dari bisnis yang kamu jalankan. Jika kamu seorang penulis, ruang khusus tidak diperlukan, yang penting tempat kamu berkerja dapat meminimalkan gangguan sehingga kamu dapat fokus. Namun, jika bisnis kamu melibatkan produk yang kamu buat dan menjual, seperti kerajinan. Kamu perlu memiliki suatu ruangan khusus untuk mengatur dan menyimpan persediaan dan peralatan, serta ruang untuk bekerja.

    5. Kemampuan Memecah Masalah

    Saat berkerja di rumah, kamu perlu kemampuan untuk memecah suatu masalah yang menganggu kerja kamu. Jika kerusakan terjadi pada peralatan kerja, kamu harus bisa melakukan tidakan perbaikan awal. Untuk itu, sebaiknya kamu selalu mengecek performa peralatan yang digunakan. Hal ini dilakukan sebagai pencegahan agar tidak ada gangguan saat berkerja.

    6. Temperamen introvert

    Memiliki temperamen introvert membuat bekerja dari rumah lebih mudah. Jika kamu orang yang bersosial dan berkembang pada interaksi tatap muka, dibutuhkan pendekatan proaktif untuk mengisi kebutuhan ini. Istirahat sejenak lalu pergi ke sebuah warung kopi disekitar rumah. Ini sangat baik, agar kamu tidak merasakan kejenuhan berkerja di rumah.

    7. Batas pribadi

    Menciptakan batas-batas dengan anggota keluarga lainnya sangat penting untuk keberhasilan kerja di rumah. Jika ada anggota keluarga yang mengajak ngobrol terkait hal yang tidak penting. Kamu bisa menundanya untuk berkerja terlebih dahulu. Jelaskan bahwa kamu harus menyelesaikan pekerjaan kamu.

    Dengan berkerja di rumah, kamu memiliki time freedoom. Dimana kamu yang mengatur jadwal kerja, sehingga kamu memiliki kebebasan waktu. Kamu juga tidak terikat waktu dan aturan dari pihak mana pun. Kamu bisa bekerja dengan pengaturan waktu yang fleksibel.

    1 komentar:

    1. Batas pribadi ini yg sering sulit, kadang ada anggota keluarga yg agak sulit diberi pengertian
      yah! Begitulah resiko pekerjaan

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.