Header Ads

  • Berita Terkini

    6 Manfaat Kulit Jeruk Bali


    Percaya atau tidak, bawah kulit jeruk bali ada manfaatnya, hal ini mungkin sangat tidak masuk akal, tapi pada kenyataannya memang begitu kulit jeruk bali yang  hanya sampah setelah dimakan isinya. Ternyata kulit jeruk bali ini ada 6 manfaatnya. Selain itu, jeruk bali termasuk jenis tanaman yang relatif tahan penyakit dan mampu beradaptasi dengan baik pada daerah kering. Juga jeruk bali merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Buah jeruk bali memiliki isi yang mirip seperti jeruk pada umumnya, hanya ukurannya yang jauh lebih besar daripada jeruk biasa. Ukuran buah jeruk bali  bisa sebesar buah melon ataupun semangka dengan bentuk bulat. Nah, berikut ini 6 manfaat kulit jeruk bali;

    1. Mengusir nyamuk:
    Jemur kulit jeruk bali hingga kering, setelah kering beri api di bagian tengahnya, dengan cara ini dapat mengusir nyamuk secara alami dan nyamuk pun tak berani dekat dengan kita lagi.

    2. Aromaterapi minyak esensial:
    Kulit jeruk bali, yang bagian warna hijau dipotong kecil-kecil, kemudian direbus sehingga beraroma jeruk. Kemudian angkat kulit jeruk bali tersebut, dinginkan dan akan menghasilkan minyak esensial jeruk alami, kemudian dapat digunakan untuk aromaterapi sakit saraf.

    3. Untuk mandi:
    Kulit jeruk bali dapat digunakan untuk mandi, caranya taruh kulit jeruk bali ke dalam bak mandi yang berisi air hangat, kemudian kulit jeruk bali ini gunakan untuk menggosok tubuh kita, minyak esensial yang keluar dari kulit jeruk saat digunakan mandi, dapat mencegah pori-pori tubuh terbuka, menghaluskan kulit, menghilangkan rasa lelah, meredakan saraf, dan akan mudah untuk tidur di malam hari.

    4. Buat teh kesehatan: 
    Jika kulit jeruk bali warna putih dan hijau dipisahkan, lalu dipotong kecil-kecil kemudian dijemur sampai kering, dapat digunakan untuk membuat minum teh, dan efek dapat mencegah ventilasi. 

    5. Menghilangkan bau: 
    Masukkan kulit jeruk bali ke dalam microwave dan panaskan selama kurang lebih dua menit, hal ini mampu menghilangkan bau bekas hidangan berminyak pada microwave. Kulit jeruk juga dapat ditempatkan disetiap sudut lapisan kulkas, agar menghilangkan bau yang kurang sedap pada kulkas. 

    6. Untuk mencuci piring:
    Potong kulit jeruk bali sederhana besar, lalu taruh pada botol yang ada tutupnya, rendam pada air yang dicampur sabun pencuci piring, kemudian tutup dan biarkan selama tujuh hari. Setelah itu, air kulit jeruk tersebut dapat digunakan untuk mencuci piring, bahkan dapat menghilangkan minyak pada perabotan dapur.

    Nah, setelah tahu manfaat kulit jeruk bali, sehabis dimakan isinya, kulitnya jangan dibuang begitu saja. Karena tanpa kita sadari kulit jeruk bali ini ada 6 manfaat yang harus kita coba untuk digunakan.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.