Header Ads

  • Berita Terkini

    10 Cara Memanfaatkan Waktu Dengan Baik Setelah Bekerja


    10 Cara Memanfaatkan Waktu Dengan Baik  Setelah Bekerja

    Setelah bekerja, kita terus berusaha untuk prestasi dalam karir, dan kita mendidik diri kita sendiri untuk mencapai tujuan tertentu sesuai dengan ambisi. Menjadi sukses di bidang yang kita cintai, membawa kita banyak kebahagiaan, serta gaji yang cukup besar pada akhir bulan, yang memungkinkan kita untuk memberi kebahagian bagi keluarga, dapat membawa pergi berlibur, memiliki kehidupan yang baik, membeli barang yang kita inginkan, dll.

    Namun, dalam kehidupan kita yang sangat sibuk, kita tidak boleh lupa bahwa pada akhirnya, kesuksesan tak berarti apa-apa jika kita melupakan orang yang kita cintai. Kita tidak perlu terlalu sibuk untuk melakukan segala sesuatu yang kita inginkan setelah bekerja, tetapi semua yang kita butuhkan adalah sedikit panduan untuk membantu kita lebih memanfaatkan waktu luang kita yang cukup terbatas. Berikut ini 10 cara memanfaatkan waktu setelah kamu bekerja.


    1. Akhiri hari kerja dengan tetap waktu

    Kerja lembur itu sangat baik dan tentunya akan menambah gaji pokok dan dapat membawa kamu untuk hidup lebih baik. Namun, kamu harus dapat membagi waktu dengan baik, jika tidak maka kamu tak ada lagi waktu untuk keluarga, teman bahkan waktu untuk dirimu sendiri.

    Jika kamu ingin memiliki energi yang cukup untuk memiliki kehidupan yang terpisah dari karir kamu, maka kamu harus mengakhiri hari kerja kamu pada waktu yang tetap, sehingga kamu dapat mengatur jadwal kamu lebih baik.

    2. Istirahat selama tiga puluh menit

    Setiap hari selalu sibuk dengan pekerjaan, sampai kamu tidak tahu bagaimana untuk beristirahat dan bersantai lagi. Bahkan minum kopi dengan teman-teman tampaknya sudah tak ada waktu. Kapan kamu akan duduk di lingkungan yang tenang dan membiarkan pikiran terbang di sekitar ruangan?

    Untuk mengatasi semua ini atau kesibukan yang kamu hadapi setiap hari, kamu perlu belajar untuk mengevaluasi hari  kamu dan berpikir tentang segala sesuatu yang terjadi. Jika tidak, kamu hanya menumpuk semua negativitas, dan segera mulai melakukan sesuatu yang lain setelah kamu tiba di rumah, sampai kamu melupakan semuanya. Jadi, duduk selama setidaknya 30 menit, mengambil secangkir kopi atau teh, dan matikan segala sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian kamu. Jangan biarkan apa pun mengganggu kamu pada saat kamu menikmati keheningan. Dengan cara ini, kamu pasti akan mendapatkan istirahat dari hari-hari kamu yang sangat sibuk, dan dapat menyelesaikan semua masalah yang ada di kepala kamu.

    3. Rencanakan Minggu Berikutnya di Akhir Pekan

    Kamu cenderung untuk membuat banyak rencana untuk minggu berikutnya, tetapi sering lupa tentang itu, bahkan jika kamu tidak menulisnya. Karena itu, kamu harus mengambil satu jam untuk mengatur rencana kamu selama akhir pekan.

    Selain itu, ketika kamu membuat rencana untuk makan malam dengan keluarga atau teman-teman, kamu biasanya menuliskannya saat kamu sedang terburu-buru, atau hanya setuju, mengandalkan memori yang baik untuk menjaga jadwal. Ketika kamu duduk, pada hari Sabtu atau Minggu, jangan lupa untuk melihat email atau pesan lainnya, untuk melihat sesuatu yang mungkin kamu lupa.

