Header Ads

  • Berita Terkini

    10 Manfaat dari Jahe yang Tidak Pernah Diketahui Banyak Orang


    10 Manfaat dari Jahe yang Tidak Pernah Diketahui Banyak Orang

     

    Saya suka dengan rasa jahe. Apa kamu juga menyukainya? Jahe banyak digunakan secara luas untuk bahan tambahan pada makanan, juga digunakan sebagai bahan dasar minuman jahe. Pada makanan, jahe digunakan sebagai penyedap rasa.

     

    Bukan hanya itu, jahe juga bermanfaat bagi kesehatan. Sehingga saya sangat sering mengkonsumsinya, baik dalam bentuk makanan maupun minuman. Sayangnya banyak orang belum mengetahui manfaat dari jahe ini. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk mencari tahu manfaat dari jahe.

     

    Jahe ditanam dalam bentuk akar dan sebagai bahan yang fleksibel yang dapat dikonsumsi dalam bentuk makanan maupun minuman. Jahe berfungsi sebagai penyedap rasa pada makanan yang membuat rasa pedas. Bahkan jahe dapat digunakan sebagai bahan pengawet makanan.

     

    Selama lebih dari 2000 tahun, pengobatan di China telah menggunakan jahe untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Juga digunakan sebagai pencegahan pada beberapa masalah kesehatan. Tumbuhan ini diketahui mampu meningkatkan sirkulasi energi dan metabolisme dalam tubuh manusia.

     

    Berikut daftar manfaat dari jahe yang luar biasa, yang mungkin belum kamu ketahui. Meski, beberapa manfaat yang saya jelaskan dibawah ini masih diperdebatkan. Kamu dapat melakukan riset sendiri atau bertanya ke dokter jika ingin menggunakan jahe untuk tujuan pengobatan.

     

    1. Menjaga Sirkulasi Darah Normal

     

    Jahe mengandung kromium dan magnesium yang membantu untuk meningkatkan aliran darah, serta membantu mencegah demam, dan keringat berlebihan. Sehingga jahe sangat baik dikonsumsi setiap hari. Untuk mencegah tekanan darah tinggi maupun darah rendah.

     

    2. Mencegah Mabuk Perjalanan

     

    Jahe merupakan obat yang telah dikenal efektif untuk mengatasi mual. Alasan pasti tentang hal ini belum diketahui. Meski demikian, telah banyak orang yang menggunakan jahe untuk mengatasi mabuk di perjalanan karena mual. Untuk yang sering mabuk ketika di perjalanan, sangat direkomendasikan mengkonsumsi jahe sebelum berangkat.

     

    3. Meningkatkan penyerapan

     

    Jahe meningkatkan penyerapan dan stimulasi nutrisi penting dalam tubuh. Hal ini dilakukan dengan merangsang sekresi enzim lambung dan pankreas. Ini tentu sangat baik, agar nutrisi yang kita konsumsi dapat secara maksimal diserap oleh tubuh.

      

    4. Pencegahan rasa Dingin dan Flu

     

    Jahe telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pengobatan alami untuk pilek dan flu di seluruh Asia.  University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa untuk mengobati gejala flu pada orang dewasa, rendam sebanyak 2 sdm serbuk jahe. Atau jika menggunakan jahe segar, kamu bisa memotongnya. Kemudian masukan dalam air panas (sudah masak), biarkan sesaat hingga air menjadi hangat dan siap diminum. Lakukan ini, 2 sampai 3 kali sehari.

     

    5. Pencegahan Ketidaknyamanan Perut

     

    Jahe sangat ideal dalam membantu pencernaan, sehingga meningkatkan penyerapan makanan dan menghindari kemungkinan sakit perut. Jahe juga berguna untuk mengurangi peradangan dengan cara yang mirip aspirin dan ibuprofen.

     

    6. Mengurangi Nyeri dan Peradangan

     

    Jahe mengandung beberapa zat  anti-inflamasi. Zat ini mampu mengurangi nyeri dan peradangan pada sendi. Bukan hanya itu, jahe juga dipercaya mampu meningkatkan pergerakan pada sendi. Sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah nyeri pada sendi.

     

    7. Mengatasi Masalah Umum pernapasan

     

    Jika kamu menderita penyakit pernapasan seperti batuk, sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi jahe. Jahe dapat membantu untuk memperluas dan melonggarkan paru-paru. Hal ini karena jahe merupakan ekspektoran alami yang mampu menghilangkan lendir. Dengan mengkonsumsi jahe, kamu dapat dengan cepat pulih dari kesulitan bernafas.

     

    8. Pengobatan Kanker Ovarium

     

    Kandungan nutrisi yang terdapat pada jahe bermanfaat untuk meredam sel-sel kanker pada tubuh. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa khasiat ekstra jahe mampu untuk mencegah dan mengobati kanker Ovarium.

     

    9. Menguatkan Imunitas

     

    Jahe membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi sedikit jahe sehari dapat membantu foil potensi risiko stroke dengan cara menghambat timbulnya lemak dari arteri. Hal ini juga mengurangi infeksi bakteri di perut, dan membantu mengurangi batuk dan iritasi pada tenggorokan.

     

    10. Memerangi Morning Sickness

     

    Jahe telah menunjukkan tingkat keberhasilan 75 persen dalam menyembuhkan Morning Sickness. Zat yang terdapat pada jahe sangat baik, untuk mengobati Morning Sickness.

     

    Nah, itulah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan. Beberapa orang mengatakan bahwa 2 sendok serbuk jahe atau irisan jahe dalam secangkir air yang dikonsumsi 2-3 kali sehari sangat ideal untuk menjaga kesehatan. Sebagian orang juga mencampur jahe dan madu untuk tujuan yang sama. Namun, belum ada ukuran pasti berapa banyak kamu harus mengkonsumsi jahe, untuk tujuan kesehatan.

     

    Dengan banyaknya manfaat yang telah disebutkan, dan mudah didapatkan. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi jahe. Kamu juga bisa mencampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti madu, teh hijau atau digunakan sebagai bumbu pada masakan.

     

       

    1 komentar:

    1. Kebiasaanku Aku suka minum bandrek, biasanya ada rempah-rempahnya dengan tambahan jahe ini rasanya hangat dan nikmat loh

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.