Header Ads

  • Berita Terkini

    Apa Perbedaan Tema dan Judul?




    Apa Perbedaan Tema dan Judul?


    Tema dan judul kali ini yang akan saya bahas. Kenapa saya membahas tema dan judul? Karena saya ingin berbagi apa yang saya tahu. Mungkin masih ada yang belum paham atau belum tahu perbedaan tersebut.  Saya akan menjelaskan singkat dan dapat dipahami. Karena bila saya menulis panjang maka belum tentu di baca sampai selesai.


    Berikut, apa perbedaan antara tema dan judul?


    Tema:

    Dalam hal tulis menulis, tema adalah pokok bahasan yang akan disusun menjadi tulisan. Dan tema inilah yang akan menentukan arah tulisan atau tujuan penulisan sebuah artikel atau cerita pendek, atau karangan artikel lainnya.
    Misalnya kita akan menulis tema traveling, maka kita mesti membahas tentang traveling dan segala sesuatu yang terkait dengan traveling. Kalau kita membahas tentang peternak ayam, itu berarti kita menulis tidak sesuai tema. Atau kita menulis dengan tema perayaan tujuh belas Agustus di kampung, malah menceritakan pengalaman naik pesawat terbang pertama kalinya. Itu 'kan jauh tidak nyambung  dengan tema yang diusung.


    Judul:

    Dalam sebuah karya tulis, judul sering disebut kepala tulisan, yakni identitas atau cermin dari jiwa seluruh karya tulis.
    Judul dan tema ini memang berkaitan dan sama- sama unsur penting dalam tulisan, namun keduanya sangatlah beda.
    Judul yang tidak nyambung dengan tulisan masih bisa dimaklumi, tapi kalau tema yang salah akibatnya akan fatal.
    Misalnya kita disuruh menulis yang "bertema" pesta pernikahan Adam dan Sisi judul bebas.


    Kita  harus menulis yang berkaitan dengan pernikahan Sisi dan Adam, bukan malah bercerita tentang diri kita sebagai sahabat mereka, pernah ditolong mereka, itu namanya melenceng dari tema. Boleh-boleh saja menceritakan awal mula perkenalan dengan mereka, dll, tapi yang pokok harus dibahas yaitu pesta pernikahan mereka.
    Sedang kan kita bisa ambil judul PESTA PENIKAHAN ADAM DAN SISI: dan sub judulnya bisa PERSAHABATAN TAK PERNAH PUTUS ( atau bebas ).


    Itulah perbedaan antara tema dan judul, kita harus dapat membedakannya jika tidak maka tulisan kita tidak nyambung dengan tema. Apalagi tulisan kita akan diikut sertakan dalam kontes, yang perlu kita pahami sebelum menulis yaitu tema yang diusungnya, karena bila kita menulis tidak nyambung dengan tema maka tulisan kita tidak mendapat nilai 'kan sayang, sudah nulis capek-capek tidak dapat nilai lagi. Kenapa tidak dapat nilai? Ya, karena tulisan kita tidak nyambung dengan tema yang ditentukan.
    Semoga penjelasan singkat ini bisa dipahami dan membantu bagi kalian yang belum mengerti perbedaan antara tema dan judul.
    Salam berkreasi dan berimajinasi.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.