    4. Katakan Tidak

    Kamu tidak punya banyak waktu setelah bekerja untuk melakukan segala sesuatu yang kamu inginkan, sehingga kamu perlu belajar untuk mengatakan "tidak" kepada orang jika kamu ingin bertahan kerja dalam seminggu. Saya yakin kamu ingin melihat teman, orang tua, memperbaiki sesuatu di sekitar rumah kamu, dan menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga setelah bekerja; sayangnya, hari ini benar-benar singkat, dan kamu tidak dapat melakukan semuanya.

    Beruntung bagi kamu, ada lebih hari dalam seminggu, sehingga kamu pasti akan menemukan satu jam untuk melihat teman, orang tua. Jika kamu masih tidak bisa melakukanya, jangan memaksa rencana kamu, tetapi memberitahu teman-teman kamu atau keluarga kamu, bahwa kamu dapat melakukanya pada waktu akhir pekan dan melihat apakah mereka setuju. Dengan ini, sekarang kamu memahami pentingnya satu jam dari perencanaan, penjadwalan, dan menuliskan segala sesuatu itu sangat penting.

    Tapi, jika rekan kerja ingin kamu untuk membantu mereka dengan sesuatu yang kamu harus bekerja lembur, dan kamu secara otomatis harus mengatakan "ya" tetapi kamu harus berpikir tentang hal itu. Jika kamu  menjadwalkan sesuatu pada menit terakhir, dapat membuat kekacauan dalam jadwal mingguan kamu.

    5. Menulis di Blog

    Saat ini, hampir semua orang memiliki blog dan menulis pendapat mereka tentang berbagai topik. Jika kamu pernah bertanya-tanya mengapa orang melakukannya, mungkin kamu harus mulai ngeblog. Menulis berbagai pikiran dan kamu dapat membantu mereka menghadapi situasi tertentu dan menjadi pengingat tentang bagaimana kamu merasa pada titik tertentu dalam hidup ini. Pada dasarnya, menulis adalah jurnal kamu yang membantu menghindari membuat kesalahan yang sama, sementara pada saat yang sama membantu orang lain mengatasi masalah yang sama.

    Kehidupan kita mungkin kacau, dan perencanaan semakin ketat. Saat menulis, posting di blog pun kacau, tapi tanpa kamu sadari tulisan kamu menjadi artikel terorganisir, dan ini akan melatih otak kamu untuk mulai berpikir dengan cara yang lebih terstruktur dan logis. Juga, hal ini baik untuk pekerjaan dan kehidupan pribadi kamu yang akan menguntungkan, karena kamu akan memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana kamu berkembang sebagai orang yang sibuk dan hal-hal yang telah kamu capai sepanjang jalan.

    Kamu dapat memiliki sebuah blog, dan kemudian kamu dapat mulai mengekspresikan kreativitas kamu, yang akan membantu kamu menangani masalah dan emosi, serta membantu kamu mendapatkan beberapa pengikut online. Setelah beberapa saat menulis di blog, kamu dapat membandingkan hasil pemikiran kamu sesudah dan sebelum kamu menulis di blog secara teratur. Jangan terkejut jika menemukan perbaikan nyata yang kamu dapatkan.

    6. Tahu prioritas

    Untuk lebih memanfaatkan waktu, kamu perlu tahu prioritas kamu. Melakukan hal-hal tidak mengabaikan hal penting dalam hidup kamu, hanya karena sesuatu datang secara tiba-tiba. Jika kamu benar-benar menginginkan sesuatu, dan akan mewujudkannya. Cara terbaik untuk mewujudkannya adalah untuk tidak membiarkan hal-hal lain yang akan membuat kamu kehilangan prioritas.
    Misalnya keluarga kamu memiliki resital pertama, dan kamu memiliki banyak pekerjaan yang harus menyelesaikan untuk besok, ingat bahwa momen besar akan tetap terpatri dalam memori keluarga kamu selamanya. Hal ini sangat penting agar kamu mampu penyaringan hal tersebut , sehingga kamu merasa bebas untuk menunda beberapa tugas penting. Kamu juga akan menemukan cara untuk membuat mereka senang di kemudian hari.


    7. Beradaptasi jadwal rencana lain

    Memiliki kehidupan di luar pekerjaan adalah sangat penting. Selama ada waktu luang, kamu dapat mengisi ulang baterai, melakukan hobi favorit dan bersama keluarga kamu. Ketika merencanakan beberapa acara lainnya, pastikan kamu tidak beradaptasi jadwal pribadi kamu kepada mereka, dan sebaliknya.


    8. Olahraga sebelum bekerja

    Dengan berolahraga sebelum bekerja kamu akan meninggalkan lebih banyak waktu setelah bekerja untuk mendedikasikan beberapa tanggung jawab lain, dan pada saat yang sama mempersiapkan diri untuk hari yang sibuk di depan kamu. Jika kamu mengunakan waktu untuk berolahraga setelah bekerja, cobalah joging atau berolahraga di pagi hari sebagai gantinya. Hal itu pasti akan meningkatkan produktivitas kamu, seperti yang endorfin akan membantu kamu tetap tenang dan tetap fokus dengan pekerjaan. Jika kamu belum mencoba melakukan olahraga di pagi hari, cobalah dan melihat bagaimana respon tubuh dan pikiran kamu.


    9. Abaikan Media Sosial dan Mematikan Ponsel atau Laptop

    Hal ini tentu terjadi pada kamu di beberapa titik. Kamu mulai bergulir berita, chatting dengan teman-teman kamu, dan ketika kamu melihat jam di tangan, kamu baru sadar bahwa kamu telah melakukan hal itu selama satu jam atau bahkan lebih. Ini adalah kebiasaan benar-benar yang tidak baik, karena kamu membuang banyak waktu pada sesuatu yang sia-sia. Ketika kamu pulang dari kerja, dan kamu segera mulai masuk ke semua akun media sosial. Perlahan kamu mulai menjauhkan diri dari kenyataan dan lupa waktu. Dengan cara ini, bukannya kamu bermain atau berbicara dengan pasangan kamu, bahkan kamu akan berakhir membuang-buang waktu di media sosial.

    Jika kamu ingin menjadi produktif, gunakan waktu yang dihabiskan di Facebook atau Twitter untuk mempromosikan diri dalam mencari kerja, atau mempromosikan perusahaan tempat kamu bekerja. Kamu dapat menggunakan waktu dua jam atau akan menghemat waktu untuk ngopi dengan teman-teman kamu di warung terdekat, dan mendapatkan berita dan gosip langsung. Dengan demikian kamu dapat membatasi menggunakan media sosial.


    10. Jangan Merencanakan Terlalu Banyak Hal

    Orang akan menjadi bingung dan tidak terorganisir ketika mereka ingin memeras semua rencana mereka dalam satu malam. Sekarang, kamu harus menghadapi itu semua. Tidak mungkin. Ini benar-benar dimengerti bahwa kamu ingin melakukan semua hal-hal yang menarik sekaligus, tetapi kamu tidak bisa mengkloning diri sendiri (setidaknya untuk saat ini).

    Jangan merencanakan terlalu banyak hal. Dengan menggunakan rumus prioritas dan kamu mengatakan strategi "tidak" hal ini dapat dengan mudah memutuskan apa rencana kamu akan pergi berlalu begitu saja, dan mana yang harus ditunda atau bahkan dibatalkan. Mungkin kamu berhasil membuat jadwal yang ketat yang akan memungkinkan untuk melakukan itu semua, namun kamu masih akan mengorbankan sesuatu dan hanya akan membuang waktu sia-sia.

    Nah, ada banyak hal yang terjadi dalam hidup kita. Ini benar-benar sulit untuk dilakukan segala sesuatu yang terjadi. Namun, kita harus berpikir tentang keluarga, teman, dan diri sendiri agar mampu mengatur dan memanfaatkan waktu dengan baik setelah bekerja agar semuanya berjalan baik-baik saja. Kesuksesan tak akan berarti tanpa orang-orang yang kita cintai begitupun sebaliknya. Jika kamu salah satu orang yang sibuk dan tidak ada waktu untuk keluarga, pacar, dan teman-teman kamu, maka kamu wajib mencoba cara-cara yang dipaparkan diatas.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Diberdayakan oleh Blogger.